(e-SH) 10 Mei -- Ulangan 32:44-52 - Bukan Perkataan Hampa, tetapi Hidup

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Rabu, 10 Mei 2023
Ayat SH: Ulangan 32:44-52

Judul: Bukan Perkataan Hampa, tetapi Hidup

Alkisah ada seorang yang mati, lalu rohnya berjalan ke gerbang surga. Di sana seorang malaikat berkata: "Selamat, karena dosamu kurang dari 100, tepatnya berjumlah 99, kamu masuk surga." Ia begitu senang. Saking senangnya, dengan spontan dia mengumpat. Mendengar umpatan itu, malaikat langsung memasukkan orang itu ke neraka karena dosanya menjadi 100.

Cerita ini hanya lelucon, tetapi punya makna. Perkataan hampa dan kelengahan sesaat dapat mengakibatkan akhir yang membinasakan.

Oleh karena itu, Musa memerintahkan orang Israel untuk memerhatikan segala peringatan yang ia sampaikan, lalu meneruskannya kepada anak-anak mereka (45-46). Hal ini harus dilakukan karena peringatan itu bukan perkataan hampa, melainkan sumber hidup mereka (47). Jikalau mereka melakukan semua firman Tuhan dengan setia, mereka dapat menikmati kelanjutan hidup mereka di negeri yang baru.

Akhir hidup seseorang dapat dikatakan sebagai akhir perjalanan di dunia yang memperlihatkan ketaatannya di sepanjang hidupnya. Musa hanya bisa memandang Kanaan dari kejauhan dan mati di Gunung Nebo (49-50). Allah mengingatkan alasannya kepada Musa, "... oleh sebab kamu tidak menghormati kekudusan-Ku ..." (51). Biarlah apa yang dialami Musa ini menjadi peringatan bagi semua pengikut Kristus agar tetap setia melakukan perkataan Tuhan sampai akhir hidup.

Kita dapat memeriksa dan mengoreksi diri kita masing-masing. Apakah sampai hari ini kita masih setia dalam membaca, merenungkan, dan melakukan firman Tuhan? Apakah kita masih tekun mendengarkan ajaran firman Tuhan-yang adalah sumber hidup kita-dan menghindari perkataan hampa?

Jika "ya", baiklah kita bersyukur serta berdoa memohon pertolongan Tuhan agar kita dapat terus berpegang pada firman-Nya yang kita baca ataupun yang disampaikan oleh para hamba Tuhan.

Jika "tidak", kita harus berdoa memohon pengampunan Tuhan, lalu berkomitmen untuk kembali hidup taat di dalam firman-Nya. [EMR]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2023/05/10/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Ulangan+32:44-52
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Ulangan+32:44-52

Ulangan 32:44-52

44  Lalu datanglah Musa bersama-sama dengan Yosua bin Nun dan menyampaikan ke telinga bangsa itu segala perkataan nyanyian tadi.
45  Setelah Musa selesai menyampaikan segala perkataan itu kepada seluruh orang Israel,
46  berkatalah ia kepada mereka: "Perhatikanlah segala perkataan yang kuperingatkan kepadamu pada hari ini, supaya kamu memerintahkannya kepada anak-anakmu untuk melakukan dengan setia segala perkataan hukum Taurat ini.
47  Sebab perkataan ini bukanlah perkataan hampa bagimu, tetapi itulah hidupmu, dan dengan perkataan ini akan lanjut umurmu di tanah, ke mana kamu pergi, menyeberangi sungai Yordan untuk mendudukinya."
48  Pada hari itulah juga TUHAN berfirman kepada Musa:
49  "Naiklah ke atas pegunungan Abarim, ke atas gunung Nebo, yang di tanah Moab, di tentangan Yerikho, dan pandanglah tanah Kanaan yang Kuberikan kepada orang Israel menjadi miliknya,
50  kemudian engkau akan mati di atas gunung yang akan kaunaiki itu, supaya engkau dikumpulkan kepada kaum leluhurmu, sama seperti Harun, kakakmu, sudah meninggal di gunung Hor dan dikumpulkan kepada kaum leluhurnya--
51  oleh sebab kamu telah berubah setia terhadap Aku di tengah-tengah orang Israel, dekat mata air Meriba di Kadesh di padang gurun Zin, dan oleh sebab kamu tidak menghormati kekudusan-Ku di tengah-tengah orang Israel.
52  Engkau boleh melihat negeri itu terbentang di depanmu, tetapi tidak boleh masuk ke sana, ke negeri yang Kuberikan kepada orang Israel."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar