(e-SH) 8 Mei -- Ulangan 32:1-25 - Ketika Kebaikan Dibalas Kejahatan

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Senin, 8 Mei 2023
Ayat SH: Ulangan 32:1-25

Judul: Ketika Kebaikan Dibalas Kejahatan

Apa jadinya jika kebaikan kita dibalas dengan kejahatan seperti peribahasa "air susu dibalas dengan air tuba"? Pasti kita marah dan sakit hati, apalagi bila hal itu dilakukan oleh orang yang kita kasihi.

Nas hari ini memuat nyanyian pengajaran Musa kepada generasi orang Israel yang akan masuk ke Kanaan di bawah kepemimpinan Yosua. Tuhanlah yang memerintahkan kepada Musa untuk menulis nyanyian pengajaran sebelum Musa mati, supaya nyanyian itu menjadi kesaksian yang mengajar umat Israel ketika mereka masuk dan hidup di negeri yang Tuhan janjikan (Ul. 31:19-22).

Melalui nyanyian itu, Musa mengajarkan kepada mereka tentang kebaikan Allah yang menyediakan perlindungan, bertindak dalam keadilan dan kebenaran, serta memberikan kemakmuran (7-15a). Namun, orang Israel akan berubah ketika mereka hidup dalam kemakmuran (15b).

Orang Israel akan melupakan kebaikan Tuhan dan melakukan kejahatan: dengan memandang rendah Allah-Pribadi yang telah menyelamatkan dan melindungi mereka, dengan menyembah allah-allah asing, serta mempersembahkan kurban kepada roh-roh jahat (16-18).

Apa jadinya jika kebaikan Allah dibalas dengan kejahatan? Marah dan sakit hatikah Allah? Ya, Allah murka (19)! Ia murka karena kebaikan-Nya justru dibalas dengan kejahatan. Akibatnya, Ia akan menyembunyikan wajah-Nya dan menjatuhkan bencana yang dahsyat (20-25).

Akan tetapi, ini pun adalah hukuman yang Allah berikan dalam kebaikan-Nya kepada orang Israel yang "dilahirkan-Nya" agar mereka tidak mengulangi kesalahan dan kejahatan yang sama. Inilah peringatan kepada siapa saja agar tidak berlaku sama.

Ketika Tuhan memberkati kita dengan kehidupan yang baik, jangan pernah melupakan kebaikan-Nya dan jangan berpaling dari-Nya, lalu mengganti-Nya dengan yang lain. Ingatlah, setiap kebaikan yang dibalas dengan kejahatan pasti ada akibatnya!

Berdoalah meminta kebijaksanaan agar kita senantiasa ingat akan kebaikan Tuhan dan melakukan kebaikan yang Tuhan kehendaki. [EMR]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2023/05/08/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Ulangan+32:1-25
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Ulangan+32:1-25

Ulangan 32:1-25

 1  "Pasanglah telingamu, hai langit, aku mau berbicara, dan baiklah bumi mendengarkan ucapan mulutku.
 2  Mudah-mudahan pengajaranku menitik laksana hujan, perkataanku menetes laksana embun, laksana hujan renai ke atas tunas muda, dan laksana dirus hujan ke atas tumbuh-tumbuhan.
 3  Sebab nama TUHAN akan kuserukan: Berilah hormat kepada Allah kita,
 4  Gunung Batu, yang pekerjaan-Nya sempurna, karena segala jalan-Nya adil, Allah yang setia, dengan tiada kecurangan, adil dan benar Dia.
 5  Berlaku busuk terhadap Dia, mereka yang bukan lagi anak-anak-Nya, yang merupakan noda, suatu angkatan yang bengkok dan belat-belit.
 6  Demikianlah engkau mengadakan pembalasan terhadap TUHAN, hai bangsa yang bebal dan tidak bijaksana? Bukankah Ia Bapamu yang mencipta engkau, yang menjadikan dan menegakkan engkau?
 7  Ingatlah kepada zaman dahulu kala, perhatikanlah tahun-tahun keturunan yang lalu, tanyakanlah kepada ayahmu, maka ia memberitahukannya kepadamu, kepada para tua-tuamu, maka mereka mengatakannya kepadamu.
 8  Ketika Sang Mahatinggi membagi-bagikan milik pusaka kepada bangsa-bangsa, ketika Ia memisah-misah anak-anak manusia, maka Ia menetapkan wilayah bangsa-bangsa menurut bilangan anak-anak Israel.
 9  Tetapi bagian TUHAN ialah umat-Nya, Yakub ialah milik yang ditetapkan bagi-Nya.
10  Didapati-Nya dia di suatu negeri, di padang gurun, di tengah-tengah ketandusan dan auman padang belantara. Dikelilingi-Nya dia dan diawasi-Nya, dijaga-Nya sebagai biji mata-Nya.
11  Laksana rajawali menggoyangbangkitkan isi sarangnya, melayang-layang di atas anak-anaknya, mengembangkan sayapnya, menampung seekor, dan mendukungnya di atas kepaknya,
12  demikianlah TUHAN sendiri menuntun dia, dan tidak ada allah asing menyertai dia.
13  Dibuat-Nya dia berkendaraan mengatasi bukit-bukit di bumi, dan memakan hasil dari ladang; dibuat-Nya dia mengisap madu dari bukit batu, dan minyak dari gunung batu yang keras,
14  dadih dari lembu sapi dan susu kambing domba, dengan lemak anak-anak domba; dan domba-domba jantan dari Basan dan kambing-kambing jantan, dengan gandum yang terbaik; juga darah buah anggur yang berbuih engkau minum.
15  Lalu menjadi gemuklah Yesyurun, dan menendang ke belakang, --bertambah gemuk engkau, gendut dan tambun--dan ia meninggalkan Allah yang telah menjadikan dia, ia memandang rendah gunung batu keselamatannya.
16  Mereka membangkitkan cemburu-Nya dengan allah asing, mereka menimbulkan sakit hati-Nya dengan dewa kekejian,
17  mereka mempersembahkan korban kepada roh-roh jahat yang bukan Allah, kepada allah yang tidak mereka kenal, allah baru yang belum lama timbul, yang kepadanya nenek moyangmu tidak gentar.
18  Gunung batu yang memperanakkan engkau, telah kaulalaikan, dan telah kaulupakan Allah yang melahirkan engkau.
19  Ketika TUHAN melihat hal itu, maka Ia menolak mereka, karena Ia sakit hati oleh anak-anaknya lelaki dan perempuan.
20  Ia berfirman: Aku hendak menyembunyikan wajah-Ku terhadap mereka, dan melihat bagaimana kesudahan mereka, sebab mereka itu suatu angkatan yang bengkok, anak-anak yang tidak mempunyai kesetiaan.
21  Mereka membangkitkan cemburu-Ku dengan yang bukan Allah, mereka menimbulkan sakit hati-Ku dengan berhala mereka. Sebab itu Aku akan membangkitkan cemburu mereka dengan yang bukan umat, dan akan menyakiti hati mereka dengan bangsa yang bebal.
22  Sebab api telah dinyalakan oleh murka-Ku, dan bernyala-nyala sampai ke bagian dunia orang mati yang paling bawah; api itu memakan bumi dengan hasilnya, dan menghanguskan dasar gunung-gunung.
23  Aku akan menimbun malapetaka ke atas mereka, seluruh anak panah-Ku akan Kutembakkan kepada mereka.
24  Apabila mereka sudah lemas karena lapar dan merana oleh demam yang membara, dan oleh penyakit sampar, maka Aku akan melepaskan taring binatang buas kepada mereka, dengan racun binatang yang menjalar di dalam debu.
25  Pedang di luar rumah dan kengerian di dalam kamar akan melenyapkan teruna maupun dara, anak menyusu serta orang ubanan.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar