(e-SH) 4 April -- Matius 26:69-75 - Ingin Mencari Aman

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Selasa, 4 April 2023
Ayat SH: Matius 26:69-75

Judul: Ingin Mencari Aman

Rasanya wajar bagi kita untuk mencari situasi yang aman, nyaman, dan jauh dari bahaya. Saat diperhadapkan pada situasi yang pelik, respons pertama kita adalah sebisa mungkin menghindari ancaman dan mencari aman. Sayangnya, kebiasaan "mencari aman" juga kita lakukan saat kita seharusnya menyatakan iman dan kebenaran.

Petrus terkenal berani dan tak ragu-ragu dalam menyatakan kesetiaannya kepada Yesus di depan khalayak ramai. Namun, sebelum penderitaan-Nya dimulai, Yesus telah menubuatkan penyangkalan Petrus. Kini nubuat itu terjadi!

Saat Yesus tengah diadili oleh para pemuka agama Yahudi, Petrus memilih untuk melihat peristiwa itu dari jauh. Rupanya ada beberapa orang yang mengenali Petrus. Orang pertama adalah hamba perempuan yang mengenali Petrus sebagai orang yang selalu bersama Yesus. Mendengar pernyataan itu, Petrus panik dan mengatakan bahwa perempuan itu mengada-ada (70). Datanglah juga orang kedua serta orang ketiga yang mengenali Petrus sebagai salah satu murid Yesus. Semuanya dijawab Petrus dengan seruan yang makin lantang: "Aku tidak kenal orang itu" (72, 74).

Alkitab menunjukkan eskalasi penyangkalan Petrus, dari kepura-puraan yang halus hingga penyangkalan yang begitu keras. Hal ini mengekspresikan kepanikan Petrus. Ia begitu takut bahwa ia akan diadili bersama Sang Guru. Ia ingin menghindari bahaya hingga akhirnya rela menyangkal Sang Guru yang dahulu dibelanya.

Bukankah kita juga bisa berlaku seperti Petrus? Agar aman di lingkungan tempat tinggal, kita enggan dikenal sebagai pengikut Kristus. Kita melupakan tugas untuk bersaksi dan menyatakan kebenaran hanya karena merasa diri kecil serta tidak nyaman jika harus dikenali sebagai orang Kristen.

Sang Guru jelas berkata bahwa kita adalah terang. Namun, saat situasi di sekitar kita menjadi makin gelap karena penuh kompromi akan dosa, kita justru makin meredupkan terang itu. Berhentilah menyangkal-Nya dan akuilah Kristus dalam perkataan serta tingkah laku kita. [WDN]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2023/04/04/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Matius+26:69-75
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Matius+26:69-75

Matius 26:69-75

69  Sementara itu Petrus duduk di luar di halaman. Maka datanglah seorang hamba perempuan kepadanya, katanya: "Engkau juga selalu bersama-sama dengan Yesus, orang Galilea itu."
70  Tetapi ia menyangkalnya di depan semua orang, katanya: "Aku tidak tahu, apa yang engkau maksud."
71  Ketika ia pergi ke pintu gerbang, seorang hamba lain melihat dia dan berkata kepada orang-orang yang ada di situ: "Orang ini bersama-sama dengan Yesus, orang Nazaret itu."
72  Dan ia menyangkalnya pula dengan bersumpah: "Aku tidak kenal orang itu."
73  Tidak lama kemudian orang-orang yang ada di situ datang kepada Petrus dan berkata: "Pasti engkau juga salah seorang dari mereka, itu nyata dari bahasamu."
74  Maka mulailah Petrus mengutuk dan bersumpah: "Aku tidak kenal orang itu." Dan pada saat itu berkokoklah ayam.
75  Maka teringatlah Petrus akan apa yang dikatakan Yesus kepadanya: "Sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali." Lalu ia pergi ke luar dan menangis dengan sedihnya.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar