(e-RH) 7 Maret -- HAGAI 1:1-11 - MENGABAIKAN TUHAN

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Selasa, 7 Maret 2023
Bacaan : HAGAI 1:1-11
Setahun: Ulangan 17-20
Nats: "Apakah sudah tiba waktunya bagi kamu untuk mendiami rumah-rumahmu yang dipapani dengan baik, sedang Rumah ini tetap menjadi reruntuhan?" (Hagai 1:4)

Renungan:

MENGABAIKAN TUHAN

Banyak impian besar mahasiswa untuk nantinya bekerja dan melayani Tuhan ketika mereka telah lulus kuliah. Tetapi apa yang terjadi? Ada banyak dari antara mereka ternyata hanya bekerja dan tidak melayani lagi dengan berbagai alasan, seperti: tekanan pekerjaan yang besar, bisnis yang perlu banyak diurus, kesibukan keluarga, dan lainnya.

Pada tahun pertama zaman Koresh, raja negeri Persia, TUHAN menggerakkan hati Koresh untuk membiarkan umat-Nya kembali ke Yerusalem dan mendirikan rumah TUHAN di sana (Ezr. 1:1-3). Impian besar dari TUHAN untuk membangun kembali rumah TUHAN ada di hati semua orang Yehuda yang kembali ke Yerusalem. Tetapi mengapa impian itu belum terwujud setelah bertahun-tahun mereka berada di Yerusalem?

Mereka beralasan bahwa waktu untuk pembangunan rumah TUHAN itu belum tiba (ay. 2). Impian mereka terhenti bukan hanya karena banyaknya tantangan tetapi juga karena mereka telah mengutamakan diri sendiri, dengan mempunyai rumah-rumah yang dipapani dengan baik. Tetapi Nabi Hagai mengingatkan kembali impian besar dari TUHAN itu, yang telah mereka abaikan selama bertahun-tahun (ay. 4). Tanpa disadari mereka telah mengabaikan TUHAN demi kenyamanan sendiri.

Setiap orang pasti punya impian, misal: menjadi pengusaha besar, dokter hebat, dosen terkemuka, manajer, atau pejabat. Tuhan mengizinkan kita mempunyai impian, tetapi yang menjadi masalah adalah di mana kita menempatkan Tuhan di antara impian-impian kita? Apakah kita mengabaikan-Nya? Marilah ketika mengejar impian-impian kita, kita tidak berjalan sendiri tetapi terus mengutamakan Tuhan. --ANT/www.renunganharian.net
   
MENGABAIKAN TUHAN DEMI IMPIAN-IMPIAN KITA ADALAH HAL YANG TIDAK BIJAKSANA DAN MEMBAWA KERUGIAN.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2023/03/07/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?HAGAI+1:1-11

HAGAI 1:1-11

 1  Pada tahun yang kedua zaman raja Darius, dalam bulan yang keenam, pada hari pertama bulan itu, datanglah firman TUHAN dengan perantaraan nabi Hagai kepada Zerubabel bin Sealtiel, bupati Yehuda, dan kepada Yosua bin Yozadak, imam besar, bunyinya:
 2  "Beginilah firman TUHAN semesta alam: Bangsa ini berkata: Sekarang belum tiba waktunya untuk membangun kembali rumah TUHAN!"
 3  Maka datanglah firman TUHAN dengan perantaraan nabi Hagai, bunyinya:
 4  "Apakah sudah tiba waktunya bagi kamu untuk mendiami rumah-rumahmu yang dipapani dengan baik, sedang Rumah ini tetap menjadi reruntuhan?
 5  Oleh sebab itu, beginilah firman TUHAN semesta alam: Perhatikanlah keadaanmu!
 6  Kamu menabur banyak, tetapi membawa pulang hasil sedikit; kamu makan, tetapi tidak sampai kenyang; kamu minum, tetapi tidak sampai puas; kamu berpakaian, tetapi badanmu tidak sampai panas; dan orang yang bekerja untuk upah, ia bekerja untuk upah yang ditaruh dalam pundi-pundi yang berlobang!
 7  Beginilah firman TUHAN semesta alam: Perhatikanlah keadaanmu!
 8  Jadi naiklah ke gunung, bawalah kayu dan bangunlah Rumah itu; maka Aku akan berkenan kepadanya dan akan menyatakan kemuliaan-Ku di situ, firman TUHAN.
 9  Kamu mengharapkan banyak, tetapi hasilnya sedikit, dan ketika kamu membawanya ke rumah, Aku menghembuskannya. Oleh karena apa? demikianlah firman TUHAN semesta alam. Oleh karena rumah-Ku yang tetap menjadi reruntuhan, sedang kamu masing-masing sibuk dengan urusan rumahnya sendiri.
10  Itulah sebabnya langit menahan embunnya dan bumi menahan hasilnya,
11  dan Aku memanggil kekeringan datang ke atas negeri, ke atas gunung-gunung, ke atas gandum, ke atas anggur, ke atas minyak, ke atas segala yang dihasilkan tanah, ke atas manusia dan hewan dan ke atas segala hasil usaha."

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Ulangan+17-20
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Ulangan+17-20

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2023 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar