(e-RH) 22 Februari -- EZRA 4:1-4 - KEBULATAN TEKAD HIDUP

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Rabu, 22 Februari 2023
Bacaan : EZRA 4:1-4
Setahun: Bilangan 21-22
Nats: Tetapi Zerubabel, Yesua, dan para kepala kaum keluarga orang Israel yang lain berkata kepada mereka: "Bukanlah urusan kita bersama, sehingga kamu dan kami membangun rumah bagi Allah kami, karena kami sendirilah yang hendak membangun bagi TUHAN, Allah Israel, seperti yang diperintahkan kepada kami oleh Koresh, raja negeri Persia." (Ezra 4:3)

Renungan:

KEBULATAN TEKAD HIDUP

Pepatah "maju terus pantang mundur" menggambarkan kebulatan tekad untuk terus melangkah dengan yakin, sekalipun harus menghadapi berbagai tantangan yang dapat menghambat langkah kita serta membutuhkan pengorbanan. Keyakinan itu sendiri didasarkan pada harapan akan sesuatu yang bisa kita dapatkan. Untuk itulah maka keyakinan itu dijawab dengan tindakan nyata, guna mencapai harapan tersebut.

Kebulatan tekad ini yang dirasakan oleh Zerubabel, Yesua, serta para kepala kaum keluarga orang Israel ketika membangun kembali Bait Allah, sesudah mereka pulang dari pembuangan. Dalam pembangunan itu, mereka dihambat oleh lawan-lawan mereka dengan menggunakan tipu daya (ay. 2) dan juga ancaman (ay. 4). Lawan-lawan mereka sendiri adalah tawanan yang dibuang di Samaria, yang juga membangun kuil untuk dewa-dewa mereka disana, sehingga mereka tidak menyukai pembangunan kembali Bait Allah. Sekalipun menghadapi hambatan yang mengancam nyawa mereka, bangsa Israel tetap teguh dalam tekadnya untuk membangun Bait Allah. Tekad kuat itu didasarkan pada keyakinan bahwa Allah yang menjadi harapan mereka, telah membebaskan mereka dari pembuangan. Dengan membangun Bait Allah, mereka menjawab perintah Allah, serta bertekun dalam tekadnya.

Kebulatan tekad para kepala kaum keluarga bangsa Israel tersebut hendaknya menjadi teladan bagi kita untuk terus melangkah maju dengan tekad kuat. Karena Allah akan menuntun langkah kita, seperti juga dengan langkah bangsa Israel. --ZDP/www.renunganharian.net
   
KEBULATAN TEKAD AKAN MENGUATKAN KITA UNTUK DAPAT MELANGKAH MAJU.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2023/02/22/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?EZRA+4:1-4

EZRA 4:1-4

 1  Ketika lawan orang Yehuda dan Benyamin mendengar, bahwa orang-orang yang pulang dari pembuangan itu sedang membangun bait suci bagi TUHAN, Allah Israel,
 2  maka mereka mendekati Zerubabel serta para kepala kaum keluarga dan berkata kepada mereka: "Biarlah kami turut membangun bersama-sama dengan kamu, karena kamipun berbakti kepada Allahmu sama seperti kamu; lagipula kami selalu mempersembahkan korban kepada-Nya sejak zaman Esar-Hadon, raja Asyur, yang memindahkan kami ke mari."
 3  Tetapi Zerubabel, Yesua dan para kepala kaum keluarga orang Israel yang lain berkata kepada mereka: "Bukanlah urusan kita bersama, sehingga kamu dan kami membangun rumah bagi Allah kami, karena kami sendirilah yang hendak membangun bagi TUHAN, Allah Israel, seperti yang diperintahkan kepada kami oleh Koresh, raja negeri Persia."
 4  Maka penduduk negeri itu melemahkan semangat orang-orang Yehuda dan membuat mereka takut membangun.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Bilangan+21-22
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Bilangan+21-22

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2023 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar