(e-SH) 28 Januari -- 2 Raja-raja 9:1-15 - Alat yang Kurang Mulia

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Sabtu, 28 Januari 2023
Ayat SH: 2 Raja-raja 9:1-15

Judul: Alat yang Kurang Mulia

Allah berhak untuk memakai setiap manusia sesuai dengan kehendak-Nya, apakah untuk menjadi saluran berkat ataukah sebagai alat penghakiman-Nya.

Nabi Elisa memanggil salah seorang dari rombongan nabi untuk mengurapi Yehu menjadi raja atas Israel dan sesudah itu harus cepat-cepat lari (1-3). Nabi muda itu kemudian pergi mengurapi Yehu dan mengatakan bahwa Yehu akan membunuh seluruh keluarga Ahab. Dengan demikian, Tuhan membalaskan darah para nabi-Nya yang dicurahkan oleh Izebel (4-9). Kemudian, nabi itu pun langsung lari (10). Bawahan Yehu sangat senang, langsung menyebut "Yehu raja!" begitu tahu apa yang dikatakan nabi (11-13).

Mengapa Nabi Elisa menyuruh nabi yang mengurapi Yehu untuk langsung lari? Sepertinya, ini karena Elisa khawatir bahwa Yehu akan membunuh nabi yang mengurapinya supaya rencananya membunuh raja tidak ketahuan. Sepertinya, Elisa mengerti bahwa Yehu adalah orang yang sangat kejam dan tidak segan, bahkan untuk membunuh nabi Tuhan. Kenyataan bahwa pegawai Yehu tidak terkejut bahwa Yehu diurapi menjadi raja, dan dengan cepat menyebut "Yehu raja", menunjukkan Yehu adalah orang yang sangat berambisi.

Tuhan telah menubuatkan tentang rencana-Nya menghabiskan keluarga Ahab (1Raj. 21:20-24). Tuhan sengaja memilih seorang yang kejam dan penuh ambisi untuk melakukan tugas penghakiman-Nya tersebut. Paulus mengatakan, di dalam sebuah rumah ada perabot untuk maksud yang mulia, dan ada perobat untuk maksud yang kurang mulia (2Tim. 2:20). Yehu adalah perabot untuk maksud yang kurang mulia. Adalah hak Allah untuk memakai siapa pun, untuk tugas apa pun. Ingat bahwa tidak ada seorang pun yang berbuat baik (Rm. 3:12). Dengan demikian, ini berarti bahwa Allah sengaja memilih Yehu yang memang kejam dan berambisi menjadi raja dalam menggenapi rencana penghakiman-Nya terhadap keluarga Ahab.

Mari kita berdoa supaya kita masing-masing dipakai untuk maksud yang mulia. [INT]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2023/01/28/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?2+Raja-raja+9:1-15
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/2+Raja-raja+9:1-15

2 Raja-raja 9:1-15

 1  Kemudian nabi Elisa memanggil salah seorang dari rombongan nabi dan berkata kepadanya: "Ikatlah pinggangmu, bawalah buli-buli berisi minyak ini dan pergilah ke Ramot-Gilead.
 2  Apabila engkau sampai ke sana, carilah Yehu bin Yosafat bin Nimsi; masuklah, ajak dia bangkit dari tengah-tengah temannya dan bawalah dia ke ruang dalam.
 3  Kemudian ambillah buli-buli berisi minyak itu, lalu tuangkan isinya ke atas kepalanya dan katakan: Beginilah firman TUHAN: Telah Kuurapi engkau menjadi raja atas Israel! Sesudah itu bukalah pintu, larilah dan jangan berlambat-lambat."
 4  Lalu nabi muda itu pergi ke Ramot-Gilead.
 5  Setelah ia sampai, maka tampaklah panglima-panglima tentara sedang duduk berkumpul. Lalu ia berkata: "Ada pesan kubawa untukmu, ya panglima!" Yehu bertanya: "Untuk siapa dari kami sekalian?" Jawabnya: "Untukmu, ya panglima!"
 6  Lalu bangkitlah Yehu dan masuk ke dalam rumah. Nabi muda itu menuang minyak ke atas kepala Yehu serta berkata kepadanya: "Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Telah Kuurapi engkau menjadi raja atas umat TUHAN, yaitu orang Israel.
 7  Maka engkau akan membunuh keluarga tuanmu Ahab dan dengan demikian Aku membalaskan kepada Izebel darah hamba-hamba-Ku, nabi-nabi itu, bahkan darah semua hamba TUHAN.
 8  Dan segenap keluarga Ahab akan binasa; dan Aku akan melenyapkan dari pada Ahab setiap orang laki-laki, baik yang tinggi maupun yang rendah kedudukannya di Israel.
 9  Dan Aku akan memperlakukan keluarga Ahab sama seperti keluarga Yerobeam bin Nebat dan sama seperti keluarga Baesa bin Ahia.
10  Izebel akan dimakan anjing di kebun di luar Yizreel dengan tidak ada orang yang menguburkannya." Kemudian nabi itu membuka pintu, lalu lari.
11  Apabila Yehu keluar mendapatkan pegawai-pegawai tuannya, berkatalah seorang kepadanya: "Apa kabar? Mengapa orang gila itu datang kepadamu?" Jawabnya kepada mereka: "Kamu sendiri mengenal orang itu dengan omongannya!"
12  Tetapi mereka berkata: "Dusta! Cobalah beritahukan kepada kami!" Lalu katanya: "Begini-beginilah dikatakannya kepadaku: Demikianlah firman TUHAN: Telah Kuurapi engkau menjadi raja atas Israel."
13  Segeralah mereka masing-masing mengambil pakaiannya dan membentangkannya di hadapan kakinya begitu saja di atas tangga, kemudian mereka meniup sangkakala serta berseru: "Yehu raja!"
14  Demikianlah Yehu bin Yosafat bin Nimsi mengadakan persepakatan melawan Yoram. --Adapun Yoram sedang berjaga-jaga di Ramot-Gilead, bersama-sama dengan segenap orang Israel menghadapi Hazael, raja Aram.
15  Tetapi raja Yoram sendiri telah pulang ke Yizreel, supaya luka-lukanya diobati, yang ditimbulkan orang Aram pada waktu ia berperang melawan Hazael, raja Aram. --Yehu berkata: "Jika kamu sudah setuju, janganlah biarkan siapapun meloloskan diri dari kota untuk memberitahukan hal itu ke Yizreel."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar