(e-SH) 15 Januari -- 2 Raja-raja 2:19-25 - Membuktikan Diri?

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Minggu, 15 Januari 2023
Ayat SH: 2 Raja-raja 2:19-25

Judul: Membuktikan Diri?

Menjadi seorang pengganti atau penerus tidaklah mudah, sebab dirinya akan selalu dibandingkan dengan orang yang terdahulu. Seakan orang terdahulu itu menjadi tolok ukur dalam menilai kepribadian ataupun kemampuan yang dimiliki sang pengganti. Terkadang, seorang pengganti harus melakukan berbagai cara demi membuktikan diri bahwa ia pantas berada di posisi tersebut.

Elisa menggantikan Elia setelah Elia terangkat naik ke surga. Tugas dan tanggung jawab sebagai seorang nabi saat itu ada di pundaknya. Mungkin ada kecemasan dan kekhawatiran dalam hati Elisa, apakah ia bisa sama seperti Elia dan mendapatkan kepercayaan penduduk di sana. Namun, Elisa belajar percaya bahwa Allah selalu menyertainya.

Pembuktian diri Elisa seakan diuji ketika penduduk Kota Yerikho mengeluhkan kalau air di kota tempat mereka tinggal itu tidaklah baik (19). Air yang tercemar merugikan penduduk di sana. Seindah apa pun sebuah kota atau wilayah, apabila airnya tidak baik, akan menyulitkan aktivitas penduduknya, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Elisa segera bertindak. Ia mengatakan kepada mereka untuk mengambil sebuah pinggan baru dan menaruh garam ke dalamnya. Tanpa meragukan Elisa, mereka melakukan apa yang diperintahkannya. Elisa bukan mau membuktikan diri, tetapi melakukan apa yang menjadi kewajibannya.

Elisa tanpa ragu bertindak karena percaya, Allah selalu besertanya. Ia yakin, kalau Allah yang memilihnya, maka Allah pun akan memampukannya. Karena itu Elisa berkata: "Beginilah firman Tuhan ..." (21). Tuhanlah yang menyehatkan air itu oleh kuasa firman-Nya yang disampaikan lewat Elisa. Tuhan bekerja memurnikan air itu lewat media garam. Kehidupan kita pun layaknya bisa menjadi garam bagi orang lain.

Tidak perlu takut akan ejekan dan cemoohan dari sekitar kita. Bila Tuhan yang memanggil dan mau memakai kita, Tuhan pulalah yang akan memampukan dan menyertai kita. Kalau sudah begitu, masihkah kita merasa perlu membuktikan diri dengan kekuatan sendiri? Percayakan saja kepada Tuhan! [SLM]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2023/01/15/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?2+Raja-raja+2:19-25
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/2+Raja-raja+2:19-25

2 Raja-raja 2:19-25

19  Berkatalah penduduk kota itu kepada Elisa: "Cobalah lihat! Letaknya kota ini baik, seperti tuanku lihat, tetapi airnya tidak baik dan di negeri ini sering ada keguguran bayi."
20  Jawabnya: "Ambillah sebuah pinggan baru bagiku dan taruhlah garam ke dalamnya." Maka mereka membawa pinggan itu kepadanya.
21  Kemudian pergilah ia ke mata air mereka dan melemparkan garam itu ke dalamnya serta berkata: "Beginilah firman TUHAN: Telah Kusehatkan air ini, maka tidak akan terjadi lagi olehnya kematian atau keguguran bayi."
22  Demikianlah air itu menjadi sehat sampai hari ini sesuai dengan firman yang telah disampaikan Elisa.
23  Elisa pergi dari sana ke Betel. Dan sedang ia mendaki, maka keluarlah anak-anak dari kota itu, lalu mencemoohkan dia serta berseru kepadanya: "Naiklah botak, naiklah botak!"
24  Lalu berpalinglah ia ke belakang, dan ketika ia melihat mereka, dikutuknyalah mereka demi nama TUHAN. Maka keluarlah dua ekor beruang dari hutan, lalu mencabik-cabik dari mereka empat puluh dua orang anak.
25  Dari sana pergilah ia ke gunung Karmel dan dari sana pula kembalilah ia ke Samaria.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar