(e-SH) 6 November -- Ulangan 4:30-40 - Allah yang Tidak Ada Duanya

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Minggu, 6 November 2022
Ayat SH: Ulangan 4:30-40

Judul: Allah yang Tidak Ada Duanya

Alkitab sering memakai konsep yang dikenali umat. Oleh karena dunia kuno percaya kepada banyak allah, tidak heran jika dalam nas ini Musa membandingkan Allah dengan allah-allah lain.

Berbeda dengan allah-allah lain, Tuhan Allah Israel adalah Allah yang setia dengan perjanjian-Nya, dan karena itu, Ia akan menyertai umat-Nya kembali jika mereka telah bertobat (27-30). Musa menekankan keunikan Tuhan Allah mereka dengan menunjukkan bahwa hanya Allah yang pernah berbicara dari tengah api (33), yang mengambil Israel menjadi umat-Nya dengan berbagai mukjizat dan menyelamatkan umat dari Mesir dengan kekuatan-Nya yang besar (34-38). Karena Allah mereka adalah Allah yang tidak ada duanya, sudah seharusnya umat berpegang pada ketetapan dan perintah Allah (39-40).

Allah-allah yang dipercayai dalam dunia kuno digambarkan sebagai allah yang mudah marah tanpa alasan, yang dapat dimanipulasi, bertindak hanya untuk kepentingannya sendiri, dan tidak setia menyertai penyembahnya. Oleh karena itu, Musa menekankan betapa uniknya Tuhan Allah mereka yang selain setia pada perjanjian dengan umat yang dipilih-Nya, juga telah banyak melakukan mukjizat dalam menyelamatkan umat-Nya. Tujuan Musa menyatakan bahwa Tuhan mereka adalah Allah yang tidak ada duanya adalah supaya umat mengenali dan menghargai Tuhan, maka mau berpegang pada perintah-Nya, dan supaya mereka dapat hidup dengan baik (40).

Kita tentu saja tahu bahwa hanya ada satu Allah, dan karenanya, kita tidak perlu membandingkan Allah dengan yang lain. Tetapi, apa yang Musa tekankan perlu kita perhatikan. Ia adalah Allah yang setia dengan pilihan dan perjanjian-Nya, yang akan kembali mengampuni dan menyertai kita jika kita bertobat dari kesalahan kita. Ia juga adalah Allah yang dengan mukjizat pemeliharaan-Nya terus melindungi, menyertai, dan menuntun kita. Perlu kita sadari betapa beruntungnya kita memiliki Allah yang seperti itu. Mari kita lebih berkomitmen untuk setia melakukan kehendak-Nya. [INT]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2022/11/06/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Ulangan+4:30-40
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Ulangan+4:30-40

Ulangan 4:30-40

30  Apabila engkau dalam keadaan terdesak dan segala hal ini menimpa engkau di kemudian hari, maka engkau akan kembali kepada TUHAN, Allahmu, dan mendengarkan suara-Nya.
31  Sebab TUHAN, Allahmu, adalah Allah Penyayang, Ia tidak akan meninggalkan atau memusnahkan engkau dan Ia tidak akan melupakan perjanjian yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu.
32  Sebab cobalah tanyakan, dari ujung langit ke ujung langit, tentang zaman dahulu, yang ada sebelum engkau, sejak waktu Allah menciptakan manusia di atas bumi, apakah ada pernah terjadi sesuatu hal yang demikian besar atau apakah ada pernah terdengar sesuatu seperti itu.
33  Pernahkah suatu bangsa mendengar suara ilahi, yang berbicara dari tengah-tengah api, seperti yang kaudengar dan tetap hidup?
34  Atau pernahkah suatu allah mencoba datang untuk mengambil baginya suatu bangsa dari tengah-tengah bangsa yang lain, dengan cobaan-cobaan, tanda-tanda serta mujizat-mujizat dan peperangan, dengan tangan yang kuat dan lengan yang teracung dan dengan kedahsyatan-kedahsyatan yang besar, seperti yang dilakukan TUHAN, Allahmu, bagimu di Mesir, di depan matamu?
35  Engkau diberi melihatnya untuk mengetahui, bahwa Tuhanlah Allah, tidak ada yang lain kecuali Dia.
36  Dari langit Ia membiarkan engkau mendengar suara-Nya untuk mengajari engkau, di bumi Ia membiarkan engkau melihat api-Nya yang besar, dan segala perkataan-Nya kaudengar dari tengah-tengah api.
37  Karena Ia mengasihi nenek moyangmu dan memilih keturunan mereka, maka Ia sendiri telah membawa engkau keluar dari Mesir dengan kekuatan-Nya yang besar,
38  untuk menghalau dari hadapanmu bangsa-bangsa yang lebih besar dan lebih kuat dari padamu, untuk membawa engkau masuk ke dalam negeri mereka dan memberikannya kepadamu menjadi milik pusakamu, seperti yang terjadi sekarang ini.
39  Sebab itu ketahuilah pada hari ini dan camkanlah, bahwa Tuhanlah Allah yang di langit di atas dan di bumi di bawah, tidak ada yang lain.
40  Berpeganglah pada ketetapan dan perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, supaya baik keadaanmu dan keadaan anak-anakmu yang kemudian, dan supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu untuk selamanya."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar