(e-SH) 19 November -- Ulangan 11:1-7 - Antara Kasih dan Keadilan-Nya

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Sabtu, 19 November 2022
Ayat SH: Ulangan 11:1-7

Judul: Antara Kasih dan Keadilan-Nya

Allah menganugerahkan akal budi agar kita, dengan segenap kebebasan dan kesadaran, memilih untuk menaati Tuhan dan menyembah-Nya seumur hidup kita. Sayangnya, kita lebih sering memilih untuk tidak menaati-Nya. Sering kali kita lupa akan segala kebaikan Tuhan yang telah kita terima. Pada akhirnya, kita jatuh ke dalam dosa ketidaktaatan kepada-Nya.

Tuhan sungguh-sungguh menginginkan agar hal tersebut tidak terjadi. Melalui Musa, Tuhan mengingatkan bangsa Israel akan segala tindakan nyata yang telah diperbuat-Nya demi membebaskan mereka dari tanah Mesir (3-4). Atas segala kebaikan Tuhan itu, maka sudah sepantasnya umat sungguh-sungguh mengasihi-Nya serta berpegang pada segala ketetapan, peraturan, dan perintah-Nya (1).

Penyertaan Tuhan bahkan terus berlanjut, terutama pada saat mereka harus mengalami perjalanan berat di padang gurun. Itulah demonstrasi kasih Tuhan kepada umat-Nya. Pada sisi lain, kasih itu juga disertai dengan keadilan Tuhan bagi semua orang.

Perikop kali ini menyebut Datan dan Abiram sebagai dua orang yang harus menerima keadilan Tuhan, melalui bumi yang terbelah dan menelan mereka bersama keluarga (6). Datan dan Abiram memberontak karena tidak percaya terhadap Musa dan penyertaan Tuhan melalui Musa (lih. Bil. 16). Mereka meragukan kedaulatan Tuhan sehingga menerima konsekuensi dari-Nya.

Marilah kita juga menjalani kehidupan di dunia ini dengan penuh kehati-hatian sekaligus ketakjuban akan kasih Tuhan. Dia memberikan kehendak bebas kepada kita agar kita sungguh-sungguh menyembah dan taat kepada-Nya. Kiranya kita dapat berhati-hati agar tidak menjadi seperti "Datan dan Abiram" yang meragukan kuasa Allah dan harus menemui kebinasaan.

Selalu ada pilihan yang terbentang di hadapan kita! Pilihlah jalan yang menyatakan ketaatan kita kepada-Nya dan bukan pemberontakan serta ketidaktaatan. Tuhan adalah Allah yang penuh kasih, sekaligus Allah yang tak segan-segan memperlihatkan keadilan-Nya. [WDN]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2022/11/19/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Ulangan+11:1-7
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Ulangan+11:1-7

Ulangan 11:1-7

 1  "Haruslah engkau mengasihi TUHAN, Allahmu, dan melakukan dengan setia kewajibanmu terhadap Dia dengan senantiasa berpegang pada segala ketetapan-Nya, peraturan-Nya dan perintah-Nya.
 2  Kamu tahu sekarang--kukatakan bukan kepada anak-anakmu, yang tidak mengenal dan tidak melihat hajaran TUHAN, Allahmu--kebesaran-Nya, tangan-Nya yang kuat dan lengan-Nya yang teracung,
 3  tanda-tanda dan perbuatan-perbuatan yang dilakukan-Nya di Mesir terhadap Firaun, raja Mesir, dan terhadap seluruh negerinya;
 4  juga apa yang dilakukan-Nya terhadap pasukan Mesir, dengan kuda-kudanya dan kereta-keretanya, yakni bagaimana Ia membuat air Laut Teberau meluap meliputi mereka, ketika mereka mengejar kamu, sehingga TUHAN membinasakan mereka untuk selamanya;
 5  dan apa yang dilakukan-Nya terhadapmu di padang gurun, sampai kamu tiba di tempat ini;
 6  pula apa yang dilakukan-Nya terhadap Datan dan Abiram, anak-anak Eliab, anak Ruben, yakni ketika tanah mengangakan mulutnya dan menelan mereka dengan seisi rumahnya, kemah-kemah dan segala yang mengikuti mereka, di tengah-tengah seluruh orang Israel.
 7  Sebab matamu sendirilah yang telah melihat segala perbuatan besar yang dilakukan TUHAN."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar