(e-SH) 15 November -- Ulangan 9:1-6 - Menerima Berkat Kemurahan Tuhan

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Selasa, 15 November 2022
Ayat SH: Ulangan 9:1-6

Judul: Menerima Berkat Kemurahan Tuhan

Ketika mendapat berkat Tuhan kerap kali tanpa sadar kita merasa lebih beruntung daripada orang lain. Bahkan, tidak jarang kita merasa diri kita lebih istimewa di hadapan Tuhan. Akan tetapi, bagaimana seharusnya sikap seorang percaya dalam merespons berkat yang diterimanya?

Sebelum bangsa Israel memasuki Tanah Perjanjian, Musa mengingatkan mereka akan keberadaan bangsa-bangsa yang akan mereka hadapi (1-2). Peringatan itu diberikan oleh Musa agar mereka sadar bahwa mereka dapat mengalahkan bangsa-bangsa itu bukan semata-mata karena kekuatan dan jasa mereka (4-5). Jikalau Tuhan menghalau bangsa-bangsa itu, hal itu bukan karena Tuhan lebih membela bangsa Israel, melainkan karena kefasikan bangsa-bangsa itu di hadapan Tuhan.

Musa menekankan bahwa kalaupun bangsa Israel dapat menduduki tanah perjanjian, hal itu merupakan berkat kemurahan Tuhan semata-mata. Tuhanlah yang memberikannya kepada mereka (6). Tidak ada alasan bagi umat Israel untuk membanggakan diri dan merasa berjasa di hadapan Tuhan.

Ketika kita mendapat segala kebaikan dan keberhasilan, kita perlu menyadari bahwa hal itu merupakan berkat kemurahan Tuhan. Hal itu bukan karena jasa-jasa kita sehingga Tuhan wajib memberkati hidup kita. Berkat Tuhan diberikan bukan berdasarkan pencapaian kita di hadapan-Nya. Bahkan, ketika kita selamat dari orang-orang yang bermaksud jahat kepada kita, itu pun karena Tuhan sendiri. Tuhan akan menumpas orang-orang fasik di sekitar kita karena kefasikan mereka, bukan karena kita lebih istimewa dibandingkan orang-orang lain.

Jadi, untuk setiap kebaikan yang kita terima, kita harus mensyukurinya sebagai berkat kemurahan Tuhan. Janganlah merendahkan orang-orang di sekitar kita karena kita merasa lebih dikasihi Tuhan, namun kita harus menjaga hidup kita agar tidak jatuh kepada kefasikan. Hendaknya kita juga tidak menjadikan berkat Tuhan untuk membandingkan hidup kita dengan orang lain. Mari kita gunakan setiap berkat Tuhan semata-mata untuk memuliakan nama-Nya. [RGD]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2022/11/15/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Ulangan+9:1-6
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Ulangan+9:1-6

Ulangan 9:1-6

 1  "Dengarlah, hai orang Israel! Engkau akan menyeberangi sungai Yordan pada hari ini untuk memasuki serta menduduki daerah bangsa-bangsa yang lebih besar dan lebih kuat dari padamu, yakni kota-kota besar yang kubu-kubunya sampai ke langit--
 2  suatu bangsa yang besar dan tinggi, orang Enak, yang kaukenal dan yang tentangnya kaudengar orang berkata: Siapakah yang dapat bertahan menghadapi orang Enak?
 3  Maka ketahuilah pada hari ini, bahwa TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan di depanmu laksana api yang menghanguskan; Dia akan memunahkan mereka dan Dia akan menundukkan mereka di hadapanmu. Demikianlah engkau akan menghalau dan membinasakan mereka dengan segera, seperti yang dijanjikan kepadamu oleh TUHAN.
 4  Janganlah engkau berkata dalam hatimu, apabila TUHAN, Allahmu, telah mengusir mereka dari hadapanmu: Karena jasa-jasakulah TUHAN membawa aku masuk menduduki negeri ini; padahal karena kefasikan bangsa-bangsa itulah TUHAN menghalau mereka dari hadapanmu.
 5  Bukan karena jasa-jasamu atau karena kebenaran hatimu engkau masuk menduduki negeri mereka, tetapi karena kefasikan bangsa-bangsa itulah, TUHAN, Allahmu, menghalau mereka dari hadapanmu, dan supaya TUHAN menepati janji yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, yakni Abraham, Ishak dan Yakub.
 6  Jadi ketahuilah, bahwa bukan karena jasa-jasamu TUHAN, Allahmu, memberikan kepadamu negeri yang baik itu untuk diduduki. Sesungguhnya engkau bangsa yang tegar tengkuk!"


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar