(e-SH) 13 November -- Ulangan 7:12-26 - Ketaatan Mendatangkan Berkat

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Minggu, 13 November 2022
Ayat SH: Ulangan 7:12-26

Judul: Ketaatan Mendatangkan Berkat

Setiap orang ingin hidupnya diberkati, tetapi sayangnya tidak semua orang menginginkan berkat di dalam Tuhan.

Tuhan berjanji akan mengasihi, memberkati, dan membuat bangsa Israel banyak (13). Tuhan akan memberkati mereka dengan hasil bumi yang melimpah serta menjauhkan mereka dari sakit penyakit dan musuh-musuh mereka (15). Untuk itu, mereka tidak boleh menyembah allah bangsa-bangsa asing.

Tuhan juga akan berperang melawan musuh-musuh bangsa Israel. Meskipun bangsa-bangsa yang akan mereka hadapi jauh lebih banyak, kuat, dan perkasa, tetapi Tuhan sendiri akan menghalau mereka. Bangsa Israel tidak perlu takut dan gentar sebab Tuhan akan memberikan kemenangan kepada mereka (17-24). Untuk itu, mereka juga harus memusnahkan semua patung sesembahan bangsa-bangsa itu. Bangsa Israel tidak boleh membawa masuk kekejian ke dalam rumah mereka (25-26).

Jika umat Tuhan mendengar dan melakukan peraturan-peraturan Tuhan, maka Tuhan akan memberkati mereka. Ketika mereka sudah menerima berkat dan kemenangan, mereka harus menjaga agar tidak mengikuti allah lain dan tidak tertarik dengan patung-patung sesembahan mereka. Jadi, Tuhan akan memberkati bangsa Israel jika mereka tetap beribadah kepada Tuhan.

Nas bacaan kita hari ini menunjukkan janji Tuhan bagi umat-Nya. Kehidupan yang penuh berkat akan terjadi jika umat-Nya hidup dalam ketaatan. Jadi, berkat dari Tuhan tidak terlepas dari ketaatan dan kesetiaan kepada Tuhan. Kita pun tidak boleh mengharapkan berkat dari sumber di luar Tuhan. Janganlah juga kita meminta berkat Tuhan tanpa kerinduan untuk makin taat kepada-Nya. Bagi kita, berkat Tuhan diberikan agar kita makin mengenal Dia dan makin setia kepada Dia.

Apakah kita mengharapkan berkat tertentu dari Tuhan belakangan ini? Apakah keinginan itu disertai dengan kerinduan untuk makin taat kepada Tuhan? Mintalah berkat dari Tuhan disertai tekad untuk selalu setia kepada-Nya. Taat dan setialah kepada Tuhan! [RGD]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2022/11/13/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Ulangan+7:12-26
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Ulangan+7:12-26

Ulangan 7:12-26

12  "Dan akan terjadi, karena kamu mendengarkan peraturan-peraturan itu serta melakukannya dengan setia, maka terhadap engkau TUHAN, Allahmu, akan memegang perjanjian dan kasih setia-Nya yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu.
13  Ia akan mengasihi engkau, memberkati engkau dan membuat engkau banyak; Ia akan memberkati buah kandunganmu dan hasil bumimu, gandum dan anggur serta minyakmu, anak lembu sapimu dan anak kambing dombamu, di tanah yang dijanjikan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu untuk memberikannya kepadamu.
14  Engkau akan diberkati lebih dari pada segala bangsa: tidak akan ada laki-laki atau perempuan yang mandul di antaramu, ataupun di antara hewanmu.
15  TUHAN akan menjauhkan segala penyakit dari padamu, dan tidak ada satu dari wabah celaka yang kaukenal di Mesir itu akan ditimpakan-Nya kepadamu, tetapi Ia akan mendatangkannya kepada semua orang yang membenci engkau.
16  Engkau harus melenyapkan segala bangsa yang diserahkan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu; janganlah engkau merasa sayang kepada mereka dan janganlah beribadah kepada allah mereka, sebab hal itu akan menjadi jerat bagimu.
17  Jika sekiranya engkau berkata dalam hatimu: Bangsa-bangsa ini lebih banyak dari padaku, bagaimanakah aku dapat menghalaukan mereka?
18  maka janganlah engkau takut kepada mereka; ingatlah selalu apa yang dilakukan TUHAN, Allahmu, terhadap Firaun dan seluruh Mesir,
19  yakni cobaan-cobaan besar, yang kaulihat dengan matamu sendiri, tanda-tanda dan mujizat-mujizat, tangan yang kuat dan lengan yang teracung, yang dipakai TUHAN, Allahmu, untuk membawa engkau keluar. Demikianlah juga akan dilakukan TUHAN, Allahmu, terhadap segala bangsa yang engkau takuti.
20  Lagipula TUHAN, Allahmu, akan melepaskan tabuhan menyerbu mereka, sampai habis binasa orang-orang yang masih tinggal dan yang menyembunyikan diri terhadap engkau.
21  Janganlah gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, ada di tengah-tengahmu, Allah yang besar dan dahsyat.
22  TUHAN, Allahmu, akan menghalau bangsa-bangsa ini dari hadapanmu sedikit demi sedikit; engkau tidak boleh membinasakan mereka dengan segera, supaya jangan binatang hutan menjadi terlalu banyak melebihi engkau.
23  Demikianlah TUHAN, Allahmu, akan menyerahkan mereka kepadamu dan akan mengacaukan mereka sama sekali, sampai mereka punah.
24  Raja-raja mereka akan diserahkan-Nya ke dalam tanganmu, sehingga engkau menghapuskan nama mereka dari kolong langit; tidak akan ada yang dapat bertahan menghadapi engkau, sampai engkau memunahkan mereka.
25  Patung-patung allah mereka haruslah kamu bakar habis; perak dan emas yang ada pada mereka janganlah kauingini dan kauambil bagi dirimu sendiri, supaya jangan engkau terjerat karenanya, sebab hal itu adalah kekejian bagi TUHAN, Allahmu.
26  Dan janganlah engkau membawa sesuatu kekejian masuk ke dalam rumahmu, sehingga engkaupun ditumpas seperti itu; haruslah engkau benar-benar merasa jijik dan keji terhadap hal itu, sebab semuanya itu dikhususkan untuk dimusnahkan."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar