(e-RH) 4 November -- LUKAS 13:1-5 - KEPRIHATINAN YESUS

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Jumat, 4 November 2022
Bacaan : LUKAS 13:1-5
Setahun: Yohanes 9-10
Nats: "'Tidak!' kata-Ku kepadamu. Tetapi jikalau kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa dengan cara demikian." (Lukas 13:5)

Renungan:

KEPRIHATINAN YESUS

Dunia ekonomi, politik, sosial, dan budaya saat ini sungguh kacau dan memprihatinkan. Pandemi berkepanjangan membuat banyak orang menderita. Saling ancam dan peperangan terjadi di berbagai belahan bumi. Aneka bencana alam, kecelakaan, kasus kriminal, dan konflik keluarga sedang kita alami. Lalu bagaimanakah sikap kita?

Andai saja masalah pelik ini disodorkan kepada Yesus, bagaimanakah reaksi-Nya? Pernah, ada yang memberitakan kepada Yesus bahwa Pilatus mencampur darah beberapa orang Galilea dengan darah korban yang mereka persembahkan (ay. 1). Orang Yahudi menantikan tanggapan Yesus agar Ia dapat dipersalahkan berdasarkan komentar-Nya. Sebab perisitiwa itu terkait masalah politik, sosial, dan agama saat itu. Di luar dugaan semua orang, Yesus justru mengaitkannya dengan dosa para pendengar-Nya. Yesus menuntut agar mereka bertobat. Tuntutan ini bahkan diulang kembali tatkala Yesus menyebut bencana lain yang tak kalah mengerikan (ay. 4).

Kita menaruh keprihatinan besar atas berbagai malapetaka yang saat ini kita hadapi. Bencana masih akan terus melanda hingga akhir zaman. Tentu kita tidak boleh berpangku tangan jika kita dikaruniai kemampuan dan kesempatan untuk menolong. Meskipun demikian, kita wajib memusatkan perhatian kepada masalah terbesar diri kita sendiri, yakni dosa. Yang terpenting adalah bahwa kita bertobat sungguh-sungguh dari dosa dan menerima pengampunan serta penebusan dari Yesus Kristus. Dengan demikian, kita terhindar dari kematian kekal yang jauh lebih mengerikan. --HEM/www.renunganharian.net
   
DI TENGAH KEPRIHATINAN BESAR ATAS BERBAGAI MALAPETAKA, KITA WAJIB PRIHATIN ATAS DOSA KITA, MELAKUKAN PERTOBATAN, DAN MENERIMA PENEBUSAN YESUS KRISTUS.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2022/11/04/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?LUKAS+13:1-5

LUKAS 13:1-5

 1  Pada waktu itu datanglah kepada Yesus beberapa orang membawa kabar tentang orang-orang Galilea, yang darahnya dicampurkan Pilatus dengan darah korban yang mereka persembahkan.
 2  Yesus menjawab mereka: "Sangkamu orang-orang Galilea ini lebih besar dosanya dari pada dosa semua orang Galilea yang lain, karena mereka mengalami nasib itu?
 3  Tidak! kata-Ku kepadamu. Tetapi jikalau kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa atas cara demikian.
 4  Atau sangkamu kedelapan belas orang, yang mati ditimpa menara dekat Siloam, lebih besar kesalahannya dari pada kesalahan semua orang lain yang diam di Yerusalem?
 5  Tidak! kata-Ku kepadamu. Tetapi jikalau kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa atas cara demikian."

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Yohanes+9-10
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yohanes+9-10

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2022 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar