(e-RH) 20 November -- Kisah Para Rasul 6:1-7 - SULIT NAMUN MENOLONG

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Minggu, 20 November 2022
Bacaan : Kisah Para Rasul 6:1-7
Setahun: Roma 4-7
Nats: "Karena itu, Saudara-saudara, pilihlah tujuh orang dari antaramu, yang terkenal baik dan penuh Roh dan hikmat, supaya kami mengangkat mereka untuk tugas itu." (Kisah Para Rasul 6:3)

Renungan:

SULIT NAMUN MENOLONG

Majalah National Geographic Indonesia edisi Agustus 2021 memberikan judul "Krisis Kelaparan Amerika". Berita yang disajikan tentang orang yang kekurangan pangan di Amerika semakin meningkat. Namun dalam situasi seperti itu, tetap ada dermawan dan tetangga yang menjadi tali penyelamat hidup dengan memberikan makanan kepada yang berkekurangan.

Kisah Para Rasul 6:1-7 menuliskan tentang pelayanan para rasul yang terus berkembang tapi para rasul dinilai alpa memperhatikan para janda yang mengalami kekurangan ekonomi. Ini bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan karena kekristenan saat itu belum serapi gereja saat ini. Saat itu kekristenan termasuk sekte yang dimusuhi, namun justru mereka rela menjual harta mereka untuk dibagikan kepada komunitas dan sesama. Sekalipun dalam situasi seperti itu, pelayanan untuk para janda tetap dipedulikan. Karena itu, tujuh orang ini harus memenuhi persyaratan: terkenal baik, penuh Roh dan hikmat. Agar apa yang dipercayakan pada tujuh orang ini diberikan sepenuhnya kepada para janda yang membutuhkan dan mereka dilayani dalam pengajaran para rasul dalam pertumbuhan rohani.

Kisah ini mengajarkan kita sebagai anak Tuhan dan organisasi gereja untuk tidak abai dalam pelayanan diakonia di tengah situasi yang tidak mudah saat ini. Pelayanan diakonia dilakukan bukan karena anak Tuhan maupun gereja memiliki kelebihan keuangan tapi kita menyadari bahwa masih banyak orang yang mengalami kekurangan untuk memenuhi kebutuhan keseharian mereka. Di situlah kita hadir untuk menolong dan menyatakan bahwa Tuhan senantiasa memelihara hidup anak-anak-Nya. --RT/www.renunganharian.net
   
KITA MEMBERIKAN BANTUAN BAGI SESAMA KARENA KITA TELAH DIPELIHARA OLEH TUHAN.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2022/11/20/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Kisah+Para+Rasul+6:1-7

Kisah Para Rasul 6:1-7

 1  Pada masa itu, ketika jumlah murid makin bertambah, timbullah sungut-sungut di antara orang-orang Yahudi yang berbahasa Yunani terhadap orang-orang Ibrani, karena pembagian kepada janda-janda mereka diabaikan dalam pelayanan sehari-hari.
 2  Berhubung dengan itu kedua belas rasul itu memanggil semua murid berkumpul dan berkata: "Kami tidak merasa puas, karena kami melalaikan Firman Allah untuk melayani meja.
 3  Karena itu, saudara-saudara, pilihlah tujuh orang dari antaramu, yang terkenal baik, dan yang penuh Roh dan hikmat, supaya kami mengangkat mereka untuk tugas itu,
 4  dan supaya kami sendiri dapat memusatkan pikiran dalam doa dan pelayanan Firman."
 5  Usul itu diterima baik oleh seluruh jemaat, lalu mereka memilih Stefanus, seorang yang penuh iman dan Roh Kudus, dan Filipus, Prokhorus, Nikanor, Timon, Parmenas dan Nikolaus, seorang penganut agama Yahudi dari Antiokhia.
 6  Mereka itu dihadapkan kepada rasul-rasul, lalu rasul-rasul itupun berdoa dan meletakkan tangan di atas mereka.
 7  Firman Allah makin tersebar, dan jumlah murid di Yerusalem makin bertambah banyak; juga sejumlah besar imam menyerahkan diri dan percaya.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Roma+4-7
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Roma+4-7

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2022 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar