(e-SH) 29 Oktober -- Ulangan 1:41-46 - Ketaatan Semu

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Sabtu, 29 Oktober 2022
Ayat SH: Ulangan 1:41-46

Judul: Ketaatan Semu

Ketaatan yang Tuhan minta adalah ketaatan menurut apa yang Tuhan perintahkan, bukan ketaatan semu menurut pemikiran kita sendiri.

Setelah Tuhan menyatakan murka kepada umat yang tidak mau masuk ke Kanaan, umat pun menyatakan bahwa mereka telah berbuat dosa (41). Mereka juga menyatakan bahwa mereka mau maju berperang, menurut segala yang diperintahkan Tuhan kepada mereka (41b). Namun, Tuhan sudah murka dan berfirman kepada umat, "Janganlah kamu maju dan janganlah kamu berperang, sebab Aku tidak ada di tengah-tengahmu, nanti kamu terpukul kalah oleh musuhmu" (42).

Walau Musa sudah menyampaikan firman Tuhan, umat kembali menentang titah Tuhan; mereka berlaku terlalu berani dan maju ke arah pegunungan (43). Tidak mengherankan, ketika orang Amori menyerang, umat dengan cepat berlari, mereka dikejar dan dengan mudah dikalahkan (44). Umat pulang, menangis di hadapan Tuhan, tetapi Tuhan tidak mau mendengarkan mereka (45).

Memang sepertinya apa yang dilakukan umat adalah ketaatan, karena mereka kemudian mau berangkat untuk bertempur dengan orang Amori. Tetapi, kenyataannya adalah Tuhan sudah tidak mau menyertai mereka dan menyuruh mereka untuk tidak pergi. Karena itu, ketika umat maju bertempur, dikatakan mereka "menentang titah TUHAN" (43), seperti sebelumnya ketika mereka tidak mau bertempur (26). Apa yang umat lakukan sekarang adalah ketaatan semu, kelihatannya taat, tetapi sesungguhnya merupakan ketidaktaatan.

Ketaatan yang Tuhan kehendaki adalah ketaatan sesuai dengan titah Tuhan, bukan yang berbeda, apalagi menentang titah Tuhan. Ingat, Tuhan berkata, "Rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku" (lih. Yes. 55:8). Melakukan ketaatan seperti yang kita pikirkan mungkin sekali berbeda dengan ketaatan yang diinginkan Tuhan. Itu artinya apa yang kita lakukan bukan ketaatan sejati, melainkan ketaatan semu.

Mari kita belajar untuk menaati apa yang Tuhan inginkan, bukan lagi apa yang kita inginkan. [INT]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2022/10/29/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Ulangan+1:41-46
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Ulangan+1:41-46

Ulangan 1:41-46

41  "Lalu kamu menjawab, katamu kepadaku: Kami berbuat dosa kepada TUHAN. Kami mau maju berperang, menurut segala yang diperintahkan kepada kami oleh TUHAN, Allah kita. Dan setiap orang dari padamu menyandang senjata perangnya, sebab kamu menganggap mudah untuk berjalan maju ke arah pegunungan.
42  Tetapi TUHAN berfirman kepadaku: Katakanlah kepada mereka: Janganlah kamu maju dan janganlah kamu berperang, sebab Aku tidak ada di tengah-tengahmu, nanti kamu terpukul kalah oleh musuhmu.
43  Dan aku berbicara kepadamu tetapi kamu tidak mendengarkan, kamu menentang titah TUHAN; kamu berlaku terlalu berani dan maju ke arah pegunungan.
44  Kemudian orang Amori yang diam di pegunungan itu keluar menyerbu kamu, dan mereka mengejar kamu seperti lebah dan mengalahkan kamu dari Seir sampai Horma.
45  Lalu kamu pulang dan menangis di hadapan TUHAN; tetapi TUHAN tidak mendengarkan tangisanmu dan tidak memberi telinga kepada suaramu.
46  Demikianlah kamu lama tinggal di Kadesh, yakni sepanjang waktu kamu tinggal di sana."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar