(e-RH) 30 Oktober -- Kisah Para Rasul 20:17-38 - PERPISAHAN YANG INDAH

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Minggu, 30 Oktober 2022
Bacaan : Kisah Para Rasul 20:17-38
Setahun: Lukas 21-22
Nats: Lalu menangislah mereka semua tersedu-sedu dan sambil memeluk Paulus, mereka berulang-ulang mencium dia. (Kisah Para Rasul 20:37)

Renungan:

PERPISAHAN YANG INDAH

Perpisahan adalah suatu tahapan yang mungkin terjadi dalam sebuah hubungan, termasuk dalam dunia pelayanan. Para pelayan Tuhan bisa berpindah ladang pelayanan karena berbagai alasan: dipindah oleh pemimpin, mendapat panggilan pelayanan baru, atau alasan lainnya. Ada yang meninggalkan pelayanan karena sakit hati, kecewa, merasa ditolak, dan berbagai alasan negatif lainnya. Namun banyak juga yang meninggalkan pelayanan dengan linangan air mata dan kasih yang besar dari mereka yang telah merasakan pelayanan sang hamba Tuhan.

Membaca kisah perpisahan Paulus dengan para penatua jemaat Efesus sangat mengharukan sekaligus indah. Mereka bertemu di kota lain karena sempitnya waktu Paulus yang sedang dalam perjalanan ke Yerusalem. Kepada mereka, Paulus mengingatkan bagaimana ia tinggal di Efesus selama tiga tahun dan giat dalam memberitakan Injil. Ia menghadapi banyak penentangan, namun tetap meneladankan hidup sebagai pelayan Tuhan yang setia. Paulus berpesan agar mereka sungguh-sungguh menggembalakan jemaat Tuhan, agar mereka tidak berpaling dari ajaran yang benar.

Para penatua itu sangat terharu. Terlebih mereka tahu, itulah pertemuan terakhir mereka. Diisi dengan tangis, doa, pelukan hangat, ciuman perpisahan, mereka memberangkatkan Paulus ke kapal. Teladan, pengajaran dan pengorbanannya demi Kristus tetap akan mereka ingat dan ajarkan. Agar nantinya mereka juga dapat menjamah dan mengubah hidup banyak orang. Kiranya hidup kita juga meninggalkan jejak dan dampak yang baik bagi banyak orang, sehingga kelak, kita akan mengalami perpisahan yang indah dengan mereka. --HT/www.renunganharian.net
   
SUATU SAAT KITA PASTI AKAN BERPISAH DENGAN ORANG-ORANG TERKASIH KITA, KIRANYA HIDUP KITA TELAH MENINGGALKAN JEJAK DAN TELADAN BAIK BAGI MEREKA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2022/10/30/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Kisah+Para+Rasul+20:17-38

Kisah Para Rasul 20:17-38

17  Karena itu ia menyuruh seorang dari Miletus ke Efesus dengan pesan supaya para penatua jemaat datang ke Miletus.
18  Sesudah mereka datang, berkatalah ia kepada mereka: "Kamu tahu, bagaimana aku hidup di antara kamu sejak hari pertama aku tiba di Asia ini:
19  dengan segala rendah hati aku melayani Tuhan. Dalam pelayanan itu aku banyak mencucurkan air mata dan banyak mengalami pencobaan dari pihak orang Yahudi yang mau membunuh aku.
20  Sungguhpun demikian aku tidak pernah melalaikan apa yang berguna bagi kamu. Semua kuberitakan dan kuajarkan kepada kamu, baik di muka umum maupun dalam perkumpulan-perkumpulan di rumah kamu;
21  aku senantiasa bersaksi kepada orang-orang Yahudi dan orang-orang Yunani, supaya mereka bertobat kepada Allah dan percaya kepada Tuhan kita, Yesus Kristus.
22  Tetapi sekarang sebagai tawanan Roh aku pergi ke Yerusalem dan aku tidak tahu apa yang akan terjadi atas diriku di situ
23  selain dari pada yang dinyatakan Roh Kudus dari kota ke kota kepadaku, bahwa penjara dan sengsara menunggu aku.
24  Tetapi aku tidak menghiraukan nyawaku sedikitpun, asal saja aku dapat mencapai garis akhir dan menyelesaikan pelayanan yang ditugaskan oleh Tuhan Yesus kepadaku untuk memberi kesaksian tentang Injil kasih karunia Allah.
25  Dan sekarang aku tahu, bahwa kamu tidak akan melihat mukaku lagi, kamu sekalian yang telah kukunjungi untuk memberitakan Kerajaan Allah.
26  Sebab itu pada hari ini aku bersaksi kepadamu, bahwa aku bersih, tidak bersalah terhadap siapapun yang akan binasa.
27  Sebab aku tidak lalai memberitakan seluruh maksud Allah kepadamu.
28  Karena itu jagalah dirimu dan jagalah seluruh kawanan, karena kamulah yang ditetapkan Roh Kudus menjadi penilik untuk menggembalakan jemaat Allah yang diperoleh-Nya dengan darah Anak-Nya sendiri.
29  Aku tahu, bahwa sesudah aku pergi, serigala-serigala yang ganas akan masuk ke tengah-tengah kamu dan tidak akan menyayangkan kawanan itu.
30  Bahkan dari antara kamu sendiri akan muncul beberapa orang, yang dengan ajaran palsu mereka berusaha menarik murid-murid dari jalan yang benar dan supaya mengikut mereka.
31  Sebab itu berjaga-jagalah dan ingatlah, bahwa aku tiga tahun lamanya, siang malam, dengan tiada berhenti-hentinya menasihati kamu masing-masing dengan mencucurkan air mata.
32  Dan sekarang aku menyerahkan kamu kepada Tuhan dan kepada firman kasih karunia-Nya, yang berkuasa membangun kamu dan menganugerahkan kepada kamu bagian yang ditentukan bagi semua orang yang telah dikuduskan-Nya.
33  Perak atau emas atau pakaian tidak pernah aku ingini dari siapapun juga.
34  Kamu sendiri tahu, bahwa dengan tanganku sendiri aku telah bekerja untuk memenuhi keperluanku dan keperluan kawan-kawan seperjalananku.
35  Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepada kamu, bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab Ia sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima."
36  Sesudah mengucapkan kata-kata itu Paulus berlutut dan berdoa bersama-sama dengan mereka semua.
37  Maka menangislah mereka semua tersedu-sedu dan sambil memeluk Paulus, mereka berulang-ulang mencium dia.
38  Mereka sangat berdukacita, terlebih-lebih karena ia katakan, bahwa mereka tidak akan melihat mukanya lagi. Lalu mereka mengantar dia ke kapal.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Lukas+21-22
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Lukas+21-22

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2022 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar