(e-RH) 10 Oktober -- 2 PETRUS 1:3-15 - IMAN SAJA TAK CUKUP?

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Senin, 10 Oktober 2022
Bacaan : 2 PETRUS 1:3-15
Setahun: Matius 23-24
Nats: Sebab apabila semuanya itu ada padamu dengan berlimpah-limpah, kamu akan dibuatnya giat dan berhasil dalam pengenalanmu akan Yesus Kristus, Tuhan kita. (2 Petrus 1:8)

Renungan:

IMAN SAJA TAK CUKUP?

Entah dari mana asalnya, hal pengenalan akan Allah kerap kali hanya diidentikkan dengan kondisi kehidupan rohani atau pertumbuhan iman seorang percaya. Hal ini tidak sepenuhnya salah, tetapi belum lengkap jika mencermati isi surat yang ditulis oleh Rasul Petrus. Suatu pesan yang diawali dengan nasihat agar setiap orang percaya dengan sungguh-sungguh berusaha menambahkan kepada iman mereka dengan tujuh perkara yang secara bersamaan perlu ditambahkan (ay. 5-7), jika menghendaki adanya pengenalan akan Allah yang berhasil.

Ketujuh perkara itu adalah kebajikan atau cara hidup yang baik. Namun, tak cukup hanya menambahkan kebajikan pada iman kita, tetapi perlu ditambah keenam perkara lainnya yakni menambah pengetahuan, penguasaan diri, ketekunan, kesalehan, kasih akan saudara seiman, dan kasih akan semua orang. Ketika itulah, kata Petrus, kehidupan kita akan dibuat giat dan berhasil dalam pengenalan akan Allah (ay. 8). Namun sayangnya, tak jarang orang percaya hanya berpuas diri ketika menaruh perhatian hanya pada kehidupan rohani (iman), sehingga lantas mengabaikan ketujuh perkara tadi yang seharusnya tidak boleh diabaikan!

Mari luangkan waktu sejenak untuk mengevaluasi hidup kita, terutama terkait ketujuh perkara yang perlu terus kita tambahkan dalam kehidupan kita selaku orang percaya. Jika sampai hari ini kita cenderung abai dengan ketujuh perkara di atas, mari segera berbenah selama masih ada kesempatan, niscaya pada masa mendatang kita akan dapat mengenal Allah dengan lebih baik lagi. --GHJ/www.renunganharian.net
   
DALAM MENGENAL KRISTUS, IMAN JUGA PERLU DILENGKAPI DENGAN PERKARA-PERKARA YANG MEMBANGUN JIWA DAN PIKIRAN KITA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2022/10/10/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?2+PETRUS+1:3-15

2 PETRUS 1:3-15

 3  Karena kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib.
 4  Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia.
 5  Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan,
 6  dan kepada pengetahuan penguasaan diri, kepada penguasaan diri ketekunan, dan kepada ketekunan kesalehan,
 7  dan kepada kesalehan kasih akan saudara-saudara, dan kepada kasih akan saudara-saudara kasih akan semua orang.
 8  Sebab apabila semuanya itu ada padamu dengan berlimpah-limpah, kamu akan dibuatnya menjadi giat dan berhasil dalam pengenalanmu akan Yesus Kristus, Tuhan kita.
 9  Tetapi barangsiapa tidak memiliki semuanya itu, ia menjadi buta dan picik, karena ia lupa, bahwa dosa-dosanya yang dahulu telah dihapuskan.
10  Karena itu, saudara-saudaraku, berusahalah sungguh-sungguh, supaya panggilan dan pilihanmu makin teguh. Sebab jikalau kamu melakukannya, kamu tidak akan pernah tersandung.
11  Dengan demikian kepada kamu akan dikaruniakan hak penuh untuk memasuki Kerajaan kekal, yaitu Kerajaan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus.
12  Karena itu aku senantiasa bermaksud mengingatkan kamu akan semuanya itu, sekalipun kamu telah mengetahuinya dan telah teguh dalam kebenaran yang telah kamu terima.
13  Aku menganggap sebagai kewajibanku untuk tetap mengingatkan kamu akan semuanya itu selama aku belum menanggalkan kemah tubuhku ini.
14  Sebab aku tahu, bahwa aku akan segera menanggalkan kemah tubuhku ini, sebagaimana yang telah diberitahukan kepadaku oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.
15  Tetapi aku akan berusaha, supaya juga sesudah kepergianku itu kamu selalu mengingat semuanya itu.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Matius+23-24
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Matius+23-24

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2022 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar