(e-SH) 28 September -- Wahyu 11:15-19 - Raja dan Hakim yang Adil

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Rabu, 28 September 2022
Ayat SH: Wahyu 11:15-19

Judul: Raja dan Hakim yang Adil

Dunia penuh dengan kekerasan, penindasan, penganiayaan, dan ketidakadilan. Hal itu bertolak belakang dengan harapan manusia yang menghendaki keadaan yang baik, aman, tenteram, dan damai. Dalam doa Bapa kami tertulis, "Datanglah Kerajaan-Mu". Permohonan itu berisi harapan hadirnya pemerintahan Allah yang kekal dan adil.

Penglihatan Yohanes dalam nas ini menjawab harapan gereja pada masa itu. Gereja mengalami penghambatan dan penganiayaan yang dilakukan oleh Kaisar Nero. Gereja juga menanti kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kalinya. Ada berita kemenangan yang dikumandangkan di surga, kerajaan-kerajaan dunia menjadi milik Allah, dan Kristus Yesus akan memerintah secara mutlak sebagai raja yang berkuasa untuk selama-lamanya (15).

Allah berkuasa atas dunia yang diciptakan-Nya, dan manusia diberi tanggung jawab untuk memerintah di dunia. Pada saatnya, kekuasaan manusia akan berakhir ketika diambil oleh Allah yang berkuasa mutlak atas pemerintahan dunia.

Yohanes mendorong Gereja agar percaya bahwa Yesus Kristus, yang diurapi menjadi raja, memerintah dengan adil. Yesus adalah hakim yang adil, yang menghakimi orang-orang mati dan yang hidup sesuai perbuatan mereka di dunia. Dalam keadilan-Nya, Ia memberikan upah kepada hamba-hamba-Nya, nabi-nabi, orang-orang kudus, mereka yang takut akan nama-Nya, orang-orang kecil, dan orang-orang besar. Ia akan menghukum orang-orang yang membinasakan bumi (18).

Segala ketidakadilan di dunia pasti berakhir, karena Dia yang adil akan datang memerintah dunia milik-Nya ini. Karena itu, berbuatlah adil, benar, setia, dan taat. Ingatlah bahwa Dia yang adil akan datang.

Memang tak bisa dipungkiri, bisa saja ada ketidakadilan dalam kepemimpinan yang menyebabkan kesedihan pada mereka yang dipimpin. Segala ketidakadilan harus dipertanggungjawabkan kepada Allah yang adil. Jadi, mohonlah kepada Tuhan agar kita mampu berlaku adil kepada sesama, mulai dari keluarga hingga ke lingkungan kerja kita. [EMR]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2022/09/28/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Wahyu+11:15-19
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Wahyu+11:15-19

Wahyu 11:15-19

15  Lalu malaikat yang ketujuh meniup sangkakalanya, dan terdengarlah suara-suara nyaring di dalam sorga, katanya: "Pemerintahan atas dunia dipegang oleh Tuhan kita dan Dia yang diurapi-Nya, dan Ia akan memerintah sebagai raja sampai selama-lamanya."
16  Dan kedua puluh empat tua-tua, yang duduk di hadapan Allah di atas takhta mereka, tersungkur dan menyembah Allah,
17  sambil berkata: "Kami mengucap syukur kepada-Mu, ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa, yang ada dan yang sudah ada, karena Engkau telah memangku kuasa-Mu yang besar dan telah mulai memerintah sebagai raja
18  dan semua bangsa telah marah, tetapi amarah-Mu telah datang dan saat bagi orang-orang mati untuk dihakimi dan untuk memberi upah kepada hamba-hamba-Mu, nabi-nabi dan orang-orang kudus dan kepada mereka yang takut akan nama-Mu, kepada orang-orang kecil dan orang-orang besar dan untuk membinasakan barangsiapa yang membinasakan bumi."
19  Maka terbukalah Bait Suci Allah yang di sorga, dan kelihatanlah tabut perjanjian-Nya di dalam Bait Suci itu dan terjadilah kilat dan deru guruh dan gempa bumi dan hujan es lebat.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar