(e-SH) 20 September -- Wahyu 7:1-8 - Perang Kosmis di Tengah Dunia

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Selasa, 20 September 2022
Ayat SH: Wahyu 7:1-8

Judul: Perang Kosmis di Tengah Dunia

Pembaca kisah Wahyu memang harus bergulat dengan berbagai simbol dan maknanya. Membacanya secara harfiah mungkin malah menimbulkan ketakutan dan salah paham.

Angka empat dan angka tujuh sering muncul dalam Kitab Wahyu. Tujuh menunjukkan kesempurnaan, sedangkan angka empat mewakili dunia ini. Kisah Wahyu bercerita tentang pertarungan kosmis yang melanda dunia-Malaikat yang muncul dari "empat" penjuru bumi (1-2) dan sebuah "meterai" yang dibuka untuk mengungkap pesan dari Allah. Wahyu pasal 7 merupakan bagian yang disisipkan sebelum diungkapnya gulungan kitab disertai dengan pembukaan meterai ke tujuh dan tujuh sangkakala.

Angka 144.000 mewakili kepenuhan pasukan Israel (4-8), karena merupakan kombinasi dari angka 12 yang mewakili seluruh suku Israel dikalikan dengan 12 ribu. Dalam masyarakat kuno, perhitungan sensus sering terkait dengan kekuatan pasukan. Kisah Wahyu ini mengungkap peperangan kosmis, yang membawakan harapan pembebasan Israel dalam Kerajaan Mesias keturunan Daud.

Meterai (2-5) dalam kerajaan kuno adalah tanda kedaulatan seorang raja atas milik kepunyaan-Nya. Yohanes melukiskan perang kosmis yang dialami jemaat mula-mula di tengah berbagai penderitaan dan penindasan. Visi Yohanes menunjuk pada perlindungan sempurna Allah pada umat-Nya.

Hari ini pun kita masih mengalami pertarungan yang sama. Ada peperangan rohani di balik semua tren dan gejolak dunia. Umat Tuhan di "empat" penjuru bumi masih berjuang mengatasi tantangan iman yang kuat dan sanggup menggoncang iman dengan berbagai kesulitan hidup. Namun, Tuhan tetap setia melindungi umat yang menyandang meterai-Nya. Umat inilah yang menjadi pasukan saksi kehadiran kerajaan-Nya di tengah berbagai kesulitan dunia, membawa kasih, damai, dan sukacita di tengah dunia yang dirundung penyakit, kekejaman, dan air mata.

Peperangan yang kita hadapi bukanlah perang yang sanggup dimenangkan oleh darah dan daging. Mari berharap pada perlindungan dan pertolongan Tuhan hari ini. [IHM]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2022/09/20/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Wahyu+7:1-8
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Wahyu+7:1-8

Wahyu 7:1-8

 1  Kemudian dari pada itu aku melihat empat malaikat berdiri pada keempat penjuru bumi dan mereka menahan keempat angin bumi, supaya jangan ada angin bertiup di darat, atau di laut atau di pohon-pohon.
 2  Dan aku melihat seorang malaikat lain muncul dari tempat matahari terbit. Ia membawa meterai Allah yang hidup; dan ia berseru dengan suara nyaring kepada keempat malaikat yang ditugaskan untuk merusakkan bumi dan laut,
 3  katanya: "Janganlah merusakkan bumi atau laut atau pohon-pohon sebelum kami memeteraikan hamba-hamba Allah kami pada dahi mereka!"
 4  Dan aku mendengar jumlah mereka yang dimeteraikan itu: seratus empat puluh empat ribu yang telah dimeteraikan dari semua suku keturunan Israel.
 5  Dari suku Yehuda dua belas ribu yang dimeteraikan, dari suku Ruben dua belas ribu, dari suku Gad dua belas ribu,
 6  dari suku Asyer dua belas ribu, dari suku Naftali dua belas ribu, dari suku Manasye dua belas ribu,
 7  dari suku Simeon dua belas ribu, dari suku Lewi dua belas ribu, dari suku Isakhar dua belas ribu,
 8  dari suku Zebulon dua belas ribu, dari suku Yusuf dua belas ribu, dari suku Benyamin dua belas ribu.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar