(e-RH) 12 Juli -- 1 RAJA-RAJA 10:14-29 - MENGELOLA KEKAYAAN

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Selasa, 12 Juli 2022
Bacaan : 1 RAJA-RAJA 10:14-29
Setahun: Mazmur 101-105
Nats: Adapun emas, yang dibawa kepada Salomo dalam satu tahun ialah seberat enam ratus enam puluh enam talenta. (1 Raja-raja 10:14)

Renungan:

MENGELOLA KEKAYAAN

Salomo mewarisi takhta yang kokoh dari ayahnya, Daud, serta berbagai kelimpahan materi. Saat itu, musuh-musuh Israel telah takluk dan mereka harus membayar upeti. Tak ada ancaman berarti, sehingga ia dapat membangun Bait Allah. Selain itu, ia juga menjalankan berbagai bisnis, khususnya di bidang perdagangan dan perkapalan. Pendapatannya per tahun ialah sebesar 666 talenta emas, yakni sekitar 22, 6 ton. Itu belum hasil usaha lainnya. Tak heran bahwa saat itu "banyaknya perak di Yerusalem sama seperti batu" (ay. 27).

Lalu, bagaimana Salomo mengelola kekayaan itu? Selain digunakan untuk kepentingan pribadi dan untuk istananya, emas-emas itu digunakan untuk membangun Bait Allah serta berbagai perkakasnya. Juga digunakan untuk kesejahteraan seluruh penduduk Israel (1Raj. 4:25). Namun sayangnya, sikap hati yang lurus itu tidak berlangsung seterusnya. Ketika ia menyimpang dari ketetapan Allah dengan mengawini banyak perempuan asing, kekayaannya juga terkuras untuk membiayai hidup seribu istri (1Raj. 11:3). Nantinya, ia hanya mewariskan kerajaan yang keropos kepada anaknya, beserta pajak tinggi yang dibebankan kepada rakyat. Itulah penyebab pecahnya kerajaan Israel menjadi dua.

Harta kekayaan-seberapa pun banyaknya-pasti akan habis jika tidak dikelola secara bijak, yakni jika hidup boros, berfoya-foya, serta tidak memikirkan masa depan. Semuanya bermula di saat hidup kita tak lagi selaras dengan firman Tuhan. Karenanya, hendaknya kita terus berpaut kepada-Nya, agar kita melangkah dengan benar, termasuk dalam mengelola harta milik kita. --HT/www.renunganharian.net
   
BAHKAN GUNUNG EMAS PUN AKAN TANDAS TANPA BEKAS, JIKA KITA TIDAK MENGELOLANYA DENGAN CERDAS.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2022/07/12/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?1+RAJA-RAJA+10:14-29

1 RAJA-RAJA 10:14-29

14  Adapun emas, yang dibawa kepada Salomo dalam satu tahun ialah seberat enam ratus enam puluh enam talenta,
15  belum terhitung yang didapat dari saudagar-saudagar dan dari pedagang-pedagang dan dari semua raja Arab dan bupati-bupati di negeri itu.
16  Raja Salomo membuat dua ratus perisai besar dari emas tempaan, enam ratus syikal emas dipakainya untuk setiap perisai besar;
17  ia membuat juga tiga ratus perisai kecil dari emas tempaan, tiga mina emas dipakainya untuk setiap perisai kecil; lalu raja menaruh semuanya itu di dalam gedung "Hutan Libanon".
18  Juga raja membuat takhta besar dari gading, yang disalutnya dengan emas tua.
19  Takhta itu enam tingkatnya; pada takhta itu ada di sebelah belakang sebuah kepala bundar, dan pada kedua sisi tempat duduk ada kelek-kelek. Di samping kelek-kelek itu berdiri dua singa,
20  sedang dua belas singa berdiri di atas keenam tingkat itu sebelah-menyebelah; belum pernah diperbuat yang demikian bagi sesuatu kerajaan.
21  Segala perkakas minuman raja Salomo dari emas dan segala barang di gedung "Hutan Libanon" itu dari emas murni; tidak ada barang perak, sebab orang menganggap perak tidak berharga pada zaman Salomo.
22  Sebab di laut raja mempunyai kapal-kapal Tarsis bergabung dengan kapal-kapal Hiram; dan sekali tiga tahun kapal-kapal Tarsis itu datang membawa emas dan perak serta gading; juga kera dan burung merak.
23  Raja Salomo melebihi semua raja di bumi dalam hal kekayaan dan hikmat.
24  Seluruh bumi berikhtiar menghadap Salomo untuk menyaksikan hikmat yang telah ditaruh Allah di dalam hatinya.
25  Mereka datang masing-masing membawa persembahannya, yakni barang-barang perak dan barang-barang emas, pakaian, senjata, rempah-rempah, kuda dan bagal, dan begitulah tahun demi tahun.
26  Salomo mengumpulkan juga kereta dan orang berkuda, sehingga ia mempunyai seribu empat ratus kereta dan dua belas ribu orang berkuda, yang semuanya ditempatkan dalam kota-kota kereta dan dekat raja di Yerusalem.
27  Raja membuat banyaknya perak di Yerusalem sama seperti batu, dan banyaknya pohon kayu aras sama seperti pohon ara yang tumbuh di Daerah Bukit.
28  Kuda untuk Salomo didatangkan dari Misraim dan dari Kewe; saudagar-saudagar raja membelinya dari Kewe dengan harga pasar.
29  Sebuah kereta yang didatangkan dari Misraim berharga sampai enam ratus syikal perak, dan seekor kuda sampai seratus lima puluh syikal; dan begitu juga melalui mereka dikeluarkan semuanya itu kepada semua raja orang Het dan kepada raja-raja Aram.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Mazmur+101-105
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Mazmur+101-105

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2022 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar