(e-SH) 23 Juni -- Roma 3:1-8 - Jangan Anggap Remeh

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Kamis, 23 Juni 2022
Ayat SH: Roma 3:1-8

Judul: Jangan Anggap Remeh

Orang Yahudi memiliki hak istimewa untuk menjadi umat pilihan Tuhan. Mereka memiliki hukum Taurat, dan lewat garis keturunan mereka, Yesus Kristus, Sang Juru Selamat lahir. Namun, semua itu bukan berarti mereka lebih unggul daripada bangsa-bangsa lain. Sebaliknya, mereka memiliki tanggung jawab yang lebih besar untuk hidup seturut dengan kehendak Tuhan.

Paulus menasihatkan agar orang Yahudi menyadari tanggung jawab mereka sebagai umat pilihan Tuhan. Sebab, saat itu banyak orang Yahudi yang berpikir: karena mereka adalah umat Tuhan dan keturunan Abraham, mereka menjadi spesial dalam penghakiman. Mereka berpikir bahwa Allah itu pengampun, penuh kasih, dan hanya akan menghukum orang-orang bukan Yahudi. Maka, banyak di antara mereka yang berpikir bahwa tidak apa-apa berbuat dosa sebab Tuhan pasti akan mengampuni mereka (7-8).

Pemikiran ini sangatlah sesat. Melalui bagian ini Paulus mengingatkan bahwa Tuhan itu adil bagi semua. Justru mereka yang adalah umat Tuhan dituntut lebih karena mereka telah mengenal kebenaran. Dengan demikian, tidak ada alasan bagi mereka untuk membenarkan dosa yang mereka lakukan (8b).

Hari ini tidak jarang orang Kristen berpikir: "Karena saya sudah Kristen, saya bebas berbuat apa saja yang saya mau. Nanti pada hari Minggu saya akan mengaku dosa, dan Tuhan pasti mengampuni saya." Pemikiran demikian jelas salah dan sesat. Memang benar bahwa Tuhan adalah pengampun dan penuh kasih, tetapi Ia tidak akan membiarkan diri-Nya dipermainkan. Mereka yang meremehkan anugerah keselamatan akan menerima konsekuensinya.

Mari kita mengevaluasi hidup kita dan bertanya, "Sudahkah saya sungguh-sungguh mengasihi Tuhan, ataukah saya menjadi orang Kristen ala kadarnya?" Mereka yang sungguh-sungguh mengasihi Tuhan tidak akan menganggap remeh keselamatan. Justru mereka akan berusaha hidup menuruti firman Tuhan untuk menyenangkan-Nya. Kiranya setiap kita menjadi orang-orang yang sungguh-sungguh menghormati Tuhan dan menghargai anugerah keselamatan-Nya. [STG]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2022/06/23/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Roma+3:1-8
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Roma+3:1-8

Roma 3:1-8

 1  Jika demikian, apakah kelebihan orang Yahudi dan apakah gunanya sunat?
 2  Banyak sekali, dan di dalam segala hal. Pertama-tama: sebab kepada merekalah dipercayakan firman Allah.
 3  Jadi bagaimana, jika di antara mereka ada yang tidak setia, dapatkah ketidaksetiaan itu membatalkan kesetiaan Allah?
 4  Sekali-kali tidak! Sebaliknya: Allah adalah benar, dan semua manusia pembohong, seperti ada tertulis: "Supaya Engkau ternyata benar dalam segala firman-Mu, dan menang, jika Engkau dihakimi."
 5  Tetapi jika ketidakbenaran kita menunjukkan kebenaran Allah, apakah yang akan kita katakan? Tidak adilkah Allah--aku berkata sebagai manusia--jika Ia menampakkan murka-Nya?
 6  Sekali-kali tidak! Andaikata demikian, bagaimanakah Allah dapat menghakimi dunia?
 7  Tetapi jika kebenaran Allah oleh dustaku semakin melimpah bagi kemuliaan-Nya, mengapa aku masih dihakimi lagi sebagai orang berdosa?
 8  Bukankah tidak benar fitnahan orang yang mengatakan, bahwa kita berkata: "Marilah kita berbuat yang jahat, supaya yang baik timbul dari padanya." Orang semacam itu sudah selayaknya mendapat hukuman.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar