(e-SH) 12 Juni -- Yudas 1:1-7 - Akibat Mengubah Anugerah

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Minggu, 12 Juni 2022
Ayat SH: Yudas 1:1-7

Judul: Akibat Mengubah Anugerah

Alkitab dengan jelas menyatakan bahwa keselamatan adalah anugerah (Ef. 2:8-9). Itu sepenuhnya adalah pekerjaan dan pemberian Allah. Itulah yang ditegaskan Yudas ketika menyebut penerima suratnya sebagai orang-orang "yang terpanggil, yang dikasihi dalam Allah Bapa, dan yang dipelihara untuk Yesus Kristus" (1, bdk. Yes. 42:6; 43:4; 49:8).

Sekalipun keselamatan adalah pemberian Allah, ada orang-orang yang mengubahnya. Alih-alih menggunakan anugerah untuk menjalani keselamatan, orang-orang ini "menyalahgunakan" (BIMK: "memutarbalikkan") kasih karunia Allah untuk melampiaskan hawa nafsu (4). Merekalah yang disebut sebagai orang-orang fasik yang menyangkal Yesus Kristus.

Terhadap orang-orang ini, ada satu hal yang pasti, yaitu hukuman Allah. Mereka akan dihukum seperti Allah menghukum Israel karena ketidakpercayaan mereka (5, bdk. Bil. 13:1-14:45); seperti Allah menghukum malaikat-malaikat karena tidak puas dengan kewenangan yang diberikan Allah (6); seperti Allah menghukum Sodom dan Gomora karena percabulan dan kepuasan yang tak wajar (7)-sekalipun tanahnya baik seperti taman Tuhan (Kej. 13:10), keindahan itu akan dihancurkan (bdk. Kej. 19:24-29).

Tiga penggambaran di atas menunjukkan bahwa penyelamatan (Israel), keistimewaan (malaikat), dan kesejahteraan (Sodom dan Gomora) dapat berubah menjadi kematian, kebinasaan, dan pemusnahan apabila umat bertindak melampaui batas yang diberikan. Demikianlah yang terjadi kepada umat Allah di PB yang tidak percaya kepada Yesus, hidup sekenanya, dan memuaskan hawa nafsu mereka. Hukuman pasti dialami orang yang memandang enteng anugerah Allah.

Oleh karena itu, bertobatlah jika hari-hari ini kita hanya memuaskan keinginan daging. Bertekadlah untuk tidak hidup sekenanya, melainkan hidup dengan menghargai anugerah Allah dan menghormati Allah. Anugerah diberikan Allah agar kita selamat dari dosa dan mampu hidup bagi Dia, bukan sebagai izin untuk melakukan dosa. [JMH]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2022/06/12/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yudas+1:1-7
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yudas+1:1-7

Yudas 1:1-7

 1  Dari Yudas, hamba Yesus Kristus dan saudara Yakobus, kepada mereka, yang terpanggil, yang dikasihi dalam Allah Bapa, dan yang dipelihara untuk Yesus Kristus.
 2  Rahmat, damai sejahtera dan kasih kiranya melimpahi kamu.
 3  Saudara-saudaraku yang kekasih, sementara aku bersungguh-sungguh berusaha menulis kepada kamu tentang keselamatan kita bersama, aku merasa terdorong untuk menulis ini kepada kamu dan menasihati kamu, supaya kamu tetap berjuang untuk mempertahankan iman yang telah disampaikan kepada orang-orang kudus.
 4  Sebab ternyata ada orang tertentu yang telah masuk menyelusup di tengah-tengah kamu, yaitu orang-orang yang telah lama ditentukan untuk dihukum. Mereka adalah orang-orang yang fasik, yang menyalahgunakan kasih karunia Allah kita untuk melampiaskan hawa nafsu mereka, dan yang menyangkal satu-satunya Penguasa dan Tuhan kita, Yesus Kristus.
 5  Tetapi, sekalipun kamu telah mengetahui semuanya itu dan tidak meragukannya lagi, aku ingin mengingatkan kamu bahwa memang Tuhan menyelamatkan umat-Nya dari tanah Mesir, namun sekali lagi membinasakan mereka yang tidak percaya.
 6  Dan bahwa Ia menahan malaikat-malaikat yang tidak taat pada batas-batas kekuasaan mereka, tetapi yang meninggalkan tempat kediaman mereka, dengan belenggu abadi di dalam dunia kekelaman sampai penghakiman pada hari besar,
 7  sama seperti Sodom dan Gomora dan kota-kota sekitarnya, yang dengan cara yang sama melakukan percabulan dan mengejar kepuasan-kepuasan yang tak wajar, telah menanggung siksaan api kekal sebagai peringatan kepada semua orang.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar