(e-SH) 15 Mei -- Yeremia 34:1-7 - Allah yang Menghukum Umat-Nya

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Minggu, 15 Mei 2022
Ayat SH: Yeremia 34:1-7

Judul: Allah yang Menghukum Umat-Nya

Allah disebut Yang Mahakuasa, berarti tidak ada sesuatu pun dapat terjadi tanpa dikehendaki Allah. Karena itu, ketika umat Tuhan dihancurkan, itu pasti karena Allah menyerahkan umat-Nya untuk dihancurkan.

Nebukadnezar, raja Babel, dengan segala tentaranya telah mengepung Yerusalem (1). Yeremia menyampaikan kepada Raja Zedekia firman Tuhan yang menyatakan: "Sesungguhnya, Aku menyerahkan kota ini ke dalam tangan raja Babel, supaya dihanguskannya dengan api" (2). Tuhan juga menyatakan bahwa Raja Zedekia sendiri akan dibuang ke Babel (3-4).

Dalam dunia kuno, ketika dua bangsa berperang, yang dianggap berperang adalah allah-allahnya. Dengan demikian, ketika Babel dapat menghancurkan Yehuda, dunia kuno akan menganggap bahwa allah-allah Babel lebih hebat dan telah mengalahkan Allah Israel. Karena itu, Allah dengan tegas menyatakan bahwa kehancuran Yehuda bukan karena Ia sudah kalah dengan allah-allah Babel, melainkan karena Ia sendiri menyerahkan Yerusalem dan Yehuda ke tangan raja Babel.

Dengan demikian, kita bisa dengan jelas melihat bahwa jika umat Tuhan dapat dihancurkan, itu adalah karena Allah kita Yang Mahakuasa yang menyerahkan umat-Nya untuk dikalahkan dan dihancurkan oleh musuh.

Kenapa Allah melakukan hal seperti itu? Alasannya karena Allah kita adalah Allah yang adil dan kudus, yang akan menghukum umat-Nya jika mereka terus berkancah dalam dosa dan tidak mau bertobat.

Ketika kita menghadapi banyak serangan dari sana-sini, berhati-hatilah! Semua serangan itu terjadi karena Tuhan membiarkan dan mengizinkannya. Memang semua kesulitan dapat terjadi sebagai pembentukan Tuhan, tetapi itu juga bisa terjadi karena Tuhan sedang murka dan menghukum kita. Karena itu, ketika kita mendapat serangan, kita juga perlu bertanya kepada Tuhan: "Mengapa Ia mengizinkan semuanya itu terjadi?"

Berdoalah kepada-Nya: "Bapa, tolong berikanlah aku kepekaan supaya jangan sampai aku berkancah dalam dosa dan harus dihukum." [INT]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2022/05/15/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yeremia+34:1-7
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yeremia+34:1-7

Yeremia 34:1-7

 1  Firman yang datang dari TUHAN kepada Yeremia, ketika Nebukadnezar, raja Babel, dan segala tentaranya, segala kerajaan di bumi yang dibawah pemerintahannya, dan segala bangsa berperang melawan Yerusalem dan segala kotanya:
 2  "Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Pergilah berbicara kepada Zedekia, raja Yehuda, katakan kepadanya: Beginilah firman TUHAN: Sesungguhnya, Aku menyerahkan kota ini ke dalam tangan raja Babel, supaya dihanguskannya dengan api.
 3  Dan engkau sendiri tidak akan luput dari tangannya, melainkan akan pasti tertangkap dan diserahkan ke dalam tangannya; engkau akan melihat raja Babel mata berhadapan mata dan ia akan berbicara dengan engkau mulut berhadapan mulut. Kemudian engkau akan pergi ke Babel.
 4  Namun demikian, dengarlah firman TUHAN, hai Zedekia, raja Yehuda, beginilah firman TUHAN mengenai engkau: engkau tidak akan mati oleh pedang!
 5  Engkau akan mati dengan damai. Dan sebagaimana dinyalakan api untuk menghormati bapa-bapa leluhurmu, raja-raja dahulu, yang hidup sebelum engkau, demikianlah orang akan menyalakan api untuk menghormati engkau, dan akan meratapi engkau dengan berkata: Aduhai, tuan! Sungguh, Akulah yang mengucapkan firman ini, demikianlah firman TUHAN."
 6  Nabi Yeremia menyampaikan segala perkataan ini kepada Zedekia, raja Yehuda, di Yerusalem,
 7  ketika tentara raja Babel berperang melawan Yerusalem dan segala kota Yehuda yang masih tinggal, yaitu Lakhis dan Aseka, sebab kota-kota itulah yang masih tinggal di antara kota-kota Yehuda sebagai kota-kota yang berkubu.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar