(e-RH) 15 Mei -- 1 KORINTUS 6:12-20 - PENYEGARAN DIRI

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Minggu, 15 Mei 2022
Bacaan : 1 KORINTUS 6:12-20
Setahun: 1 Tawarikh 11-13
Nats: Atau tidak tahukah kamu bahwa tubuh kamu semua adalah bait Roh Kudus yang tinggal di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah-dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? (1 Korintus 6:19)

Renungan:

PENYEGARAN DIRI

Kita mungkin kerap mendengar berita adanya penangkapan orang terkenal karena terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. Beberapa nama yang diberitakan mungkin membuat orang terkejut, karena selama ini dikenal baik dan santun. Nah, alasan yang saya cermati kerap muncul setiap kali ada berita semacam ini adalah: mereka menggunakan obat terlarang sebagai pelarian karena tekanan atau masalah hidup. Tujuan awal mereka mungkin hendak menenangkan diri atau melupakan masalah untuk sesaat, tetapi akhirnya mereka justru terjerat oleh obat terlarang itu.

Tak ada salahnya jika di tengah kepenatan dan tekanan hidup, kita berupaya untuk menenangkan diri, relaksasi, atau menghibur diri. Namun, jangan sampai upaya kita untuk penyegaran diri malah mendatangkan masalah atau membuat keadaan kita lebih buruk. Kita ingat ada nasihat firman Tuhan mengenai hikmat untuk memilih aktivitas yang berguna dan membangun, di tengah segala sesuatu yang diperbolehkan untuk dipilih (1Kor. 10:23). Kita dapat menambahkan dengan nas renungan hari ini, mengenai tubuh kita sebagai bait Roh Kudus yang hendaknya tidak dipakai untuk melakukan hal-hal yang dapat berpotensi merusak diri, menjerat, atau menyebabkan kecanduan yang akan sukar untuk diatasi.

Dua nasihat firman Tuhan di atas dapat kita jadikan pedoman setiap kali hendak mencari kegiatan yang bersifat relaksasi atau penyegaran diri. Memang sebagai anak Tuhan tidak semua kesenangan hidup boleh kita nikmati begitu saja, karena sebagai umat tebusan, sejatinya kita adalah milik-Nya. --GHJ/www.renunganharian.net
   
BAGI UMAT TUHAN, TIDAK SEMUA KESENANGAN HIDUP DIIZINKAN-NYA UNTUK KITA NIKMATI.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2022/05/15/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?1+KORINTUS+6:12-20

1 KORINTUS 6:12-20

12  Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apapun.
13  Makanan adalah untuk perut dan perut untuk makanan: tetapi kedua-duanya akan dibinasakan Allah. Tetapi tubuh bukanlah untuk percabulan, melainkan untuk Tuhan, dan Tuhan untuk tubuh.
14  Allah, yang membangkitkan Tuhan, akan membangkitkan kita juga oleh kuasa-Nya.
15  Tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah anggota Kristus? Akan kuambilkah anggota Kristus untuk menyerahkannya kepada percabulan? Sekali-kali tidak!
16  Atau tidak tahukah kamu, bahwa siapa yang mengikatkan dirinya pada perempuan cabul, menjadi satu tubuh dengan dia? Sebab, demikianlah kata nas: "Keduanya akan menjadi satu daging."
17  Tetapi siapa yang mengikatkan dirinya pada Tuhan, menjadi satu roh dengan Dia.
18  Jauhkanlah dirimu dari percabulan! Setiap dosa lain yang dilakukan manusia, terjadi di luar dirinya. Tetapi orang yang melakukan percabulan berdosa terhadap dirinya sendiri.
19  Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, --dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?
20  Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?1+Tawarikh+11-13
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/1+Tawarikh+11-13

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2022 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar