(e-SH) 24 April -- 1 Tesalonika 2:13-20 - Dibabat Malah Merambat

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Minggu, 24 April 2022
Ayat SH: 1 Tesalonika 2:13-20

Judul: Dibabat Malah Merambat

Jika di antara kita ada yang pernah menanam pohon jeruk, kita pasti tahu, agar pohon jeruk itu bisa menghasilkan banyak buah, daun-daun dan dahan-dahannya harus sering dipotong. Kekristenan juga seperti itu. Ada banyak kesaksian tentang gereja bawah tanah di Tiongkok. Orang-orang Kristen di sana justru bisa menghabiskan waktu 12 jam sehari untuk mempelajari Alkitab dengan penuh gairah. Ini adalah paradoks: makin sulit, malah makin bertumbuh. Inilah keajaiban Injil.

Paulus mengalami sendiri keajaiban itu. Dia mengatakan bagaimana orang-orang Yahudi telah membunuh Tuhan Yesus serta para nabi. Bahkan Paulus sendiri mengalami berbagai penganiayaan (15). Semua hal itu dilakukan untuk menghambat pemberitaan Injil (16). Akan tetapi, semua tindakan itu tidak menghentikan penyebaran Injil.

Bahkan Paulus sangat bersyukur karena meskipun menderita, jemaat Tesalonika begitu setia di dalam Allah (13-14). Hal ini membuat Paulus sangat bersukacita. Pemberitaan Injil telah membuahkan hasil. Bahkan ia menyebut jemaat sebagai kemuliaan dan sukacitanya (19-20).

Dalam sejarah kekristenan, kita dapat melihat dengan jelas bagaimana kekristenan justru menyebar dengan cepat ketika berada dalam penganiayaan. Makin sulit keadaan, makin kokoh iman orang Kristen. Sebaliknya, ketika berada dalam zona nyaman, kekristenan menjadi suam-suam kuku dan berkompromi dengan dosa.

Allah menguji umat-Nya melalui berbagai kesulitan. Semua itu demi kenaikan kelas anak-anak-Nya. Yakobus mengatakan: "Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan" (Yak. 1:2-3).

Jangan jadikan kesulitan sebagai alasan untuk meninggalkan iman. Sebaliknya, jadikanlah penderitaan sebagai sarana pertumbuhan iman. Apalagi, jika itu karena status kita sebagai orang Kristen. Kita bisa menjadikannya kesempatan agar Injil diberitakan. Sejarah telah membuktikan: ketika Injil makin dibabat, malah makin merambat. [YGM]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2022/04/24/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?1+Tesalonika+2:13-20
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/1+Tesalonika+2:13-20

1 Tesalonika 2:13-20

13  Dan karena itulah kami tidak putus-putusnya mengucap syukur juga kepada Allah, sebab kamu telah menerima firman Allah yang kami beritakan itu, bukan sebagai perkataan manusia, tetapi--dan memang sungguh-sungguh demikian--sebagai firman Allah, yang bekerja juga di dalam kamu yang percaya.
14  Sebab kamu, saudara-saudara, telah menjadi penurut jemaat-jemaat Allah di Yudea, jemaat-jemaat di dalam Kristus Yesus, karena kamu juga telah menderita dari teman-teman sebangsamu segala sesuatu yang mereka derita dari orang-orang Yahudi.
15  Bahkan orang-orang Yahudi itu telah membunuh Tuhan Yesus dan para nabi dan telah menganiaya kami. Apa yang berkenan kepada Allah tidak mereka pedulikan dan semua manusia mereka musuhi,
16  karena mereka mau menghalang-halangi kami memberitakan firman kepada bangsa-bangsa lain untuk keselamatan mereka. Demikianlah mereka terus-menerus menambah dosa mereka sampai genap jumlahnya dan sekarang murka telah menimpa mereka sepenuh-penuhnya.
17  Tetapi kami, saudara-saudara, yang seketika terpisah dari kamu, jauh di mata, tetapi tidak jauh di hati, sungguh-sungguh, dengan rindu yang besar, telah berusaha untuk datang menjenguk kamu.
18  Sebab kami telah berniat untuk datang kepada kamu--aku, Paulus, malahan lebih dari sekali--,tetapi Iblis telah mencegah kami.
19  Sebab siapakah pengharapan kami atau sukacita kami atau mahkota kemegahan kami di hadapan Yesus, Tuhan kita, pada waktu kedatangan-Nya, kalau bukan kamu?
20  Sungguh, kamulah kemuliaan kami dan sukacita kami.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar