(e-SH) 1 April -- Mazmur 23 - Raja yang Memelihara Kita

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Jumat, 1 April 2022
Ayat SH: Mazmur 23

Judul: Raja yang Memelihara Kita

Gembala dalam konsep Perjanjian Lama juga ditujukan kepada raja. Dengan demikian, kita perlu melihat Daud sedang memuji Tuhan yang adalah Rajanya sebagai Raja yang memelihara segala aspek kehidupannya.

Domba dapat dikatakan sebagai binatang yang lemah dan tak berdaya yang tidak dapat hidup tanpa gembalanya. Karena itu, sang gembala harus melakukan banyak hal bagi dombanya. Seorang gembala yang baik akan memberikan ketenangan (2), pemulihan (3a), tuntunan (3b), perlindungan (4), kebutuhan sehari-hari (5a), kesembuhan (5b), kenikmatan, dan kepuasan (6) kepada domba-dombanya. Sebagai respons, domba akan mengenali suara gembalanya, sehingga domba dapat mengikuti ke mana pun gembalanya pergi.

Sama seperti seorang gembala yang memenuhi segala kebutuhan dombanya, Tuhan sebagai Raja kita juga memenuhi segala kebutuhan kita. Ia memberi kita ketenangan di tengah kesulitan hidup, pemulihan ketika jiwa kita letih, serta tuntunan dalam kebingungan kita. Tuhan juga melindungi kita dari segala bahaya. Ia juga menyediakan makanan kita sehari-hari, dan memberi kita kesembuhan dari penyakit. Intinya, Tuhan sebagai Raja memberikan pemeliharaan supaya kita dapat menjalani kehidupan yang penuh dengan tantangan ini. Karena itu, selayaknya domba, kita harus mengenal suara Tuhan yang adalah Raja kita agar kita dapat mengikuti-Nya.

Alkitab mengajarkan bahwa anugerah Tuhan tidak menghilangkan tanggung jawab manusia. Karena itu, kita harus bisa mengenali suara Tuhan yang memelihara dan menuntun kita supaya kita dapat hidup menjalankan pekerjaan-pekerjaan baik yang sudah Allah persiapkan sebelumnya (lih. Ef. 2:10).

Dengan demikian, ketika kita menjumpai kesulitan dan mara bahaya sekalipun, kita tidak perlu takut. Raja kita akan memberi kita ketenangan, pemulihan, tuntunan, perlindungan, dan penyertaan-Nya. Marilah kita hidup dengan penuh rasa syukur karena kita memiliki Raja yang memelihara kita dengan begitu luar biasa. [INT]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2022/04/01/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Mazmur+23
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Mazmur+23

Mazmur 23

 1  Mazmur Daud. TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.
 2  Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang;
 3  Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya.
 4  Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.
 5  Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah.
 6  Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar