(e-SH) 26 Januari -- Yeremia 5:1-9 - Tidak Tahu Berterima Kasih

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Rabu, 26 Januari 2022
Ayat SH: Yeremia 5:1-9

Judul: Tidak Tahu Berterima Kasih

Allah Israel adalah Allah Yang Maha Pengampun. Kenyataan ini kita dapati sejak peristiwa kejatuhan manusia (lih. Kej. 3). Namun, Allah juga mahaadil sekaligus mahakasih. Kedua sifat itu kita temukan dalam peristiwa penghakiman atas Sodom; Allah berdialog dengan Abraham tentang jumlah orang benar yang ada di sana (lih. Kej. 18:32).

Tuhan mengutus Yeremia untuk mencari satu orang benar di Yerusalem (1). Yeremia siap melakukannya (4), tetapi ia menghadapi kenyataan yang menggelisahkan hatinya. Dalam penilaian Allah, betapa manusia siap untuk bersumpah palsu (2) dan tidak mau bertobat kepada-Nya (3).

Allah bermaksud mendidik umat-Nya. Kata perzinaan yang tertulis dalam nubuatan Yeremia menggambarkan pemberontakan manusia terhadap Allah. Sebab, hakikat penyembahan berhala adalah perzinaan terhadap Allah yang sejati (7-9). Perikop ini mengingatkan kita kepada keadilan Allah yang tidak pilih-pilih maupun berat sebelah. Allah memberikan penghakiman secara adil, masing-masing menurut sikap umat terhadap Allah.

Dunia saat ini bergulat dengan pertanyaan tentang kasih dan keadilan Allah. Di tengah hantaman pandemi, dunia menjadi tidak berdaya. Meskipun berhadapan dengan ketidakberdayaan, kita tidak boleh melupakan Allah. Sebab, Dia yang menciptakan dunia ini, Dia yang memelihara semesta, Dia juga yang mengenali setiap hati dan diri manusia.

Allah mencari pribadi-pribadi yang siap mengakui kebenaran-Nya dan melakukan keadilan menurut kriteria yang telah ditentukan-Nya. Inilah anugerah; sesungguhnya Allah berkenan memberikan kasih-Nya kepada kita meskipun kita tidak layak menerimanya. Hanya dengan menyadari kebesaran, kasih, dan keadilan Allah, orang percaya akan dapat memberi respons secara tepat.

Sebagai orang percaya kita diundang untuk merenungkan keagungan, kasih, dan keadilan Allah di dalam hidup kita supaya kita dapat mengungkapkan rasa syukur kita kepada Allah. Hidup yang melayani adalah buah dari rasa syukur kita kepada Allah. [IBS]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2022/01/26/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yeremia+5:1-9
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yeremia+5:1-9

Yeremia 5:1-9

 1  Lintasilah jalan-jalan Yerusalem, lihatlah baik-baik dan camkanlah! Periksalah di tanah-tanah lapangnya, apakah kamu dapat menemui seseorang, apakah ada yang melakukan keadilan dan yang mencari kebenaran, maka Aku mau mengampuni kota itu.
 2  Sekalipun mereka berkata: "Demi TUHAN yang hidup," namun mereka bersumpah palsu.
 3  Ya TUHAN, tidakkah mata-Mu terarah kepada kebenaran? Engkau memukul mereka, tetapi mereka tidak kesakitan; Engkau meremukkan mereka, tetapi mereka tidak mau menerima hajaran. Mereka mengeraskan kepalanya lebih dari pada batu, dan mereka tidak mau bertobat.
 4  Lalu aku berpikir: "Itu hanya orang-orang kecil; mereka adalah orang-orang bodoh, sebab mereka tidak mengetahui jalan TUHAN, hukum Allah mereka.
 5  Baiklah aku pergi kepada orang-orang besar, dan berbicara kepada mereka, sebab merekalah yang mengetahui jalan TUHAN, hukum Allah mereka." Tetapi merekapun semuanya telah mematahkan kuk, telah memutuskan tali-tali pengikat.
 6  Sebab itu singa dari hutan akan memukul mati mereka, dan serigala dari padang yang kersang akan merusakkan mereka. Macan tutul akan mengintai di pinggir kota-kota mereka, setiap orang yang ke luar akan diterkam. Sebab pelanggaran mereka amat banyak, dan kesesatannya besar sekali.
 7  Bagaimana, kalau begitu, dapatkah Aku mengampuni engkau? Anak-anakmu telah meninggalkan Aku, dan bersumpah demi yang bukan allah. Setelah Aku mengenyangkan mereka, mereka berzinah dan bertemu ke rumah persundalan.
 8  Mereka adalah kuda-kuda jantan yang gemuk dan gasang, masing-masing meringkik menginginkan isteri sesamanya.
 9  Masakan Aku tidak menghukum mereka karena semuanya ini?, demikianlah firman TUHAN. Masakan Aku tidak membalas dendam-Ku kepada bangsa yang seperti ini?


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar