(e-RH) 18 November -- 1 SAMUEL 4:1B-11 - ALLAH DI DALAM KOTAK

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Kamis, 18 November 2021
Bacaan : 1 SAMUEL 4:1B-11
Setahun: Kisah Para Rasul 26-28
Nats: ... "Mengapa TUHAN membuat kita terpukul kalah oleh orang Filistin pada hari ini? Marilah kita mengambil dari Silo tabut perjanjian TUHAN, supaya Ia datang ke tengah-tengah kita dan melepaskan kita dari tangan musuh kita." (1 Samuel 4:3)

Renungan:

ALLAH DI DALAM KOTAK

Orang Israel berperang melawan bangsa Filistin tanpa adanya perintah dari Tuhan. Mereka kalah. Sekitar empat ribu orang tewas. Bukannya bertobat, mereka malah menyalahkan Tuhan, lalu membawa tabut perjanjian ke medan perang. Tabut itu adalah sebuah peti kayu yang merupakan lambang kehadiran Allah di tengah umat-Nya. Mereka berpikir bahwa kehadiran tabut itu akan menjadi jaminan kemenangan mereka. Mereka mengira bisa menaruh Allah di dalam sebuah kotak dan mengatur-Nya. Namun yang terjadi ialah: Israel terpukul kalah. Tiga puluh ribu orang tewas. Bahkan, tabut Allah dirampas orang Filistin.

Seperti halnya orang Israel, kadang-kadang kita berusaha memperalat bahkan memanipulasi Allah. Kita melakukan ritual tertentu demi memperoleh keinginan kita. Ada yang berpikir bahwa dengan memberi persembahan, kita dapat memaksa Allah memberkati kita secara finansial. Ada yang mengira bahwa karena rajin melayani di gereja, itu akan jadi jaminan bahwa Allah akan memberi yang kita inginkan. Tentu saja Allah memberkati orang-orang yang memberi persembahan, serta yang melayani Dia dengan tulus. Tetapi kita tidak dapat memanipulasi Dia dengan melakukan ritual tertentu. Dia Mahatahu. Dan Dia memiliki otoritas atas hidup kita.

Beberapa tahun kemudian, Samuel menantang umat Israel untuk sungguh-sungguh bertobat. Itulah yang akan membuat Tuhan melepaskan mereka dari penindasan orang Filistin (1Sam. 7:3). Ya, pertobatan sejati dari umat-Nyalah yang membuat Dia bertindak dan menolong umat-Nya. --HT/www.renunganharian.net
   
BUKAN RITUAL AGAMAWI, MELAINKAN PERTOBATAN SEPENUH HATILAH YANG AKAN MENGGERAKKAN ALLAH BERTINDAK ATAS KITA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2021/11/18/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2021/11/18/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?1+SAMUEL+4:1-11

1 SAMUEL 4:1-11

 1  Dan perkataan Samuel sampai ke seluruh Israel.(4-1b) Orang Israel maju berperang melawan orang Filistin dan berkemah dekat Eben-Haezer, sedang orang Filistin berkemah di Afek.
 2  Orang Filistin mengatur barisannya berhadapan dengan orang Israel. Ketika pertempuran menghebat, terpukullah kalah orang Israel oleh orang Filistin, yang menewaskan kira-kira empat ribu orang di medan pertempuran itu.
 3  Ketika tentara itu kembali ke perkemahan, berkatalah para tua-tua Israel: "Mengapa TUHAN membuat kita terpukul kalah oleh orang Filistin pada hari ini? Marilah kita mengambil dari Silo tabut perjanjian TUHAN, supaya Ia datang ke tengah-tengah kita dan melepaskan kita dari tangan musuh kita."
 4  Kemudian bangsa itu menyuruh orang ke Silo, lalu mereka mengangkat dari sana tabut perjanjian TUHAN semesta alam, yang bersemayam di atas para kerub; kedua anak Eli, Hofni dan Pinehas, ada di sana dekat tabut perjanjian Allah itu.
 5  Segera sesudah tabut perjanjian TUHAN sampai ke perkemahan, bersoraklah seluruh orang Israel dengan nyaring, sehingga bumi bergetar.
 6  Dan orang Filistin yang mendengar bunyi sorak itu berkata: "Apakah bunyi sorak yang nyaring di perkemahan orang Ibrani itu?" Ketika diketahui mereka, bahwa tabut TUHAN telah sampai ke perkemahan itu,
 7  ketakutanlah orang Filistin, sebab kata mereka: "Allah mereka telah datang ke perkemahan itu," dan mereka berkata: "Celakalah kita, sebab seperti itu belum pernah terjadi dahulu.
 8  Celakalah kita! Siapakah yang menolong kita dari tangan Allah yang maha dahsyat ini? Inilah juga Allah, yang telah menghajar orang Mesir dengan berbagai-bagai tulah di padang gurun.
 9  Kuatkanlah hatimu dan berlakulah seperti laki-laki, hai orang Filistin, supaya kamu jangan menjadi budak orang Ibrani itu, seperti mereka dahulu menjadi budakmu. Berlakulah seperti laki-laki dan berperanglah!"
10  Lalu berperanglah orang Filistin, sehingga orang Israel terpukul kalah. Mereka melarikan diri masing-masing ke kemahnya. Amatlah besar kekalahan itu: dari pihak Israel gugur tiga puluh ribu orang pasukan berjalan kaki.
11  Lagipula tabut Allah dirampas dan kedua anak Eli, Hofni dan Pinehas, tewas.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Kisah+Para+Rasul+26-28
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Kisah+Para+Rasul+26-28

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2021 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar