(e-SH) 4 Oktober -- Amos 7:1-9 - Hukuman: Bukti Kasih

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Senin, 4 Oktober 2021
Ayat SH: Amos 7:1-9

Judul: Hukuman: Bukti Kasih

Hukuman sering kali dianggap sebagai sebuah tindakan yang negatif dan kejam. Pada kenyataannya, hukuman atau sanksi diperlukan untuk mengembalikan seseorang kepada aturan atau ketetapan yang seharusnya.

Allah memberikan sebuah penglihatan kepada Nabi Amos mengenai hukuman yang akan Ia turunkan atas umat-Nya. Ada dua penglihatan yang diberikan Allah kepada Nabi Amos. Pertama, Allah akan menurunkan kawanan belalang pada saat rumput mulai tumbuh. Kedua, Allah akan menurunkan api yang menghanguskan. Ketiga, Allahlah yang tengah memegang tali sipat.

Saat diberi penglihatan pertama dan kedua, apa yang dilakukan Amos adalah langsung memohon pengampunan kepada Allah (2, 5). Di sini Amos tidak memohon sesuatu yang bertentangan dengan hati Allah. Sudah menjadi janji Allah bahwa Ia akan memberkati umat yang setia kepada-Nya dan menghukum mereka yang tidak taat kepada-Nya. Pada penglihatan yang ketiga, Allah tidak hanya memberikan penglihatan, tetapi juga menyatakan kehendak-Nya kepada Amos.

Objek penglihatan kali ini adalah tali sipat. Alat ini digunakan untuk memastikan tegak lurusnya tembok, garis, atau apa pun. Melalui penglihatan ketiga ini, Allah menyatakan bahwa Ia akan menegakkan keadilan di tengah umat-Nya. Allah harus menegakkan keadilan-Nya agar umat-Nya bisa kembali kepada-Nya. Allah harus turun tangan menolong umat-Nya, meski harus melalui jalur yang menyakitkan bagi mereka.

Sadar atau tidak, setiap kali kita jatuh dalam dosa, Allah terus berinisiatif membawa kita kembali kepada-Nya dengan berbagai cara. Berapa kali kita mengecewakan Allah? Sebanyak itu pula Allah akan membawa kita kembali kepada-Nya.

Keadilan Allah bagi umat-Nya bukanlah sebuah kekejaman, melainkan kasih yang nyata. Ia ingin kita kembali menjadi umat yang kudus dan berkenan kepada-Nya. Karena itu, jadilah peka terhadap teguran Allah dan hiduplah sesuai standar yang ditetapkan-Nya. [MAR]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/10/04/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Amos+7:1-9
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Amos+7:1-9

Amos 7:1-9

 1  Inilah yang diperlihatkan Tuhan ALLAH kepadaku: Tampak Ia membentuk kawanan belalang, pada waktu rumput akhir mulai tumbuh, yaitu rumput akhir sesudah yang dipotong bagi raja.
 2  Ketika belalang mulai menghabisi tumbuh-tumbuhan di tanah, berkatalah aku: "Tuhan ALLAH, berikanlah kiranya pengampunan! Bagaimanakah Yakub dapat bertahan? Bukankah ia kecil?"
 3  Maka menyesallah TUHAN karena hal itu. "Itu tidak akan terjadi," firman TUHAN.
 4  Inilah yang diperlihatkan Tuhan ALLAH kepadaku: Tampak Tuhan ALLAH memanggil api untuk melakukan hukuman. Api itu memakan habis samudera raya dan akan memakan habis tanah ladang.
 5  Lalu aku berkata: "Tuhan ALLAH, hentikanlah kiranya! Bagaimanakah Yakub dapat bertahan? Bukankah ia kecil?"
 6  Maka menyesallah TUHAN karena hal itu. "Inipun tidak akan terjadi," firman Tuhan ALLAH.
 7  Inilah yang diperlihatkan-Nya kepadaku: Tampak Tuhan berdiri dekat sebuah tembok yang tegak lurus, dan di tangan-Nya ada tali sipat.
 8  Lalu berfirmanlah TUHAN kepadaku: "Apakah yang kaulihat, Amos?" Jawabku: "Tali sipat!" Berfirmanlah Tuhan: "Sesungguhnya, Aku akan menaruh tali sipat di tengah-tengah umat-Ku Israel; Aku tidak akan memaafkannya lagi.
 9  Bukit-bukit pengorbanan dari pada Ishak akan dilicintandaskan dan tempat-tempat kudus Israel akan diruntuhkan, dan Aku akan bangkit melawan keluarga Yerobeam dengan pedang."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar