(e-SH) 22 Oktober -- Mikha 7:14-20 - Lebih Baik Berdoa daripada Mengutuki

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Jumat, 22 Oktober 2021
Ayat SH: Mikha 7:14-20

Judul: Lebih Baik Berdoa daripada Mengutuki

Apa yang Saudara lakukan ketika sedang berada di tengah situasi penderitaan? Kecenderungan kita adalah menyalahkan keadaan dan mencari kambing hitam. Alih-alih mendapat kelegaan, justru kecemasan, kekalutan, dan mungkin penderitaan makin bertambah.

Ketika berada dalam situasi yang tidak nyaman, Nabi Mikha memilih untuk mengungkapkan dan mengutarakan doanya kepada Allah. Mikha menyadari penderitaan bangsa Israel saat itu, tetapi hal itu disebabkan oleh dosa mereka sendiri yang melawan Allah.

Namun demikian, Nabi Mikha adalah nabi yang penuh tanggung jawab dan bijaksana. Dia menyadari bahwa tugas seorang nabi Allah bukan hanya menyampaikan berita penghukuman yang Allah lakukan atas bangsa Israel, tetapi juga mengabarkan pemulihan yang akan dilakukan Allah. Dalam doanya, Mikha memanggil Allah sebagai Gembala (14), sebuah konsep mengenai pribadi Allah yang dikenal luas oleh dunia Timur kuno, karena lebih menyentuh aspek hidup umat yang rata-rata bekerja sebagai gembala.

Mikha menyebut Allah sebagai Gembala karena ia tahu, dalam situasi penuh derita Allah akan tetap memelihara dan melindungi umat-Nya. Bahkan ketika Allah memberikan hukuman kepada umat-Nya, Ia tidak melupakan mereka dan membiarkan mereka terus terpuruk. Sebagai Gembala, Allah adalah Pemelihara yang berkat-Nya tidak terbatas. Mikha mengerti benar sifat Allah itu; karenanya, ia berdoa kepada Allah dengan memohon agar Allah mau melihat dan tergerak hati-Nya karena penderitaan umat-Nya.

Bacaan Alkitab hari ini menolong kita untuk mengingat beberapa hal. Pertama, kita tidak boleh putus asa, mengutuki keadaan, dan mencari kambing hitam atas terjadinya penderitaan. Berusahalah melakukan perubahan dan menghidupkan pengharapan seperti yang dilakukan Mikha. Hal kedua, dalam doa, yakinlah dan percaya bahwa Allah mampu melakukan perbuatan ajaib, sebagaimana yang diyakini oleh Nabi Mikha dalam doanya kepada Allah. [ETS]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/10/22/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Mikha+7:14-20
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Mikha+7:14-20

Mikha 7:14-20

14  Gembalakanlah umat-Mu dengan tongkat-Mu, kambing domba milik-Mu sendiri, yang terpencil mendiami rimba di tengah-tengah kebun buah-buahan. Biarlah mereka makan rumput di Basan dan di Gilead seperti pada zaman dahulu kala.
15  Seperti pada waktu Engkau keluar dari Mesir, perlihatkanlah kepada kami keajaiban-keajaiban!
16  Biarlah bangsa-bangsa melihatnya dan merasa malu atas segala keperkasaan mereka; biarlah mereka menutup mulutnya dengan tangan, dan telinganya menjadi tuli.
17  Biarlah mereka menjilat debu seperti ular, seperti binatang menjalar di bumi; biarlah mereka keluar dengan gemetar dari kubunya, dan datang kepada TUHAN, Allah kami, dengan gentar, dengan takut kepada-Mu!
18  Siapakah Allah seperti Engkau yang mengampuni dosa, dan yang memaafkan pelanggaran dari sisa-sisa milik-Nya sendiri; yang tidak bertahan dalam murka-Nya untuk seterusnya, melainkan berkenan kepada kasih setia?
19  Biarlah Ia kembali menyayangi kita, menghapuskan kesalahan-kesalahan kita dan melemparkan segala dosa kita ke dalam tubir-tubir laut.
20  Kiranya Engkau menunjukkan setia-Mu kepada Yakub dan kasih-Mu kepada Abraham seperti yang telah Kaujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang kami sejak zaman purbakala!


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar