(e-RH) 22 Oktober -- KISAH PARA RASUL 9:1-18 - ANANIAS

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Jumat, 22 Oktober 2021
Bacaan : KISAH PARA RASUL 9:1-18
Setahun: Lukas 4-5
Nats: Lalu pergilah Ananias ke situ dan masuk ke rumah itu. (Kisah Para Rasul 9:17)

Renungan:

ANANIAS

Kala saya masih remaja, setiap Selasa malam Joni menjemput saya. Di kediaman seorang teman, kami bergabung dalam grup kecil yang dinamai Kelompok Tumbuh Bersama (KTB). Kebersamaan di kelompok itu ikut menopang pertumbuhan iman saya. Di kemudian hari, saya memenuhi panggilan hati untuk belajar teologi dan menjadi pendeta. Kini jika mengingat Joni, saya bersyukur atas kesetiaannya mengetuk pintu rumah saya setiap Selasa, kemudian berkata, "Ayo, berangkat!"

Saulus, yang kelak dikenal sebagai Paulus, memang mendapat panggilan khusus dari Tuhan (ay. 15). Jangkauan pelayanannya luas. Perannya dalam gereja mula-mula sangat besar. Alkitab Perjanjian Baru mewarisi karya pena berisi pemahaman dan pengalaman imannya yang sangat berharga. Tetapi Saulus tidak muncul mendadak dalam pentas sejarah kekristenan. Ada andil peran sederhana dari pribadi yang dipakai Tuhan membimbingnya pada permulaan ziarah imannya. Dialah Ananias dari Damsyik (ay. 10). Syukurlah, kala itu Ananias patuh pada perintah Tuhan (ay. 15-17).

Tak ada niat untuk menyejajarkan diri dengan Saulus, saya hanya terinspirasi oleh peran Ananias. Ketaatannya ikut membidani lahirnya sosok seorang rasul. Betapa pun, saya berutang pada kesetiaan Joni. Siapa sajakah mereka yang ikut dibentuk oleh peran-peran bersahaja dari Anda misalnya, mendoakan, menjemput, menyokong dengan beasiswa, dsb.? Jangan pernah berpikir diri dan peran kita remeh serta tak berguna. Besar atau kecil, kita semua hanya alat pilihan di tangan-Nya (ay. 15). --PAD/www.renunganharian.net
   
KEPATUHAN YANG SEDERHANA DARI SESEORANG DAPAT MENJADI BAGIAN DARI RENCANA TUHAN BAGI BANYAK ORANG.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2021/10/22/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2021/10/22/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?KISAH+PARA+RASUL+9:1-18

KISAH PARA RASUL 9:1-18

 1  Sementara itu berkobar-kobar hati Saulus untuk mengancam dan membunuh murid-murid Tuhan. Ia menghadap Imam Besar,
 2  dan meminta surat kuasa dari padanya untuk dibawa kepada majelis-majelis Yahudi di Damsyik, supaya, jika ia menemukan laki-laki atau perempuan yang mengikuti Jalan Tuhan, ia menangkap mereka dan membawa mereka ke Yerusalem.
 3  Dalam perjalanannya ke Damsyik, ketika ia sudah dekat kota itu, tiba-tiba cahaya memancar dari langit mengelilingi dia.
 4  Ia rebah ke tanah dan kedengaranlah olehnya suatu suara yang berkata kepadanya: "Saulus, Saulus, mengapakah engkau menganiaya Aku?"
 5  Jawab Saulus: "Siapakah Engkau, Tuhan?" Kata-Nya: "Akulah Yesus yang kauaniaya itu.
 6  Tetapi bangunlah dan pergilah ke dalam kota, di sana akan dikatakan kepadamu, apa yang harus kauperbuat."
 7  Maka termangu-mangulah teman-temannya seperjalanan, karena mereka memang mendengar suara itu, tetapi tidak melihat seorang jugapun.
 8  Saulus bangun dan berdiri, lalu membuka matanya, tetapi ia tidak dapat melihat apa-apa; mereka harus menuntun dia masuk ke Damsyik.
 9  Tiga hari lamanya ia tidak dapat melihat dan tiga hari lamanya ia tidak makan dan minum.
10  Di Damsyik ada seorang murid Tuhan bernama Ananias. Firman Tuhan kepadanya dalam suatu penglihatan: "Ananias!" Jawabnya: "Ini aku, Tuhan!"
11  Firman Tuhan: "Mari, pergilah ke jalan yang bernama Jalan Lurus, dan carilah di rumah Yudas seorang dari Tarsus yang bernama Saulus. Ia sekarang berdoa,
12  dan dalam suatu penglihatan ia melihat, bahwa seorang yang bernama Ananias masuk ke dalam dan menumpangkan tangannya ke atasnya, supaya ia dapat melihat lagi."
13  Jawab Ananias: "Tuhan, dari banyak orang telah kudengar tentang orang itu, betapa banyaknya kejahatan yang dilakukannya terhadap orang-orang kudus-Mu di Yerusalem.
14  Dan ia datang ke mari dengan kuasa penuh dari imam-imam kepala untuk menangkap semua orang yang memanggil nama-Mu."
15  Tetapi firman Tuhan kepadanya: "Pergilah, sebab orang ini adalah alat pilihan bagi-Ku untuk memberitakan nama-Ku kepada bangsa-bangsa lain serta raja-raja dan orang-orang Israel.
16  Aku sendiri akan menunjukkan kepadanya, betapa banyak penderitaan yang harus ia tanggung oleh karena nama-Ku."
17  Lalu pergilah Ananias ke situ dan masuk ke rumah itu. Ia menumpangkan tangannya ke atas Saulus, katanya: "Saulus, saudaraku, Tuhan Yesus, yang telah menampakkan diri kepadamu di jalan yang engkau lalui, telah menyuruh aku kepadamu, supaya engkau dapat melihat lagi dan penuh dengan Roh Kudus."
18  Dan seketika itu juga seolah-olah selaput gugur dari matanya, sehingga ia dapat melihat lagi. Ia bangun lalu dibaptis.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Lukas+4-5
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Lukas+4-5

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2021 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar