(e-RH) 5 Oktober -- MATIUS 8:5-13 - LOYALITAS

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Selasa, 5 Oktober 2021
Bacaan : MATIUS 8:5-13
Setahun: Matius 12
Nats: Lalu Yesus berkata kepada perwira itu, "Pulanglah dan jadilah kepadamu seperti yang engkau percaya." Pada saat itu juga sembuhlah hambanya. (Matius 8:13)

Renungan:

LOYALITAS

Garis komando dalam dunia militer menuntut tindak ketaatan dari para prajurit kepada pemimpin mereka. Perintah atau keputusan yang telah dikeluarkan oleh sang pemimpin menjadi titah yang wajib mereka jalankan. Bantahan berarti pembangkangan. Bentuk pengingkaran terhadap janji yang pernah mereka ikrarkan untuk senantiasa patuh terhadap atasan mereka.

Kepatuhan seorang prajurit pada dasarnya berbicara tentang loyalitas yang terbentuk lantaran pembiasaan sikap yang selalu tunduk terhadap otoritas pemimpin yang berada di atasnya. Sikap semacam ini jugalah yang ditunjukkan oleh seorang perwira di Kapernaum ketika mengharapkan kesembuhan dari Yesus bagi hambanya (ay. 5-6). Ia yakin bahwa hanya dengan sepatah kata dari Yesus akan sanggup menyembuhkan sakit lumpuh yang diderita oleh hambanya (ay. 8).

Keyakinan perwira tersebut terbukti mendatangkan kesembuhan sebagaimana yang diharapkannya (ay. 13). Kesembuhan yang terjadi bertolak dari keyakinan besar dirinya akan kuasa Yesus (ay. 10). Keyakinan perwira itu merupakan satu bentuk pengakuan terhadap otoritas Yesus yang dianggap berada jauh di atasnya. Pengakuan ini, tentu saja, berangkat dari sikap yang tertanam dalam dirinya sebagai seorang prajurit (ay. 9).

Bagi seorang prajurit Kristus, loyalitas dalam menjalankan seluruh perintah-Nya merupakan harga mati. Seluruh hidupnya akan diabdikan untuk memenuhi janji yang pernah diikrarkannya sebagai laskar Kristus yang setia hingga helaan napas yang terakhir. Hanya dengan pertolongan-Nya membuat kita mampu setia dan taat kepada-Nya. --EML/www.renunganharian.net
   
LOYALITAS MENUNTUT SEORANG LASKAR KRISTUS UNTUK PATUH DAN SETIA DALAM MENJALANKAN SELURUH PERINTAH-NYA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2021/10/05/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2021/10/05/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?MATIUS+8:5-13

MATIUS 8:5-13

 5  Ketika Yesus masuk ke Kapernaum, datanglah seorang perwira mendapatkan Dia dan memohon kepada-Nya:
 6  "Tuan, hambaku terbaring di rumah karena sakit lumpuh dan ia sangat menderita."
 7  Yesus berkata kepadanya: "Aku akan datang menyembuhkannya."
 8  Tetapi jawab perwira itu kepada-Nya: "Tuan, aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku, katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh.
 9  Sebab aku sendiri seorang bawahan, dan di bawahku ada pula prajurit. Jika aku berkata kepada salah seorang prajurit itu: Pergi!, maka ia pergi, dan kepada seorang lagi: Datang!, maka ia datang, ataupun kepada hambaku: Kerjakanlah ini!, maka ia mengerjakannya."
10  Setelah Yesus mendengar hal itu, heranlah Ia dan berkata kepada mereka yang mengikuti-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorangpun di antara orang Israel.
11  Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan datang dari Timur dan Barat dan duduk makan bersama-sama dengan Abraham, Ishak dan Yakub di dalam Kerajaan Sorga,
12  sedangkan anak-anak Kerajaan itu akan dicampakkan ke dalam kegelapan yang paling gelap, di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi."
13  Lalu Yesus berkata kepada perwira itu: "Pulanglah dan jadilah kepadamu seperti yang engkau percaya." Maka pada saat itu juga sembuhlah hambanya.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Matius+12
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Matius+12

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2021 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar