(e-RH) 8 September -- 2 KORINTUS 8:10-15 - BUKAN ALA KADARNYA

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Rabu, 8 September 2021
Bacaan : 2 KORINTUS 8:10-15
Setahun: Yehezkiel 25-28
Nats: Selesaikan jugalah pelaksanaannya itu sekarang! Hendaklah pelaksanaannya sepadan dengan kerelaanmu, dan lakukanlah itu dengan apa yang ada padamu. (2 Korintus 8:11)

Renungan:

BUKAN ALA KADARNYA

Jemaat Korintus berniat memberi persembahan untuk menolong sesama. Tetapi sampai lewat setahun, niat tersebut tak kunjung tertuntaskan. Mengetahui hal itu, Rasul Paulus mendesak mereka untuk segera menuntaskan rencana itu. Dengan tandas, Rasul Paulus berpesan, "Lakukanlah itu dengan apa yang ada padamu" (ay. 11).

Masalah di Korintus itu memang soal memberi persembahan. Tetapi, tiap karya kita-apa pun wujudnya-adalah wujud persembahan kita kepada Tuhan. Iya, bukan? Karenanya, peringatan Rasul Paulus di atas juga berlaku atas tiap dan seluruh karya layanan kita. Apa artinya?

Karya layanan kita apa pun wujudnya, di lingkungan mana pun kita lakukan (di dalam maupun di luar gereja), bagaimanapun prosesnya hingga kita ada di sana (mengajukan diri atau diminta), itu adalah pilihan kita. Ketika kita menyetujui permintaan untuk suatu karya layanan, apalagi mengajukan diri untuk itu, kita sebenarnya memilih untuk menerima beban layanan yang diajukan kepada kita. Maka seperti jemaat Korintus yang berniat membantu sesama, kita sendirilah-bukan orang lain-yang meletakkan beban pelayanan itu di pundak kita sendiri. Sebab itu, kita wajib menjalani pilihan itu beserta konsekuensinya.

Dan, Alkitab berpesan, "Lakukanlah itu dengan apa yang ada padamu." Bukan berarti kita boleh menjalani karya itu seadanya-alias ala kadarnya, apalagi asal-asalan-melainkan bahwa Tuhan menghendaki kita menunaikan karya layanan yang telah kita sanggupi itu dengan segenap daya dan usaha, dengan penuh kesungguhan. --EE/www.renunganharian.net
   
KITA TIDAK HANYA WAJIB MENJALANI PILIHAN ITU, TETAPI JUGA WAJIB MENERIMA SERTA MENJALANI KONSEKUENSINYA DENGAN PENUH KESUNGGUHAN.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2021/09/08/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2021/09/08/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?2+KORINTUS+8:10-15

2 KORINTUS 8:10-15

10  Inilah pendapatku tentang hal itu, yang mungkin berfaedah bagimu. Memang sudah sejak tahun yang lalu kamu mulai melaksanakannya dan mengambil keputusan untuk menyelesaikannya juga.
11  Maka sekarang, selesaikan jugalah pelaksanaannya itu! Hendaklah pelaksanaannya sepadan dengan kerelaanmu, dan lakukanlah itu dengan apa yang ada padamu.
12  Sebab jika kamu rela untuk memberi, maka pemberianmu akan diterima, kalau pemberianmu itu berdasarkan apa yang ada padamu, bukan berdasarkan apa yang tidak ada padamu.
13  Sebab kamu dibebani bukanlah supaya orang-orang lain mendapat keringanan, tetapi supaya ada keseimbangan.
14  Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan.
15  Seperti ada tertulis: "Orang yang mengumpulkan banyak, tidak kelebihan dan orang yang mengumpulkan sedikit, tidak kekurangan."

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Yehezkiel+25-28
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yehezkiel+25-28

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2021 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar