(e-SH) 9 Agustus -- 3 Yohanes 1:5-12 - Persaingan Petinggi Jemaat

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Senin, 9 Agustus 2021
Ayat SH: 3 Yohanes 1:5-12

Judul: Persaingan Petinggi Jemaat

Gereja bisa diwarnai dengan persaingan pribadi-pribadi yang melayani. Firman Allah hari ini bercerita tentang Diotrefes, seorang yang ingin menjadi terkemuka (9). Ia memfitnah dengan kata-kata kasar dan menghalangi pelayanan misi dari penatua (10-11).

Perjalanan misi sangatlah berbahaya dilakukan pada masa dunia kuno, sehingga dukungan saudara seiman yang bersedia menyediakan tumpangan adalah vital bagi kelangsungan misi. Bisa jadi telah timbul persaingan yang tak sehat. Hal itu tampak dari sikap Diotrefes yang tidak bersedia memberikan tumpangan. Ia bahkan menghasut dan mengucilkan orang-orang yang mendukung pelayanan penatua.

Memang tidak jelas mengapa terjadi konflik dengan Diotrefes. Jika memang ada masalah teologis, maka penatua akan mengkritisi atau memperingatkan soal ajaran Diotrefes. Penatua juga tidak menjawab tuduhan apa pun dari Diotrefes. Mungkinkah masalahnya adalah soal ladang pelayanan dan otoritas?

Diotrefes tampaknya adalah petinggi jemaat yang berpengaruh. Ia adalah orang yang cukup berada dan mampu memberikan tumpangan bagi kunjungan misi dari penatua. Namun sayang sekali, Diotrefes malah mengucilkan jemaat yang mendukung pelayanan penatua.

Gereja modern pun tidak lepas dari persaingan para petinggi jemaat. Kadang terjadi konflik yang memalukan dan melibatkan tindakan jahat. Kita pun diingatkan perlunya mewaspadai motivasi menjadi yang terutama dan terkemuka.

Hal yang sering tak disadari adalah sikap bermusuhan dengan pihak yang dianggap berbeda. Bisa saja ada kecurigaan terhadap meningkatnya popularitas pada kelompok tertentu. Mungkinkah Diotrefes bersikap demikian? Mungkinkah konflik yang terjadi dalam gereja masa kini juga menunjukkan pola yang sama seperti Diotrefes?

Pelayanan gereja tak bisa lepas dari persaingan dan motivasi yang buruk. Namun, kita selalu bisa memilih sikap. Apakah menjadi sosok yang membantu komunitas untuk lebih mencintai Allah dan sesama, atau justru sengaja memperkeruh suasana? [IHM]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/08/09/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?3+Yohanes+1:5-12
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/3+Yohanes+1:5-12

3 Yohanes 1:5-12

 5  Saudaraku yang kekasih, engkau bertindak sebagai orang percaya, di mana engkau berbuat segala sesuatu untuk saudara-saudara, sekalipun mereka adalah orang-orang asing.
 6  Mereka telah memberi kesaksian di hadapan jemaat tentang kasihmu. Baik benar perbuatanmu, jikalau engkau menolong mereka dalam perjalanan mereka, dengan suatu cara yang berkenan kepada Allah.
 7  Sebab karena nama-Nya mereka telah berangkat dengan tidak menerima sesuatupun dari orang-orang yang tidak mengenal Allah.
 8  Kita wajib menerima orang-orang yang demikian, supaya kita boleh mengambil bagian dalam pekerjaan mereka untuk kebenaran.
 9  Aku telah menulis sedikit kepada jemaat, tetapi Diotrefes yang ingin menjadi orang terkemuka di antara mereka, tidak mau mengakui kami.
10  Karena itu, apabila aku datang, aku akan meminta perhatian atas segala perbuatan yang telah dilakukannya, sebab ia meleter melontarkan kata-kata yang kasar terhadap kami; dan belum merasa puas dengan itu, ia sendiri bukan saja tidak mau menerima saudara-saudara yang datang, tetapi juga mencegah orang-orang, yang mau menerima mereka dan mengucilkan orang-orang itu dari jemaat.
11  Saudaraku yang kekasih, janganlah meniru yang jahat, melainkan yang baik. Barangsiapa berbuat baik, ia berasal dari Allah, tetapi barangsiapa berbuat jahat, ia tidak pernah melihat Allah.
12  Tentang Demetrius semua orang memberi kesaksian yang baik, malah kebenaran sendiri memberi kesaksian yang demikian. Dan kami juga memberi kesaksian yang baik tentang dia, dan engkau tahu, bahwa kesaksian kami adalah benar.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar