(e-SH) 22 Juli -- Yesaya 66:1-4 - Ibadah yang Sejati

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Kamis, 22 Juli 2021
Ayat SH: Yesaya 66:1-4

Judul: Ibadah yang Sejati

Firman Allah hari ini diawali dengan sebuah deklarasi bahwa Allah berkuasa menjadikan langit sebagai takhta-Nya dan bumi sebagai tumpuan kaki-Nya (1). Allah memerhatikan orang yang tertindas, patah semangatnya, dan gentar terhadap firman-Nya (2). Namun, kepada orang yang memuja berhala, Allah bertindak sewenang-wenang (3-4).

Ada dua pelajaran yang kita peroleh dari firman Tuhan hari ini. Pertama, Allah tidak terkesan dengan kemegahan bangunan buatan manusia sebagai tempat perhentian-Nya. Kemegahan bangunan manusia ini dapat menjadi lambang kesombongan manusia di hadapan Allah, sebab manusia tidak berkuasa membatasi kehadiran Allah. Dengan demikian, kehadiran Allah tidak boleh dipahami dalam kerangka pikir dan kehendak manusia. Jika demikian halnya, pemerintahan Allah seolah-olah hanya berlangsung dalam batas pemikiran dan tembok-tembok bangunan yang dibuat manusia. Padahal, sejatinya Allah berkuasa atas alam semesta.

Kedua, Allah menentang tindakan manusia yang tidak taat kepada-Nya. Perilaku mendua, menyembah Allah sekaligus berbuat jahat tidak diperkenankan oleh Allah. Demikian juga ritual-ritual peribadahan semu tidak berkenan di hadapan Allah, terlebih bila itu semua dilakukan dengan sekehendak hati. Sebaliknya, Allah menghendaki umat-Nya untuk melakukan ibadah sejati dengan hidup menaati firman-Nya.

Dengan demikian, pemerintahan Allah menjadi tercermin melalui perilaku hidup umat-Nya. Umat yang rendah hati semestinya menyadari keterbatasannya sehingga menanti-nantikan kasih karunia Allah serta semakin berusaha untuk hidup menurut firman-Nya. Umat Allah senantiasa mengungkapkan, menghayati, dan merayakan hubungan dengan Allah berdasarkan kasih karunia yang diterimanya.

Kita dipanggil untuk bersama-sama menghayati luasnya karya kasih Allah terhadap seluruh ciptaan-Nya. Kita memohon agar Allah mengaruniakan kerendahan hati kepada kita. Kita juga memohon agar dapat menaati pemerintahan Allah dan mewujudkan ibadah sejati yang diperkenan-Nya. [CHR]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/07/22/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yesaya+66:1-4
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yesaya+66:1-4

Yesaya 66:1-4

 1  Beginilah firman TUHAN: Langit adalah takhta-Ku dan bumi adalah tumpuan kaki-Ku; rumah apakah yang akan kamu dirikan bagi-Ku, dan tempat apakah yang akan menjadi perhentian-Ku?
 2  Bukankah tangan-Ku yang membuat semuanya ini, sehingga semuanya ini terjadi? demikianlah firman TUHAN. Tetapi kepada orang inilah Aku memandang: kepada orang yang tertindas dan patah semangatnya dan yang gentar kepada firman-Ku.
 3  Orang menyembelih lembu jantan, namun membunuh manusia juga, orang mengorbankan domba, namun mematahkan batang leher anjing, orang mempersembahkan korban sajian, namun mempersembahkan darah babi, orang mempersembahkan kemenyan, namun memuja berhala juga. Karena itu: sama seperti mereka lebih menyukai jalan mereka sendiri, dan jiwanya menghendaki dewa kejijikan mereka,
 4  demikianlah Aku lebih menyukai memperlakukan mereka dengan sewenang-wenang dan mendatangkan kepada mereka apa yang ditakutkan mereka; oleh karena apabila Aku memanggil, tidak ada yang menjawab, apabila Aku berbicara, mereka tidak mendengarkan, tetapi mereka melakukan yang jahat di mata-Ku dan lebih menyukai apa yang tidak Kukehendaki.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar