(e-RH) 4 Juli -- ROMA 2:1-16 - MENCARI KEMULIAAN ALLAH

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Minggu, 4 Juli 2021
Bacaan : ROMA 2:1-16
Setahun: Mazmur 52-59
Nats: Yaitu hidup kekal kepada mereka yang dengan tekun berbuat baik, mencari kemuliaan, kehormatan dan ketidakbinasaan. (Roma 2:7)

Renungan:

MENCARI KEMULIAAN ALLAH

Dihormati, dihargai, disanjung dan selalu diprioritaskan merupakan sukacita tersendiri bagi sebagian orang. Karena itu tak jarang orang berusaha keras menjadi orang yang terhormat. Melakukan berbagai upaya demi menyenangkan banyak orang agar kehadirannya selalu diterima, dipuji-puji dan dinomorsatukan. Mereka sebut hal-hal itu sebagai kemuliaan yang layak dicari.

Dalam bacaan kita hari ini, mencari kemuliaan menjadi salah satu poin yang dapat menjadikan seseorang beroleh hidup kekal. Kemuliaan yang dimaksudkan tentu kemuliaan dan kehormatan karena diterima dalam ketidakbinasaan bersama Allah, sekarang dan selamanya. Mencari kemuliaan yang dikehendaki Tuhan atas diri kita adalah mencari kerajaan Allah serta mengarahkan keinginan dan tujuan kepada perkara surgawi. Setia kepada Kristus dengan menyerahkan diri kepada-Nya. Tekun berbuat baik oleh kekuatan kasih karunia Kristus.

Dengan demikian setiap orang percaya semestinya berjuang untuk mencapai "kemuliaan" yang benar. Bukan kemuliaan yang menjunjung tinggi kenikmatan duniawi dan hanya berguna bagi kepuasan diri sendiri, melainkan kemuliaan yang berpusat pada Allah: kemuliaan bagi Allah. Mencari kemuliaan harus dilakukan dengan menjaga kesucian yang sudah dianugerahkan Allah, hidup berkenan kepada-Nya dan memfokuskan diri pada hal-hal yang bernilai kekal. Tujuannya? Tentu saja bukan untuk mencari keselamatan, apalagi sekadar mengharap pujian. Melainkan sebagai tanda bahwa kita sudah berada dalam kebenaran dan telah dimerdekakan dari dosa. --EBL/www.renunganharian.net
   
MENCARI KEMULIAAN ALLAH ADALAH TANDA SESEORANG TELAH BERADA DALAM KEBENARAN DAN DIMERDEKAKAN DARI DOSA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2021/07/04/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2021/07/04/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?ROMA+2:1-16

ROMA 2:1-16

 1  Karena itu, hai manusia, siapapun juga engkau, yang menghakimi orang lain, engkau sendiri tidak bebas dari salah. Sebab, dalam menghakimi orang lain, engkau menghakimi dirimu sendiri, karena engkau yang menghakimi orang lain, melakukan hal-hal yang sama.
 2  Tetapi kita tahu, bahwa hukuman Allah berlangsung secara jujur atas mereka yang berbuat demikian.
 3  Dan engkau, hai manusia, engkau yang menghakimi mereka yang berbuat demikian, sedangkan engkau sendiri melakukannya juga, adakah engkau sangka, bahwa engkau akan luput dari hukuman Allah?
 4  Maukah engkau menganggap sepi kekayaan kemurahan-Nya, kesabaran-Nya dan kelapangan hati-Nya? Tidakkah engkau tahu, bahwa maksud kemurahan Allah ialah menuntun engkau kepada pertobatan?
 5  Tetapi oleh kekerasan hatimu yang tidak mau bertobat, engkau menimbun murka atas dirimu sendiri pada hari waktu mana murka dan hukuman Allah yang adil akan dinyatakan.
 6  Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya,
 7  yaitu hidup kekal kepada mereka yang dengan tekun berbuat baik, mencari kemuliaan, kehormatan dan ketidakbinasaan,
 8  tetapi murka dan geram kepada mereka yang mencari kepentingan sendiri, yang tidak taat kepada kebenaran, melainkan taat kepada kelaliman.
 9  Penderitaan dan kesesakan akan menimpa setiap orang yang hidup yang berbuat jahat, pertama-tama orang Yahudi dan juga orang Yunani,
10  tetapi kemuliaan, kehormatan dan damai sejahtera akan diperoleh semua orang yang berbuat baik, pertama-tama orang Yahudi, dan juga orang Yunani.
11  Sebab Allah tidak memandang bulu.
12  Sebab semua orang yang berdosa tanpa hukum Taurat akan binasa tanpa hukum Taurat; dan semua orang yang berdosa di bawah hukum Taurat akan dihakimi oleh hukum Taurat.
13  Karena bukanlah orang yang mendengar hukum Taurat yang benar di hadapan Allah, tetapi orang yang melakukan hukum Tauratlah yang akan dibenarkan.
14  Apabila bangsa-bangsa lain yang tidak memiliki hukum Taurat oleh dorongan diri sendiri melakukan apa yang dituntut hukum Taurat, maka, walaupun mereka tidak memiliki hukum Taurat, mereka menjadi hukum Taurat bagi diri mereka sendiri.
15  Sebab dengan itu mereka menunjukkan, bahwa isi hukum Taurat ada tertulis di dalam hati mereka dan suara hati mereka turut bersaksi dan pikiran mereka saling menuduh atau saling membela.
16  Hal itu akan nampak pada hari, bilamana Allah, sesuai dengan Injil yang kuberitakan, akan menghakimi segala sesuatu yang tersembunyi dalam hati manusia, oleh Kristus Yesus.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Mazmur+52-59
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Mazmur+52-59

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2021 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar