(e-SH) 8 Juni -- Yesaya 41:8-20 - Allah dan Orang Pilihan-Nya

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Selasa, 8 Juni 2021
Ayat SH: Yesaya 41:8-20

Judul: Allah dan Orang Pilihan-Nya

Walau berada dalam pembuangan di Babel, Allah mengingatkan bangsa Israel bahwa mereka adalah bangsa istimewa bagi Allah. Keistimewaan itu dijabarkan dalam perikop ini.

Kasih Allah kepada Israel begitu besar sehingga menjadikan mereka sebagai bangsa pilihan (8-9). Allah berfirman janganlah takut, sebab mereka mendapat berkat khusus dari Allah. Ada perlindungan, kemenangan, pertolongan, kekuatan, dan pemeliharaan (10-19).

Masalah berat yang dialami bangsa Israel sewaktu berada di pembuangan membuat mereka seakan tidak berharga, tidak punya kekuatan apa pun untuk keluar dari tekanan itu. Hal itu diungkapkan Yesaya dalam gambaran Israel sebagai cacing dan ulat. Kondisi itu pun dapat terjadi pada kita. Namun, bagi orang pilihan Tuhan ada hal luar biasa yang terjadi.

Pertama, cinta Tuhan itu kekal. Sangat berbeda dari cinta manusia yang mudah berubah atau hilang, kita tidak perlu khawatir Tuhan tidak memedulikan kita pada masa sulit. Ia tetap mencintai dan tetap bersama dengan kita.

Kedua, Tuhan akan memberi kekuatan kepada orang yang dipilih-Nya. Dalam hubungan yang istimewa ini, Tuhan akan selalu memberikan kekuatan agar kita-orang pilihan-Nya-bisa menang atas berbagai pencobaan, sekaligus menjadi kesaksian cinta Tuhan atas kita.

Ketiga, dalam cinta-Nya, Tuhan akan memberikan pemeliharaan kepada orang yang dipilih-Nya. Jika kehidupan kita sedang sulit, dalam masalah ekonomi atau bahkan pergumulan batin, Tuhan akan memberikan pemeliharaan-Nya. Dia tidak akan membiarkan kita tanpa pertolongan.

Keempat, Tuhan akan menebus dosa-dosa orang yang dipilih-Nya agar dapat berhubungan baik dengan-Nya. Hal ini karena Allah Yang Mahakudus membenci dosa dan hanya berkenan kepada orang-orang yang telah dikuduskan.

Sebagai orang percaya, kita tidak perlu menjadi orang yang selalu dipenuhi ketakutan atau kekhawatiran dalam hidup ini. Semua itu karena Allah selalu memberikan berkat istimewa kepada kita sebagai orang-orang pilihan-Nya. [RMS]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/06/08/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yesaya+41:8-20
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yesaya+41:8-20

Yesaya 41:8-20

 8  Tetapi engkau, hai Israel, hamba-Ku, hai Yakub, yang telah Kupilih, keturunan Abraham, yang Kukasihi;
 9  engkau yang telah Kuambil dari ujung-ujung bumi dan yang telah Kupanggil dari penjuru-penjurunya, Aku berkata kepadamu: "Engkau hamba-Ku, Aku telah memilih engkau dan tidak menolak engkau";
10  janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.
11  Sesungguhnya, semua orang yang bangkit amarahnya terhadap engkau akan mendapat malu dan kena noda; orang-orang yang membantah engkau akan seperti tidak ada dan akan binasa;
12  engkau akan mencari orang-orang yang berkelahi dengan engkau, tetapi tidak akan menemui mereka; orang-orang yang berperang melawan engkau akan seperti tidak ada dan hampa.
13  Sebab Aku ini, TUHAN, Allahmu, memegang tangan kananmu dan berkata kepadamu: "Janganlah takut, Akulah yang menolong engkau."
14  Janganlah takut, hai si cacing Yakub, hai si ulat Israel! Akulah yang menolong engkau, demikianlah firman TUHAN, dan yang menebus engkau ialah Yang Mahakudus, Allah Israel.
15  Sesungguhnya, Aku membuat engkau menjadi papan pengirik yang tajam dan baru, dengan gigi dua jajar; engkau akan mengirik gunung-gunung dan menghancurkannya, dan bukit-bukitpun akan kaubuat seperti sekam.
16  Engkau akan menampi mereka, lalu angin akan menerbangkan mereka, dan badai akan menyerakkan mereka. Tetapi engkau ini akan bersorak-sorak di dalam TUHAN dan bermegah di dalam Yang Mahakudus, Allah Israel.
17  Orang-orang sengsara dan orang-orang miskin sedang mencari air, tetapi tidak ada, lidah mereka kering kehausan; tetapi Aku, TUHAN, akan menjawab mereka, dan sebagai Allah orang Israel Aku tidak akan meninggalkan mereka.
18  Aku akan membuat sungai-sungai memancar di atas bukit-bukit yang gundul, dan membuat mata-mata air membual di tengah dataran; Aku akan membuat padang gurun menjadi telaga dan memancarkan air dari tanah kering.
19  Aku akan menanam pohon aras di padang gurun, pohon penaga, pohon murad dan pohon minyak; Aku akan menumbuhkan pohon sanobar di padang belantara dan pohon berangan serta pohon cemara di sampingnya,
20  supaya semua orang melihat dan mengetahui, memperhatikan dan memahami, bahwa tangan TUHAN yang membuat semuanya ini dan Yang Mahakudus, Allah Israel, yang menciptakannya.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar