(e-SH) 7 Juni -- Yesaya 41:1-7 - Providensia Allah

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Senin, 7 Juni 2021
Ayat SH: Yesaya 41:1-7

Judul: Providensia Allah

Ketika suatu bangsa menjadi bangsa yang kuat dan menaklukkan banyak bangsa lain, apakah hal itu karena rajanya atau Pribadi yang lain?

Satu bangsa penakluk-menurut banyak penafsir, rajanya adalah Koresh dari Persia-muncul dengan penuh kekuatan perang. Kedatangannya tentu sangat menakutkan bagi banyak bangsa (2-3, 5). Namun, Yesaya mencatat kemunculan bangsa itu karena Tuhan menggerakkannya (4). Bagi bangsa-bangsa lainnya, Tuhan memberi waktu untuk mendebat hal tersebut (1). Mereka boleh mencari berbagai argumen, tetapi kenyataannya adalah Allah yang berkuasa menggerakkan satu bangsa menjadi alat-Nya, bukan manusia atau berhala (7-8).

Dalam hal ini, ada Tuhan yang menghendaki agar kita melihat dan beriman kepada providensia atau pemeliharaan Allah. Pertama, Allah berdaulat atas segala sesuatu, maka tidak akan ada sesuatu pun yang terjadi di luar kehendak-Nya. Bila Allah berjanji kepada kita, Ia akan menggenapinya. Untuk itu, kita tidak perlu takut dengan segala ancaman yang ada di dunia ini. Jika Tuhan berkenan menyelamatkan kita, hal itu pasti terjadi.

Kedua, Allah adalah Pribadi yang bermurah hati (1). Kepercayaan kepada Allah yang murah hati berarti kita yakin Ia akan memberi segala sesuatu yang kita perlukan. Kita belajar untuk tidak khawatir tentang penghidupan kita (lih. Mat. 6:25-32). Jikalau tentang keselamatan kita, Dia sediakan, apalagi untuk kebutuhan yang menopang kehidupan kita, Dia pasti penuhi.

Ketiga, Allah menghargai kehendak bebas manusia, artinya Allah menghargai segala keputusan kita. Jika kita memutuskan untuk ikut Tuhan, yakinlah bahwa Allah akan memberkati keputusan yang kita buat untuk berjalan seturut rencana kebaikan-Nya. Kita pun harus berjuang untuk menepati keputusan itu.

Kesadaran akan providensia Allah seharusnya membuat kita semakin bergantung dan bersyukur kepada Allah. Apa pun tekanan hidup kita-walau bukan hal yang mudah untuk dihadapi-yakinlah Allah selalu berjalan bersama kita dan menopang kita. [RMS]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/06/07/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yesaya+41:1-7
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yesaya+41:1-7

Yesaya 41:1-7

 1  Dengarkanlah Aku dengan berdiam diri, hai pulau-pulau; hendaklah bangsa-bangsa mendapat kekuatan baru! Biarlah mereka datang mendekat, kemudian berbicara; baiklah kita tampil bersama-sama untuk berperkara!
 2  Siapakah yang menggerakkan dia dari timur, menggerakkan dia yang mendapat kemenangan di setiap langkahnya, yang menaklukkan bangsa-bangsa ke depannya dan menurunkan raja-raja? Pedangnya membuat mereka seperti debu dan panahnya membuat mereka seperti jerami yang tertiup.
 3  Ia mengejar mereka dan dengan selamat ia melalui jalan yang belum pernah diinjak kakinya.
 4  Siapakah yang melakukan dan mengerjakan semuanya itu? Dia yang dari dahulu memanggil bangkit keturunan-keturunan, Aku, TUHAN, yang terdahulu, dan bagi mereka yang terkemudian Aku tetap Dia juga.
 5  Pulau-pulau telah melihatnya dan menjadi takut, ujung-ujung bumipun menjadi gemetar; mereka datang dan makin mendekat.
 6  Yang seorang menolong yang lain dan berkata kepada temannya: "Kuatkanlah hatimu!"
 7  Tukang besi menguatkan hati tukang emas, dan orang yang memipihkan logam dengan martil menguatkan hati orang yang menempa di atas landasan; ia berkata tentang patrian: "Itu baik," lalu menguatkannya dengan paku-paku, sehingga tidak goyang.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar