(e-RH) 11 Juni -- LUKAS 11:37-54 - PRINSIP SEHAT HIDUP SEHAT

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Jumat, 11 Juni 2021
Bacaan : LUKAS 11:37-54
Setahun: Nehemia 13
Nats: "Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat, sebab kamu telah mengambil kunci pengetahuan; kamu sendiri tidak masuk ke dalam dan orang yang berusaha untuk masuk ke dalam kamu halang-halangi." (Lukas 11:52)

Renungan:

PRINSIP SEHAT HIDUP SEHAT

Seseorang mendapat undangan makan malam. Betapa girangnya ia melihat seorang pelayan membawa nampan berisi cangkir keramik dengan ukiran memesona. Segera setelah terhidang di meja, sang tuan rumah mempersilakannya untuk minum. Namun betapa kecewanya ia mendapati aroma kecoa yang tercium menyengat saat cangkir itu diangkatnya.

Tampak bersih, indah dan menarik dari luar namun tidak demikian kondisi dalamnya. Inilah yang menjadi perhatian Yesus akan sikap ahli Taurat. Mereka rajin mempelajari arti firman namun tidak melakukannya. Mereka hanya menggunakan Taurat untuk membebani orang lain. Mereka mengedepankan tradisi, peraturan, ibadah dan kesalehan yang berorientasi pada diri sendiri. Yesus pun menegur mereka karena menekankan hal yang remeh namun abai pada hal yang penting dalam hukum Taurat.

Untuk apa memelihara aturan dan membela arti firman jika dibalik semua itu tersembunyi hati yang dingin terhadap Allah dan sesama? Apa artinya tampak saleh, sopan, baik dan terpuji jika hanya kepalsuan tanpa kasih dari dalam hati? Perbuatan memang harus bersih, namun hati harus bersih juga. Kesucian harus berawal dari hati, untuk kemudian mewujud dalam tindakan. Jangan sampai perbuatan baik dan sikap yang manis dilakukan untuk mencari pujian orang lain. Menggali dan menafsirkan firman tanpa menghidupinya hanya menjadi kegiatan yang memuakkan hati Allah. Dan bersikap tidak taat kepada firman sama saja membunuh firman. Karena itu jangan sampai kita memiliki doktrin yang sehat namun hidup kita sesat! --EBL/www.renunganharian.net
   
MEMILIKI SEMANGAT MEMELIHARA PRINSIP YANG SEHAT HANYA MENJADI KESIA-SIAAN JIKA HIDUP KITA MASIH SESAT.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2021/06/11/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2021/06/11/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?LUKAS+11:37-54

LUKAS 11:37-54

37  Ketika Yesus selesai mengajar, seorang Farisi mengundang Dia untuk makan di rumahnya. Maka masuklah Ia ke rumah itu, lalu duduk makan.
38  Orang Farisi itu melihat hal itu dan ia heran, karena Yesus tidak mencuci tangan-Nya sebelum makan.
39  Tetapi Tuhan berkata kepadanya: "Kamu orang-orang Farisi, kamu membersihkan bagian luar dari cawan dan pinggan, tetapi bagian dalammu penuh rampasan dan kejahatan.
40  Hai orang-orang bodoh, bukankah Dia yang menjadikan bagian luar, Dia juga yang menjadikan bagian dalam?
41  Akan tetapi, berikanlah isinya sebagai sedekah dan sesungguhnya semuanya akan menjadi bersih bagimu.
42  Tetapi celakalah kamu, hai orang-orang Farisi, sebab kamu membayar persepuluhan dari selasih, inggu dan segala jenis sayuran, tetapi kamu mengabaikan keadilan dan kasih Allah. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan.
43  Celakalah kamu, hai orang-orang Farisi, sebab kamu suka duduk di tempat terdepan di rumah ibadat dan suka menerima penghormatan di pasar.
44  Celakalah kamu, sebab kamu sama seperti kubur yang tidak memakai tanda; orang-orang yang berjalan di atasnya, tidak mengetahuinya."
45  Seorang dari antara ahli-ahli Taurat itu menjawab dan berkata kepada-Nya: "Guru, dengan berkata demikian, Engkau menghina kami juga."
46  Tetapi Ia menjawab: "Celakalah kamu juga, hai ahli-ahli Taurat, sebab kamu meletakkan beban-beban yang tak terpikul pada orang, tetapi kamu sendiri tidak menyentuh beban itu dengan satu jaripun.
47  Celakalah kamu, sebab kamu membangun makam nabi-nabi, tetapi nenek moyangmu telah membunuh mereka.
48  Dengan demikian kamu mengaku, bahwa kamu membenarkan perbuatan-perbuatan nenek moyangmu, sebab mereka telah membunuh nabi-nabi itu dan kamu membangun makamnya.
49  Sebab itu hikmat Allah berkata: Aku akan mengutus kepada mereka nabi-nabi dan rasul-rasul dan separuh dari antara nabi-nabi dan rasul-rasul itu akan mereka bunuh dan mereka aniaya,
50  supaya dari angkatan ini dituntut darah semua nabi yang telah tertumpah sejak dunia dijadikan,
51  mulai dari darah Habel sampai kepada darah Zakharia yang telah dibunuh di antara mezbah dan Rumah Allah. Bahkan, Aku berkata kepadamu: Semuanya itu akan dituntut dari angkatan ini.
52  Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat, sebab kamu telah mengambil kunci pengetahuan; kamu sendiri tidak masuk ke dalam dan orang yang berusaha untuk masuk ke dalam kamu halang-halangi."
53  Dan setelah Yesus berangkat dari tempat itu, ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi terus-menerus mengintai dan membanjiri-Nya dengan rupa-rupa soal.
54  Untuk itu mereka berusaha memancing-Nya, supaya mereka dapat menangkap-Nya berdasarkan sesuatu yang diucapkan-Nya.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Nehemia+13
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Nehemia+13

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2021 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar