(e-RH) 20 Mei -- EFESUS 4:17-32 - DECLUTTERING KEHIDUPAN

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Kamis, 20 Mei 2021
Bacaan : EFESUS 4:17-32
Setahun: 1 Tawarikh 27-29
Nats: Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan. (Efesus 4:31)

Renungan:

DECLUTTERING KEHIDUPAN

Istilah decluttering sempat tren di kalangan para penggemar gaya hidup minimalis. Kata decluttering bisa diartikan sebagai tindakan memindahkan barang-barang yang tidak perlu dari suatu tempat. Kalau diterapkan di rumah, decluttering bisa berarti aktivitas merapikan rumah dengan mengemas, menyimpan, atau membuang barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan atau jarang dipakai, tetapi selama ini memenuhi rumah.

Sebagai umat Tuhan, tindakan decluttering juga perlu dilakukan terkait hal-hal yang tidak berguna, bahkan cenderung merusak jika dibiarkan lebih lama menetap dalam hati kita. Minimal ada lima hal yang perlu kita periksa hari ini, menurut nasihat firman Tuhan, yakni apakah kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian, dan fitnah masih mewarnai hidup kita? Bagaimana dengan rencana atau niat jahat terhadap orang lain? Jika hal-hal tersebut masih ada, firman Tuhan menasihatkan agar semua hal itu dibuang dari kehidupan kita. Mungkin tidak bisa sekaligus kita buang, tetapi setidaknya ada upaya untuk meninggalkan semua hal yang tidak berguna itu, dalam pertolongan Roh Kudus.

Kondisi hati menentukan sejauh mana kehidupan kita akan berlangsung. Hati yang terjaga akan membawa "kehidupan" dalam keseharian kita (lih. Ams. 4:23), tetapi hati yang dibiarkan tercemar oleh hal-hal di atas hanya akan mendatangkan kesukaran. Manakah kondisi kehidupan yang ingin Anda jalani? Mari lakukan evaluasi diri dan pastikan Anda benar-benar membuang setiap hal yang tidak seharusnya bersarang dalam hati! --GHJ/www.renunganharian.net

KECAKAPAN UNTUK MEMBUANG HAL-HAL YANG BERPOTENSI MERUSAK AKAN MENDATANGKAN KEBAIKAN BAGI KITA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2021/05/20/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2021/05/20/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?EFESUS+4:17-32

EFESUS 4:17-32

17  Sebab itu kukatakan dan kutegaskan ini kepadamu di dalam Tuhan: Jangan hidup lagi sama seperti orang-orang yang tidak mengenal Allah dengan pikirannya yang sia-sia
18  dan pengertiannya yang gelap, jauh dari hidup persekutuan dengan Allah, karena kebodohan yang ada di dalam mereka dan karena kedegilan hati mereka.
19  Perasaan mereka telah tumpul, sehingga mereka menyerahkan diri kepada hawa nafsu dan mengerjakan dengan serakah segala macam kecemaran.
20  Tetapi kamu bukan demikian. Kamu telah belajar mengenal Kristus.
21  Karena kamu telah mendengar tentang Dia dan menerima pengajaran di dalam Dia menurut kebenaran yang nyata dalam Yesus,
22  yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan,
23  supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu,
24  dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.
25  Karena itu buanglah dusta dan berkatalah benar seorang kepada yang lain, karena kita adalah sesama anggota.
26  Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu
27  dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis.
28  Orang yang mencuri, janganlah ia mencuri lagi, tetapi baiklah ia bekerja keras dan melakukan pekerjaan yang baik dengan tangannya sendiri, supaya ia dapat membagikan sesuatu kepada orang yang berkekurangan.
29  Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.
30  Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.
31  Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan.
32  Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?1+Tawarikh+27-29
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/1+Tawarikh+27-29

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2021 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar