(e-SH) 25 Maret -- Yohanes 16:1-15 - Berani karena Tidak Sendiri

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Kamis, 25 Maret 2021
Ayat SH: Yohanes 16:1-15

Judul: Berani karena Tidak Sendiri

Sendirian kadang bisa sangat menakutkan. Apalagi jika ada kemungkinan bahwa bahaya sedang mengintai. Oleh karena itu, sering kali orang sangat membutuhkan teman jika harus melewati jalan yang sepi dan gelap, apalagi berbahaya.

Yesus tahu bahwa murid-murid-Nya akan mengalami penganiayaan semata-mata karena mereka adalah pengikut-Nya. Yesus memberitahukan hal itu, supaya mereka siap jika tiba saatnya (1-4a). Yesus pun memberitahukan bahwa Dia tidak akan ada lagi bersama mereka secara fisik (4b-5). Dua berita dalam dua perikop ini sungguh mengejutkan dan menakutkan. Bagaimana para murid bisa menjalani hidup tanpa Yesus, terlebih lagi dalam penganiayaan?

Akan tetapi, Yesus tidak membiarkan mereka ketakutan. Yesus tahu bahwa murid-murid-Nya tidak akan bisa menjalani semua keadaan itu sendirian. Dia memang tidak hadir secara fisik, tetapi ada Teman yang akan menyertai murid-murid, yaitu Penghibur (7). Sang Penghibur inilah yang akan menjadi Teman seperjalanan para murid. Berita menakutkan di bagian awal ternyata diikuti dengan jaminan bahwa pengalaman menakutkan itu tidak akan mereka jalani sendirian atau hanya dengan kekuatan mereka sendiri.

Sungguh, Tuhan tidak pernah menjanjikan hidup yang serba mudah dan tanpa masalah. Dengan terus terang Tuhan menyebutkan bahwa kesulitan, bahkan penganiayaan, adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan orang percaya. Sama seperti Yesus ditolak orang-orang, para pengikut Yesus pun berpotensi untuk ditolak. Namun demikian, Tuhan tidak membiarkan manusia berjalan sendirian. Sebagaimana para murid menerima janji akan hadirnya Penghibur, kalau kita mau percaya, kita pun menerima janji yang sama.

Saat ini, mungkin ada yang diusir oleh keluarga karena kepercayaannya kepada Yesus, tidak bisa beribadah dengan leluasa, atau tak memiliki izin mendirikan gereja. Jangan takut untuk tetap melangkah. Tetaplah berani dalam iman kepada Dia. Kita tidak pernah sendiri, ada Penghibur yang menemani kita. [KRS]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/03/25/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yohanes+16:1-15
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yohanes+16:1-15

Yohanes 16:1-15

 1  "Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku.
 2  Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah.
 3  Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku.
 4  Tetapi semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saatnya kamu ingat, bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu." (16-4b) "Hal ini tidak Kukatakan kepadamu dari semula, karena selama ini Aku masih bersama-sama dengan kamu,
 5  tetapi sekarang Aku pergi kepada Dia yang telah mengutus Aku, dan tiada seorangpun di antara kamu yang bertanya kepada-Ku: Ke mana Engkau pergi?
 6  Tetapi karena Aku mengatakan hal itu kepadamu, sebab itu hatimu berdukacita.
 7  Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.
 8  Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman;
 9  akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku;
10  akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi;
11  akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum.
12  Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.
13  Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.
14  Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.
15  Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar