(e-SH) 22 Februari -- 1 Raja-raja 8:14-21 - Janji Tuhan

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Senin, 22 Februari 2021
Ayat SH: 1 Raja-raja 8:14-21

Judul: Janji Tuhan

Seseorang dapat dipercaya oleh orang lain pertama-tama karena integritasnya. Secara sederhana, integritas berarti satunya kata dan tindakan. Salah satu cara melihat dan menguji integritas seseorang adalah ketika ia membuat janji dengan orang lain. Ukurannya sederhana, apakah ia menepati janjinya atau tidak? Bila ia tidak dapat memenuhi janjinya, apa yang ia lakukan?

Sekarang ini janji sudah menjadi hal yang hampir tak ada harganya, seiring menurunnya integritas. Pada zaman dahulu, perjanjian cukup diucapkan, tetapi sekarang perjanjian harus dituangkan secara tertulis di hadapan petugas hukum. Ketika Tuhan berjanji kepada Daud, tak ada dokumen apa pun yang dapat dijadikan sebagai bukti. Namun, Daud percaya akan janji Tuhan. Berdasarkan kepercayaannya, Daud menyampaikan janji Tuhan kepada Salomo mengenai pendirian rumah Allah. Salomo pun percaya pada Allah yang sudah menyampaikan janji-Nya kepada Daud, ayahnya (17).

Apa yang membuat Salomo percaya bahwa setiap janji Tuhan akan digenapi? Pengalaman! Ya, pengalaman bertahun-tahun hidup bersama dengan Daud, menjadikan Salomo punya kesempatan untuk melihat bagaimana setiap janji Tuhan digenapi (15).

Hal penggenapan janji bukan sekadar soal integritas Tuhan semata, melainkan juga kesediaan umat untuk percaya pada janji-Nya. Barangkali orang enggan mempertanyakan integritas Tuhan dalam hal menepati janji. Pada saat yang sama, bersediakah orang untuk tetap percaya menunggu sampai janji itu dipenuhi?

Tak ada catatan yang menunjukkan bahwa Salomo pernah mempertanyakan kapan janji Tuhan ditepati. Hal yang kita jumpai adalah kesediaan Salomo untuk menjalani seluruh hidupnya sampai ia melihat janji Tuhan dipenuhi.

Kita dapat menemukan berbagai janji Tuhan dalam hidup ini, utamanya melalui pembacaan Alkitab. Dengan bacaan hari ini, kita diajak mengikuti teladan Salomo yang terus menjalani kehidupan untuk melihat janji Tuhan digenapi. Hidup makin indah setiap kali kita melihat penggenapan janji Tuhan. [JCP]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/02/22/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?1+Raja-raja+8:14-21
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/1+Raja-raja+8:14-21

1 Raja-raja 8:14-21

14  Kemudian berpalinglah raja lalu memberkati seluruh jemaah Israel, sedang segenap jemaah Israel berdiri.
15  Ia berkata: "Terpujilah TUHAN, Allah Israel, yang telah menyelesaikan dengan tangan-Nya apa yang difirmankan-Nya dengan mulut-Nya kepada Daud, ayahku, demikian:
16  Sejak Aku membawa umat-Ku Israel keluar dari Mesir, tidak ada kota yang Kupilih di antara segala suku Israel untuk mendirikan rumah di sana sebagai tempat kediaman nama-Ku, tetapi Aku telah memilih Daud untuk berkuasa atas umat-Ku Israel."
17  Lalu raja melanjutkan: "Ketika Daud, ayahku bermaksud mendirikan rumah untuk nama TUHAN, Allah Israel,
18  berfirmanlah TUHAN kepadanya: Engkau bermaksud mendirikan rumah untuk nama-Ku, dan maksudmu itu memanglah baik;
19  hanya, bukanlah engkau yang akan mendirikan rumah itu, melainkan anak kandungmu yang akan lahir kelak, dialah yang akan mendirikan rumah itu untuk nama-Ku.
20  Jadi TUHAN telah menepati janji yang telah diucapkan-Nya; aku telah bangkit menggantikan Daud, ayahku, dan telah duduk di atas takhta kerajaan Israel, seperti yang difirmankan TUHAN: aku telah mendirikan rumah ini untuk nama TUHAN, Allah Israel,
21  dan telah menyediakan di sana tempat untuk tabut, yang memuat perjanjian yang telah diadakan TUHAN dengan nenek moyang kita, ketika mereka dibawa-Nya keluar dari tanah Mesir."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar