(e-RH) 2 Januari -- KISAH PARA RASUL 17:10-15 - MENYELIDIKI SENDIRI

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Sabtu, 2 Januari 2021
Bacaan : KISAH PARA RASUL 17:10-15
Setahun: Kejadian 4-6
Nats: Orang-orang Yahudi di kota itu lebih terbuka hatinya daripada orang-orang Yahudi di Tesalonika, karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian. (Kis. Pr. Rasul 17:11)

Renungan:

MENYELIDIKI SENDIRI

Awal mengirim naskah untuk Renungan Harian, saya mendapat kiriman Pedoman Penulisan dari Redaksi. Di sana tercantum salah satu tujuan Renungan Harian, yaitu menolong agar pembaca dapat "membangun hubungan pribadi dengan Tuhan dengan menggunakan Renungan Harian sebagai renungan pendamping (bukan pengganti) waktu teduh". Tujuan ini menjadi pegangan tulisan saya. Naskah saya usahakan ringkas dan hanya sekadar menjadi pengantar pembaca menjalani saat teduh pribadi. Masalahnya, berapa banyakkah pembaca yang masih berjuang membaca sendiri Alkitab dan menggali kebenarannya?

Orang Yahudi di Berea dipuji oleh Lukas, penulis kitab Kisah Para Rasul. Mereka dihargai karena menerima firman dengan kerelaan hati. Lebih dari itu, mereka menyelidiki sendiri, apakah yang dikatakan oleh Rasul Paulus sungguh sesuai dengan Kitab Suci yang menjadi acuan mereka. Mereka disebut baik hati karena tidak serta merta menolak Paulus dan memusuhinya. Sebaliknya, mereka memiliki hati yang ingin belajar firman Tuhan dan menyambut hamba Tuhan yang memberitakan kebenaran.

Tidak cukup mengandalkan renungan atau hasil pemikiran orang untuk mengisi saat teduh kita. Tidak juga khotbah bagus. Buku tafsir atau tulisan tokoh Kristen memang sangat perlu kita simak. Namun lebih penting adalah menyelidiki sendiri Kitab Suci. Sebab Alkitab adalah sumber makanan rohani kita. Ketika kita memperoleh penjelasan dari orang lain, kita tetap harus meneliti dan menggalinya sendiri dari sumbernya. --HEM/www.renunganharian.net
   
MENYELIDIKI SENDIRI KITAB SUCI MEMBERI KITA PEMAHAMAN AKAN FIRMAN TUHAN DAN KEMAMPUAN UNTUK MEMBEDAKAN AJARAN YANG BENAR DAN YANG PALSU.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2021/01/02/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2021/01/02/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?KISAH+PARA+RASUL+17:10-15

KISAH PARA RASUL 17:10-15

10  Tetapi pada malam itu juga segera saudara-saudara di situ menyuruh Paulus dan Silas berangkat ke Berea. Setibanya di situ pergilah mereka ke rumah ibadat orang Yahudi.
11  Orang-orang Yahudi di kota itu lebih baik hatinya dari pada orang-orang Yahudi di Tesalonika, karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian.
12  Banyak di antara mereka yang menjadi percaya; juga tidak sedikit di antara perempuan-perempuan terkemuka dan laki-laki Yunani.
13  Tetapi ketika orang-orang Yahudi dari Tesalonika tahu, bahwa juga di Berea telah diberitakan firman Allah oleh Paulus, datang jugalah mereka ke sana menghasut dan menggelisahkan hati orang banyak.
14  Tetapi saudara-saudara menyuruh Paulus segera berangkat menuju ke pantai laut, tetapi Silas dan Timotius masih tinggal di Berea.
15  Orang-orang yang mengiringi Paulus menemaninya sampai di Atena, lalu kembali dengan pesan kepada Silas dan Timotius, supaya mereka selekas mungkin datang kepadanya.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Kejadian+4-6
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Kejadian+4-6

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2021 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar