(e-SH) 12 Desember -- Hosea 10:1-8 - Dosa dan Kemuliaan

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Sabtu, 12 Desember 2020
Ayat SH: Hosea 10:1-8

Judul: Dosa dan Kemuliaan

Keadaan yang baik, makmur, sejahtera, penghasilan besar, sehat, kuat, pintar, dan kaya dapat membuat orang melupakan Tuhan.

Bacaan hari ini diawali dengan kehebatan dan kemuliaan Israel. Israel digambarkan sebagai pohon anggur yang terus bertumbuh bertambah besar. Buah yang dihasilkannya juga banyak oleh karena tanahnya subur. Namun, hati mereka licik. Semakin diberkati, mereka semakin menjauh dari Allah. Kian menjamurnya mazbah dan tugu berhala adalah indikatornya. Perjanjian mereka hanyalah bualan dan sumpah dusta (1, 4).

Akibat dari perbuatan ini sangat fatal, semua kemuliaan dan kehebatan Israel hancur. Allah menghancurkan mazbah dan tugu berhala itu (2, 8). Anak lembu yang mereka pahat akan dibawa ke Asyur. Bukit-bukit pengorbanan Awen, yaitu dosa mereka akan dimusnahkan (5-6). Artinya, tidak akan ada lagi penyembahan berhala.

Tidak hanya itu, raja dan kerajaan juga akan dihapuskan. Raja benar-benar tidak berdaya, seperti sepotong ranting yang terapung di air. Mereka baru menyadari ketidakberdayaan strategi politik mereka, tetapi itu sudah terlambat. Mereka semua akan dibuang ke Asyur. Semua kebanggaan dan kemuliaan Israel hancur karena dosa mereka.

Mana yang benar, dosa menghancurkan kemuliaan atau kemuliaan yang dibangun atas dosa akan dihancurkan? Keduanya benar. Sejarah manusia telah membuktikan hal itu, misalnya, peristiwa menara Babel. Manusia mencari ketenaran dan kemuliaan agar menjadi sama dengan Allah, sebagai akibatnya Allah memorak-porandakan rencana mereka. Sejarah Israel menunjukkan bahwa semua kebanggaan dan kemuliaan mereka, tanah, stabilitas politik, dan ibadah, hancur karena kebebalan.

Dosa menghancurkan semua kemuliaan. Semua kemuliaan yang dibangun dari dosa juga akan bernasib sama. Keduanya bukanlah pilihan bagi kita. Pilihan kita hanyalah berjalan dalam kebenaran Tuhan, mencari kerajaan dan kebenaran-Nya! Hal lainnya Allah tambahkan menurut kehendak-Nya. [JMH]

e-SH versi web:https://www.sabda.org/publikasi/sh/2020/12/12/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Hosea+10:1-8
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Hosea+10:1-8

Hosea 10:1-8

 1  Israel adalah pohon anggur yang riap tumbuhnya, yang menghasilkan buah. Makin banyak buahnya, makin banyak dibuatnya mezbah-mezbah. Makin baik tanahnya, makin baik dibuatnya tugu-tugu berhala.
 2  Hati mereka licik, sekarang mereka harus menanggung akibat kesalahannya: Dia akan menghancurkan mezbah-mezbah mereka, akan meruntuhkan tugu-tugu berhala mereka.
 3  Sungguh, sekarang mereka berkata: "Kita tidak mempunyai raja lagi, sebab kita tidak takut kepada TUHAN. Apakah yang dapat dilakukan raja bagi kita?"
 4  Mereka membual, mengangkat sumpah dusta, mengikat perjanjian, sehingga tumbuh hukum seperti pohon upas di alur-alur ladang.
 5  Penduduk Samaria gentar mengenai anak lembu Bet-Awen. Sungguh, rakyatnya akan berkabung oleh karenanya, dan imam-imamnya akan meratap oleh karenanya, oleh sebab kemuliaannya telah beralih dari padanya.
 6  Anak lembu itu sendiri akan dibawa ke Asyur sebagai persembahan kepada Raja 'Agung'. Efraim akan menanggung malu, Israel akan mendapat malu karena rancangannya.
 7  Samaria akan dihancurkan; rajanya seperti sepotong ranting yang terapung di air.
 8  Bukit-bukit pengorbanan Awen, yakni dosa Israel, akan dimusnahkan. Semak duri dan rumput duri akan tumbuh di atas mezbah-mezbahnya. Dan mereka akan berkata kepada gunung-gunung: "Timbunilah kami!" dan kepada bukit-bukit: "Runtuhlah menimpa kami!"


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar