(e-SH) 11 Desember -- Hosea 9:10-17 - Bernostalgia

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Jumat, 11 Desember 2020
Ayat SH: Hosea 9:10-17

Judul: Bernostalgia

Nostalgia diartikan sebagai kenangan manis pada masa yang telah lama silam. Ini mengandung kerinduan pada sesuatu, seperti keadaan, seseorang, suatu peristiwa atau tempat yang jauh letaknya atau yang sudah tidak ada sekarang.

Dalam bacaan hari ini, tampaknya Allah sedang bernostalgia. Ia sedang mengingat sebuah kenangan indah tentang perjumpaan-Nya dengan Israel. Allah menggambarkan pertemuan-Nya itu seperti Dia berjalan di padang gurun dan menemukan buah anggur, itulah Israel. Dalam konteks padang gurun, buah itu tentu sesuatu yang langka dan menyegarkan. Ia laksana seorang yang mencicipi buah sulung pohon ara (10).

Sayangnya, kenangan manis itu hanya sementara. Selanjutnya, Allah melihat kenangan pahit yang berisi pemberontakan, kebebalan, dan perzinaan. Bangsa Israel sudah beribadah dan membaktikan diri kepada Baal. Bahkan, mereka berani menikahi perempuan Moab di Baal-Peor (bdk. Bil. 25:1-9). Mereka tidak tahan menghadapi godaan kesuburan yang ditawarkan. Demikian juga pada saat di Gilgal. Itu adalah tempat pertama yang mereka datangi di tanah Kanaan. Di situ pula mereka mengangkat Saul menjadi raja. Mereka menolak Allah. (lih. 1Sam.11; bdk. Kej. 49:8-12). Pendeknya, kenangan pahit lebih banyak daripada kenangan manis.

Bangsa Israel tidak belajar dari sejarah. Mereka mengulangi kesalahan nenek moyangnya. Mereka mencari kesuburan kepada Baal. Mereka meninggalkan Allah yang mampu memberikan segalanya kepada mereka, demi kesia-siaan. Ketidaksetiaan, kebebalan, dan sikap tidak mengenal Allah terus berulang dalam sejarah Israel.

Bagaimana dengan kita? Dalam persekutuan bersama Allah, apakah kita sudah hidup menyenangkan-Nya sehingga akan menjadi kenangan manis untuk diingat di kemudian hari?

Mari kita hidup benar di hadapan-Nya, agar tercipta nostalgia yang manis dalam perjalanan rohani kita dengan Allah. Kita memohon kepada-Nya agar diberi hikmat, kekuatan, dan pertolongan dalam melakukan hal baik untuk menjadi sebuah nostalgia. [JMH]

e-SH versi web:https://www.sabda.org/publikasi/sh/2020/12/11/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Hosea+9:10-17
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Hosea+9:10-17

Hosea 9:10-17

10  Seperti buah-buah anggur di padang gurun Aku mendapati Israel dahulu; seperti buah sulung sebagai hasil pertama pohon ara Aku melihat nenek moyangmu. Tetapi mereka itu telah pergi kepada Baal-Peor dan telah membaktikan diri kepada dewa keaiban, sehingga mereka menjadi kejijikan sama seperti apa yang mereka cintai itu.
11  Kemuliaan Efraim terbang seperti burung: tiada yang melahirkan, yang hamil dan yang mengandung!
12  Sekalipun mereka membesarkan anak-anaknya, Aku akan membuat mereka bulus, sehingga tidak ada manusia lagi. Sungguh, celakalah juga mereka pada waktu Aku menjauh dari pada mereka!
13  Efraim, seperti yang Aku lihat, telah membuat anak-anaknya menjadi binatang perburuan; Efraim terpaksa menyerahkan anak-anaknya kepada si pembunuh.
14  Berilah kepada mereka, ya TUHAN--apakah yang hendak Kauberi? Berilah kepada mereka kandungan yang mandul dan buah dada yang kering.
15  Segala kejahatan mereka terjadi di Gilgal, sungguh, di sana Aku mulai membenci mereka. Oleh karena jahatnya perbuatan-perbuatan mereka Aku akan menghalau mereka dari rumah-Ku. Aku tidak akan mengasihi mereka lagi, semua pemuka mereka adalah pemberontak.
16  Efraim telah dipukul, akarnya telah menjadi kering, mereka tidak akan menghasilkan buah. Bahkan sekalipun mereka melahirkan anak, Aku akan mematikan buah kandungannya yang berharga.
17  Allahku akan membuang mereka, sebab mereka tidak mendengarkan Dia, maka mereka akan mengembara di antara bangsa-bangsa.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar