(e-SH) 13 November -- Yesaya 28:1-6 - Mahkota Kemegahan

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Jumat, 13 November 2020
Ayat SH: Yesaya 28:1-6

Judul: Mahkota Kemegahan

Mahkota adalah lambang kemegahan yang dikenakan oleh raja atau ratu. Mahkota merupakan lambang legitimasi kekuasaan, kemakmuran, kejayaan, dan kehidupan. Akan tetapi, bagaimana dengan mahkota yang sudah jatuh dari kepala pemakainya? Apakah hal itu masih dikatakan sebagai sesuatu yang megah?

Bacaan hari ini berbicara tentang Samaria atau Kerajaan Utara yang disimbolkan dengan Efraim. Kota yang subur itu penuh dengan orang-orang yang melakukan kejahatan. Mabuk oleh anggur menggambarkan keadaan mereka yang lupa diri, hidup dalam kecemaran, pesta pora, dan kenajisan.

Mereka begitu bangga dengan keadaan mereka yang baik dan kaya karena kesuburan tanahnya sehingga melupakan Allah (1). Namun kemudian, kota itu menjadi kota yang celaka sehingga Allah akan membinasakan mereka melalui kekuatan bangsa asing. Segala kebanggaannya akan lenyap diinjak-injak para penyerbu yang datang dengan kekuatan penuh. Kota yang penuh kebanggaan itu akan hilang lenyap dan tidak diingat orang lagi (2-4).

Lalu, bagaimana supaya mahkota yang sudah rusak itu mendapatkan kembali kemegahannya? Allah semesta alam akan menjadi mahkota yang permai dan perhiasan kepala yang indah bagi sisa umat-Nya. Dia akan menaruh keadilan pada orang-orang yang mengadili, kekuatan dan keberanian kepada para penjaga atau pengawal kota (5-6).

Orang yang hidupnya mengandalkan kekayaan, kedudukan, atau kebesarannya, kemudian meninggalkan Allah dan hidup dengan cara yang tidak berkenan, akan mendapat hukuman. Segala perbuatan mengandalkan kekuatan sendiri akan hancur tidak bersisa lagi. Allah sajalah yang seharusnya menjadi andalan manusia. Sudah seharusnya hukum-hukum Allah menjadi kesukaan manusia.

Sebagai ciptaan yang berharga bagaikan mahkota, mari kita tidak menjadi tinggi hati atas kemampuan dan keberadaan kita! Sebaliknya, kita terus menjalani ketetapan-Nya dengan rendah hati supaya tetap menjadi mahkota kebanggaan-Nya. [SGT]

e-SH versi web:https://www.sabda.org/publikasi/sh/2020/11/13/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yesaya+28:1-6
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yesaya+28:1-6

Yesaya 28:1-6

 1  Celaka atas mahkota kemegahan pemabuk-pemabuk Efraim, atas bunga yang sudah mulai layu di perhiasan kepala mereka yang indah-indah--yaitu kota yang terletak tinggi di atas bukit, di atas lembah yang subur yang penuh peminum anggur yang sudah pening--!
 2  Sesungguhnya, pada Tuhan ada seorang yang kuat dan tegap, seorang yang seperti angin ribut disertai hujan batu, yakni badai yang membinasakan, seorang yang seperti angin ribut disertai air hujan yang hebat menghanyutkan; ia akan menghempaskan mereka ke tanah dengan kekerasan.
 3  Mahkota kemegahan pemabuk-pemabuk Efraim itu akan diinjak-injak dengan kaki,
 4  dan bunga yang sudah mulai layu di perhiasan kepala mereka yang indah-indah itu--yaitu kota yang terletak tinggi di atas bukit, di atas lembah yang subur--nasibnya akan seperti nasib buah ara yang masak duluan sebelum musim kemarau: baru saja dilihat orang terus dipetik dan ditelan.
 5  Pada waktu itu TUHAN semesta alam akan menjadi mahkota kepermaian, dan perhiasan kepala yang indah-indah bagi sisa umat-Nya,
 6  akan menjadi roh keadilan bagi orang yang duduk mengadili, dan menjadi roh kepahlawanan bagi orang yang memukul mundur peperangan ke arah pintu gerbang.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar