(e-RH) 13 November -- 1 Samuel 23:14-28 - KATA-KATA PENGUATAN

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Jumat, 13 November 2020
Bacaan : 1 Samuel 23:14-28
Setahun: Kisah Para Rasul 11-13
Nats: Maka bersiaplah Yonatan, anak Saul, lalu pergi kepada Daud di Koresa. Ia menguatkan kepercayaan Daud kepada Allah. (1 Samuel 23:16)

Renungan:

KATA-KATA PENGUATAN

Seorang teman yang semula bekerja di kapal pesiar, harus mengalami pergumulan luar biasa setelah tidak lagi bekerja. Penghasilan besar yang dimilikinya pun ludes akibat ditipu. Kini, sekadar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, ia terpaksa hidup "menggelandang" dengan mengamen dari kota ke kota. Ketika ada kesempatan berkomunikasi via WhatsApp, saya mencoba memberinya penguatan, sambil mengingatkannya agar menyempatkan diri beribadah. "Supaya kamu tetap ingat Tuhan dan berharap kepada-Nya."

Daud pernah mengalami pergumulan hebat ketika ia harus melarikan diri dari Saul, mertuanya sendiri. Namun, dalam kondisi yang tentu menekan jiwanya, Yonatan melakukan perannya sebagai sahabat dengan sangat baik. Ia tak hanya menaruh peduli kepada Daud, supaya nyawa Daud tetap aman, tetapi juga mengarahkan Daud kepada pribadi yang tepat (ay. 16). Yonatan juga menyemangati Daud agar tidak takut menghadapi ancaman raja Saul, karena ia telah ditentukan untuk menjadi raja Israel (ay. 17). Sungguh kata-kata penguatan yang sangat diperlukan oleh Daud dan Yonatan memberikannya pada waktu yang tepat!

Dalam masa-masa sukar dan pergumulan berat melanda, siapa pun dapat mengalami lemah iman hingga pengharapan yang memudar. Namun, ketika keyakinan dan fokus kembali diarahkan kepada Allah, niscaya akan ada kekuatan, iman, dan pengharapan yang dipulihkan oleh kasih karunia Allah. Mari, jadilah "Yonatan-Yonatan" masa kini khususnya bagi mereka yang memerlukan penguatan, supaya iman mereka tidak kandas! --GHJ/www.renunganharian.net

MENGINGAT ALLAH PADA MASA SUKAR, AKAN MENJAGA STABILITAS IMAN DAN PENGHARAPAN.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2020/11/13/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2020/11/13/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?1+Samuel+23:14-28

1 Samuel 23:14-28

14  Maka Daud tinggal di padang gurun, di tempat-tempat perlindungan. Ia tinggal di pegunungan, di padang gurun Zif. Dan selama waktu itu Saul mencari dia, tetapi Allah tidak menyerahkan dia ke dalam tangannya.
15  Daud takut, karena Saul telah keluar dengan maksud mencabut nyawanya. Ketika Daud ada di padang gurun Zif di Koresa,
16  maka bersiaplah Yonatan, anak Saul, lalu pergi kepada Daud di Koresa. Ia menguatkan kepercayaan Daud kepada Allah
17  dan berkata kepadanya: "Janganlah takut, sebab tangan ayahku Saul tidak akan menangkap engkau; engkau akan menjadi raja atas Israel, dan aku akan menjadi orang kedua di bawahmu. Juga ayahku Saul telah mengetahui yang demikian itu."
18  Kemudian kedua orang itu mengikat perjanjian di hadapan TUHAN. Dan Daud tinggal di Koresa, tetapi Yonatan pulang ke rumahnya.
19  Tetapi beberapa orang Zif pergi menghadap Saul di Gibea dan berkata: "Daud menyembunyikan diri dekat kami di kubu-kubu gunung dekat Koresa, di bukit Hakhila, di sebelah selatan padang belantara.
20  Oleh sebab itu, jika tuanku raja berkenan datang, silakanlah datang; tanggungan kamilah untuk menyerahkan dia ke dalam tangan raja."
21  Berkatalah Saul: "Diberkatilah kiranya kamu oleh TUHAN, karena kamu menunjukkan sayangmu kepadaku.
22  Baiklah pergi, carilah kepastian lagi, berusahalah mengetahui di mana ia berada dan siapa yang telah melihat dia di sana; sebab telah dikatakan orang kepadaku, bahwa ia sangat cerdik.
23  Berusahalah mengetahui segala tempat persembunyiannya. Kemudian datanglah kembali kepadaku dengan kabar yang pasti; dan aku akan pergi bersama-sama dengan kamu. Sesungguhnya, jika ia ada di dalam negeri, maka aku akan meneliti dia di antara segala ribuan orang Yehuda."
24  Lalu berkemaslah mereka pergi ke Zif, mendahului Saul. Daud dan orang-orangnya ada di padang gurun Maon, di dataran di sebelah selatan padang belantara.
25  Ketika Saul dengan orang-orangnya pergi mencari Daud, diberitahukanlah hal itu kepada Daud, lalu pergilah ia ke gunung batu dan tinggal di padang gurun Maon. Saul mendengar hal itu, lalu mengejar Daud di padang gurun Maon;
26  Saul berjalan dari sisi gunung sebelah sini dan Daud dengan orang-orangnya dari sisi gunung sebelah sana. Daud cepat-cepat mengelakkan Saul; tetapi Saul dengan orang-orangnya sudah hampir mengepung Daud serta orang-orangnya untuk menangkap mereka,
27  ketika seorang suruhan datang kepada Saul dengan pesan: "Segeralah undur, sebab orang Filistin telah menyerbu negeri."
28  Maka berhentilah Saul mengejar Daud dan pergi menghadapi orang Filistin. Itulah sebabnya orang menyebut tempat itu: Gunung Batu Keluputan.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Kisah+Para+Rasul+11-13
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Kisah+Para+Rasul+11-13

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2020 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar