(e-SH) 26 Oktober -- Yesaya 14:28-32 - Jangan Takut, Tuhan Menjaga!

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Senin, 26 Oktober 2020
Ayat SH: Yesaya 14:28-32

Judul: Jangan Takut, Tuhan Menjaga!

Yesaya menyampaikan pesan Tuhan kepada bangsa Filistea (Filistin) yang menang atas lawannya. Ancaman terhadap bangsa Filistea reda dengan matinya Raja Ahas, raja Israel Selatan yang tidak taat kepada Allah. Tetapi, kekuatan bangsa Asyur yang menjadi sekutu Ahas masih ada.

Ketika bangsa Filistea bersukaria atas kekalahan lawannya, Tuhan memperingatkan mereka untuk tidak bersukacita terlalu dini. Tuhan memperingatkan mereka untuk meratap dan gemetar karena masih ada ancaman lain yang lebih membahayakan keberadaan mereka (29). Peringatan Tuhan ini tegas karena sudah ada lawan baru dari utara yang menyerang. Pasukan musuh ini mendesak maju pantang mundur.

Sebaliknya, perbuatan Tuhan kepada umat-Nya yang mengalami penindasan sungguh ajaib. Pemeliharaan Tuhan terbukti dengan memberi makan dan ketenangan kepada umat-Nya, bahkan kepada mereka yang miskin, hina, lemah, dan tidak berdaya sekalipun (30a). Inilah janji Tuhan bagi orang-orang yang bersandar kepada-Nya, termasuk mereka yang wawas diri.

Pernahkah kita terpojok oleh sebuah situasi sulit, atau barangkali oleh seseorang yang bersikap tidak baik yang menyerang, merendahkan, bahkan membahayakan? Kita terpuruk, sementara orang tersebut bersuka atas keterpurukan kita.

Dalam kondisi kelemahan kita, sebagai anak-anak-Nya, kita akan dibela. Tuhan akan menjaga, memelihara, hingga membawa sukacita kembali kepada kita. Hal itu bisa kita peroleh dengan datang kepada-Nya, memohon pertolongan dan hikmat untuk menyelesaikan situasi sulit tersebut. Sebagaimana Israel, kita sebagai umat-Nya akan dilindungi. Tuhan tidak mengatakan bahwa kita akan bebas dari ancaman, tekanan, atau penyakit. Namun, dengan percaya kepada-Nya dan bersandar sepenuhnya kepada-Nya, uluran tangan kasih-Nya akan menjaga kita senantiasa.

Jadi, kita tidak seharusnya takut dalam situasi apa pun yang kita lihat sekarang ini, baik dalam perekonomian maupun kesehatan. [AGJ]

e-SH versi web:https://www.sabda.org/publikasi/sh/2020/10/26/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yesaya+14:28-32
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yesaya+14:28-32

Yesaya 14:28-32

28  Dalam tahun matinya raja Ahas datanglah ucapan ilahi ini:
29  Janganlah bersukaria, hai segenap Filistea, karena walaupun gada orang yang memukul engkau sudah patah, tetapi dari keturunan ular itu akan keluar ular beludak, dan anaknya akan menjadi ular naga terbang.
30  Yang paling hina dari umat-Ku akan mendapat makanan dan orang-orang miskin akan diam dengan tenteram, tetapi keturunanmu akan Kumatikan dengan kelaparan, dan sisa-sisamu akan Kubunuh.
31  Merataplah, hai pintu gerbang! Berteriaklah, hai kota! Gemetarlah, hai segenap Filistea! Sebab di sebelah utara sudah mengepul asap perang, dan barisan musuh maju tanpa ada yang mundur.
32  Dan apakah jawab yang akan diberi kepada utusan-utusan bangsa itu? "TUHAN yang meletakkan dasar Sion, dan di sanalah orang-orang yang sengsara dari umat-Nya mendapat perlindungan."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar