(e-RH) 29 Oktober -- Markus 12:13-17 - TETAP JUJUR

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Kamis, 29 Oktober 2020
Bacaan : Markus 12:13-17
Setahun: Lukas 19-20
Nats: Orang-orang itu datang dan berkata kepada-Nya, "Guru, kami tahu, Engkau seorang yang jujur, dan Engkau tidak takut kepada siapa pun juga, sebab Engkau tidak mencari muka, melainkan dengan jujur mengajar tentang jalan Allah. Apakah diperbolehkan membayar pajak kepada Kaisar atau tidak? Haruskah kami bayar atau tidak?" (Markus 12:14)

Renungan:

TETAP JUJUR

Sekitar dua tahun lalu, saya bertamu ke rumah seorang saudara untuk berbela rasa. Saudara ini menjadi korban penipuan sahabatnya, uang ratusan juta miliknya "dimakan" sahabatnya. "Tidak apa aku ditipu, tapi aku tidak mau menipu. Karena tidak ada orang yang hidupnya damai sejahtera dan bisa kaya dari menipu, " katanya. Ucapannya betul. Sekarang, saudara saya tetap kaya karena hidup jujur. Sedangkan sahabatnya bangkrut dan masuk penjara karena menipu.

Yesus seorang yang jujur, tidak takut kepada siapa pun, tidak mencari muka, dan dengan segala kejujuran mengajar jalan Allah. Itulah pengakuan beberapa orang Farisi dan Herodian kepada Yesus. Kedua kelompok ini berseberangan dengan Yesus dan mereka terus berusaha mencari kesalahan Yesus. Saat mereka menanyakan tentang membayar pajak, Yesus memberikan jawaban yang tepat, dan ini membuat mereka heran. Kita harus selalu jujur, karena mau meneladani Yesus. Saat kita jujur, bukan jaminan semua orang pasti berlaku jujur pada kita. Dengan segala cara, bisa saja orang menipu dan kita dirugikan. Meski tidak enak ditipu dan berurusan dengan penipu, tetaplah jujur. Saat kita dipercaya seseorang, jagalah kepercayaan itu dengan tetap jujur.

Amsal 16:17 berkata: Menjauhi kejahatan itulah jalan orang jujur; siapa menjaga jalannya, memelihara nyawanya. Kalau saat ini kita ditipu seseorang dan kehilangan sejumlah harta, ampunilah orang itu dan relakanlah. Memang tidak mudah, tapi itu melegakan hati kita. Tetaplah jujur dalam kondisi apa pun. --RTG/www.renunganharian.net

TIDAK ADA ORANG YANG HIDUPNYA BISA KAYA DAN DAMAI SEJAHTERA DARI HASIL MENIPU.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2020/10/29/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2020/10/29/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Markus+12:13-17

Markus 12:13-17

13  Kemudian disuruh beberapa orang Farisi dan Herodian kepada Yesus untuk menjerat Dia dengan suatu pertanyaan.
14  Orang-orang itu datang dan berkata kepada-Nya: "Guru, kami tahu, Engkau adalah seorang yang jujur, dan Engkau tidak takut kepada siapapun juga, sebab Engkau tidak mencari muka, melainkan dengan jujur mengajar jalan Allah dengan segala kejujuran. Apakah diperbolehkan membayar pajak kepada Kaisar atau tidak? Haruskah kami bayar atau tidak?"
15  Tetapi Yesus mengetahui kemunafikan mereka, lalu berkata kepada mereka: "Mengapa kamu mencobai Aku? Bawalah ke mari suatu dinar supaya Kulihat!"
16  Lalu mereka bawa. Maka Ia bertanya kepada mereka: "Gambar dan tulisan siapakah ini?" Jawab mereka: "Gambar dan tulisan Kaisar."
17  Lalu kata Yesus kepada mereka: "Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!" Mereka sangat heran mendengar Dia.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Lukas+19-20
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Lukas+19-20

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2020 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar