(e-RH) 18 Agustus -- Roma 9:16-33 - YANG MASIH TERSISA

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Selasa, 18 Agustus 2020
Bacaan : Roma 9:16-33
Setahun: Yeremia 15-18
Nats: Dan Yesaya berseru tentang Israel, "Sekalipun jumlah anak Israel seperti pasir di laut, namun hanya sisanya akan diselamatkan." (Roma 9:27)

Renungan:

YANG MASIH TERSISA

Status orang Israel berubah drastis ketika Allah dengan kuasa-Nya membawa mereka keluar dari Mesir. Mereka yang dulu budak, diangkat Allah menjadi umat pilihan-Nya. Status baru itu pun menandai sebuah hubungan yang begitu dekat antara Allah dan bangsa itu. Allah berinteraksi langsung dengan mereka, memimpin dan memberkati kehidupan mereka, mencukupkan segala kebutuhan mereka dengan cara yang paling tidak terpikirkan. Di dalam relasi anugerah yang sangat khusus itulah, bangsa Israel hidup.

Namun status baru sebagai umat Allah yang dimerdekakan ternyata tidak membuat mereka hidup dalam rasa syukur, sebaliknya berkali-kali mereka memberontak kepada Allah. Pemberontakan berulang kali itulah yang akhirnya membuat Allah harus membinasakan sebagian besar dari mereka dan tidak memperkenan masuk ke dalam negeri yang dijanjikan itu. Sebagian besar dari bangsa itu binasa karena kekerasan hati mereka, tetapi masih ada sebagian lagi yang diselamatkan. Dan mereka yang diselamatkan inilah yang disebut sebagai bagian yang masih tersisa. Sebagian yang masih hidup ini diselamatkan semata-mata karena anugerah Tuhan.

Kisah sebagian orang yang tersisa dan diselamatkan ini mengingatkan kepada kita bahwa orang yang terpilih dan diselamatkan adalah mereka yang hidup dalam rasa syukur atas anugerah Tuhan dan hidup dalam ketaatan firman-Nya. Mendapat anugerah keselamatan bukan berarti kita lepas dari tanggung jawab untuk hidup dalam ketaatan. Kemerdekaan yang Tuhan berikan seharusnya membuat hidup kita semakin rindu untuk menyenangkan hati-Nya. --SYS/www.renunganharian.net
   
SEBAGAI BAGIAN UMAT YANG TERSISA, HARGAI ANUGERAH ALLAH DENGAN HIDUP YANG MAKIN TAAT KEPADA-NYA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2020/08/18/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2020/08/18/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Roma+9:16-33

Roma 9:16-33

16  Jadi hal itu tidak tergantung pada kehendak orang atau usaha orang, tetapi kepada kemurahan hati Allah.
17  Sebab Kitab Suci berkata kepada Firaun: "Itulah sebabnya Aku membangkitkan engkau, yaitu supaya Aku memperlihatkan kuasa-Ku di dalam engkau, dan supaya nama-Ku dimasyhurkan di seluruh bumi."
18  Jadi Ia menaruh belas kasihan kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan Ia menegarkan hati siapa yang dikehendaki-Nya.
19  Sekarang kamu akan berkata kepadaku: "Jika demikian, apa lagi yang masih disalahkan-Nya? Sebab siapa yang menentang kehendak-Nya?"
20  Siapakah kamu, hai manusia, maka kamu membantah Allah? Dapatkah yang dibentuk berkata kepada yang membentuknya: "Mengapakah engkau membentuk aku demikian?"
21  Apakah tukang periuk tidak mempunyai hak atas tanah liatnya, untuk membuat dari gumpal yang sama suatu benda untuk dipakai guna tujuan yang mulia dan suatu benda lain untuk dipakai guna tujuan yang biasa?
22  Jadi, kalau untuk menunjukkan murka-Nya dan menyatakan kuasa-Nya, Allah menaruh kesabaran yang besar terhadap benda-benda kemurkaan-Nya, yang telah disiapkan untuk kebinasaan--
23  justru untuk menyatakan kekayaan kemuliaan-Nya atas benda-benda belas kasihan-Nya[1:28178] yang telah dipersiapkan-Nya untuk kemuliaan,
24  yaitu kita, yang telah dipanggil-Nya bukan hanya dari antara orang Yahudi, tetapi juga dari antara bangsa-bangsa lain,
25  seperti yang difirmankan-Nya juga dalam kitab nabi Hosea: "Yang bukan umat-Ku akan Kusebut: umat-Ku dan yang bukan kekasih: kekasih."
26  Dan di tempat, di mana akan dikatakan kepada mereka: "Kamu ini bukanlah umat-Ku," di sana akan dikatakan kepada mereka: "Anak-anak Allah yang hidup."
27  Dan Yesaya berseru tentang Israel: "Sekalipun jumlah anak Israel seperti pasir di laut, namun hanya sisanya akan diselamatkan.
28  Sebab apa yang telah difirmankan-Nya, akan dilakukan Tuhan di atas bumi, sempurna dan segera."
29  Dan seperti yang dikatakan Yesaya sebelumnya: "Seandainya Tuhan semesta alam tidak meninggalkan pada kita keturunan, kita sudah menjadi seperti Sodom dan sama seperti Gomora."
30  Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Ini: bahwa bangsa-bangsa lain yang tidak mengejar kebenaran, telah beroleh kebenaran, yaitu kebenaran karena iman.
31  Tetapi: bahwa Israel, sungguhpun mengejar hukum yang akan mendatangkan kebenaran, tidaklah sampai kepada hukum itu.
32  Mengapa tidak? Karena Israel mengejarnya bukan karena iman, tetapi karena perbuatan. Mereka tersandung pada batu sandungan,
33  seperti ada tertulis: "Sesungguhnya, Aku meletakkan di Sion sebuah batu sentuhan dan sebuah batu sandungan, dan siapa yang percaya kepada-Nya, tidak akan dipermalukan."

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Yeremia+15-18
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Yeremia+15-18

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2020 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar