(e-SH) 14 Juni -- 2 Korintus 9:1-5 - Kebaikan yang Memotivasi

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Minggu, 14 Juni 2020
Ayat SH: 2 Korintus 9:1-5

Judul: Kebaikan yang Memotivasi

Keputusan Allah untuk mengorbankan Anak-Nya, Yesus Kristus, untuk menebus manusia adalah tindakan memberi yang tidak mengharapkan balasan. Allah menggenapi semua janji-Nya pada kasih yang tak terbatas untuk ciptaan-Nya. Inilah yang menjadi dasar tindakan orang percaya.

Paulus tidak meragukan kerelaan hati jemaat Korintus dalam memberi dukungan moral dan materi bagi orang-orang kudus yang melayani mereka (1). Karena itulah dengan bangga Paulus menceritakan kebaikan jemaat Korintus ini kepada orang-orang di Makedonia. Dari perikop ini kita belajar beberapa hal penting sehubungan dengan karakter kekristenan.

Pertama, kebaikan dan kerelaan hati yang dimiliki jemaat Korintus telah memotivasi banyak orang sehingga tergerak untuk melakukan hal yang sama. Kedua, kebaikan dan kerelaan hati ini menjadi ciri unggulan mereka. Maka, siapa pun orang yang datang akan terinspirasi untuk berbuat baik dan memiliki kerelaan hati. Ketiga, jemaat Korintus akan dikenal karena kebaikan dan kerelaan hati mereka dalam memberi. Jadikanlah hal ini sebagai identitas dan jati diri jemaat kita juga.

Kebaikan dan kerelaan hati jemaat Korintus tidak hanya memotivasi dan menginspirasi banyak orang, tetapi juga memunculkan kebanggaan dalam diri Paulus terhadap mereka. Kebanggaan Paulus juga pasti menjadi kebanggaan Tuhan Yesus. Sebab pengajaran yang Paulus ajarkan kepada jemaat Korintus bersumber dari Tuhan Yesus. Memang tidak mudah untuk bisa menjadi orang Kristen seperti jemaat Korintus, tetapi itu bukan hal yang tidak mungkin diwujudkan. Mari kita berpikir dari dasar yang sama bahwa setiap individu di dalam jemaat memiliki kekuatan positif untuk menghasilkan kebaikan.

Ke mana pun kita pergi, apakah kita menyebarkan kerelaan hati untuk melakukan kebaikan bagi orang lain dengan sumber kekuatan dari Allah? Selayaknya anggota jemaat di dalam Tuhan Yesus, kasih dari Tuhan yang kita bagikan kepada orang lain adalah wujud dari karakter dan identitas kristiani. [RTS]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2020/06/14/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?2+Korintus+9:1-5
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/2+Korintus+9:1-5

2 Korintus 9:1-5

 1  Tentang pelayanan kepada orang-orang kudus tidak perlu lagi aku menuliskannya kepada kamu.
 2  Aku telah tahu kerelaan hatimu tentang mana aku megahkan kamu kepada orang-orang Makedonia. Kataku: "Akhaya sudah siap sedia sejak tahun yang lampau." Dan kegiatanmu telah menjadi perangsang bagi banyak orang.
 3  Aku mengutus saudara-saudara itu, agar kemegahan kami dalam hal ini atas kamu jangan ternyata menjadi sia-sia, tetapi supaya kamu benar-benar siap sedia seperti yang telah kukatakan,
 4  supaya, apabila orang-orang Makedonia datang bersama-sama dengan aku, jangan mereka mendapati kamu belum siap sedia, sehingga kami--untuk tidak mengatakan kamu--merasa malu atas keyakinan kami itu.
 5  Sebab itu aku merasa perlu mendorong saudara-saudara itu untuk berangkat mendahului aku, supaya mereka lebih dahulu mengurus pemberian yang telah kamu janjikan sebelumnya, agar nanti tersedia sebagai bukti kemurahan hati kamu dan bukan sebagai pemberian yang dipaksakan.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar